Menelepon (formal)
Telephoning (Formal) WRITTEN BY Imam Sulaeman

 

Halo sahabat belajarbahasa, di artikel kali ini, kita akan mempelajari tentang bagaimana menelepon secara formal atau kata-kata apa yang biasa digunakan dalam telepon formal. Situasi formal contohnya seperti ketika menelepon instansi perusahaan, sekolah, kampus, atau instansi pemerintah dan lain sebagainya. Sahabat belajarbahasa tentunya harus bisa membedakan antara telepon formal dengan telepon informal seperti misalnya kepada atau dari teman, saudara ataupun kerabat dekat. 

Membedakan penggunaan bahasa dalam konteks formal dan informal penting sekali agar nantinya kita masih mengikuti tata krama ataupun norma kesopanan yang ada. Tidak mungkin kan kita menjawab telepon dari guru kita atau atasan kita dengan cara yang sama seperti kita mengangkat telepon dari sahabat kita? 

Nah, untuk itu, di bahasa Inggris sendiri terdapat kata-kata yang sering digunakan pada percakapan formal lewat telepon diantaranya dengan menggunakan could, would, can ataupun may. Harus diingat ya! Ketika meminta tolong atau menanyakan informasi tertentu, biasakan menggunakan kata please. Agar lebih memahami bagaimana cara menelepon atau berkomunikasi melalui telepon secara formal, mari kita simak dialog berikut.

 

DIALOGUE

Didi adalah seorang resepsionis di perusahaan Kodelokus. Suatu pagi, seorang pria bernama Aan menelepon perusahaan tersebut untuk berbicara dengan Pak Yogi. 

 

Didi : Good morning, Kodelokus, how may I help you?

Aan : Yes, I would like to speak to Mr. Yogi, please.

Didi : I'm sorry, Mr. Yogi is out of the office at the moment

Aan : Do you know when to expect him?

Didi : He should be back about 1 PM. May I ask who’s calling please?

Aan : My name is Aan Setyawan.

Didi : Alright. I will inform him about your calling as soon as he returns

Aan : Thank you very much.

Didi : You’re welcome. Goodbye. 

 

USEFUL EXPRESSION

 1. Bagaimana menyapa seseorang seseorang di telepon

Di dalam video, ketika kita menyapa di awal telepon, kalimat yang biasa diungkapankan adalah Good morning,..., how may I help you?

bisa digantikan dengan: 

 

Kodelokus, Diah Anggraeni speaking, how can I help you?

Diah Anggraeni speaking, how may I help you?

Kodelokus, Diah Anggraeni speaking. 

 

2. Bagaimana cara mengutarakan tujuan menelepon

Ketika akan mengutarakan, kita ingin berbicara dengan seseorang Selain menggunakan ungkapan

I would like to speak to Mr. Yogi, please,

sahabat belajarbahasa juga bisa menggunakan: 

 

Could I speak to Mr. Yogi please?

May I speak to Mr. Yogi please?

I’m trying to contact Mr. Yogi 

 

3. Bagaimana cara mengatakan bahwa seseorang tidak ada

Ketika orang yang berusaha kita hubungi tidak ada, untuk mengungkapkannya biasa gunakan kata I’m sorry atau I am sorry I’m afraid. Di video terdapat ungkapan-ungkapan

I'm sorry, Mr. Yogi is out of the office at the moment,

jadi kita bisa menggantinya menjadi: 

 

I’m sorry, he is out of the office today

I’m afraid he is in a meeting at the moment 

 

4. Bagaimana menanyakan siapa yang menelepon

Yang terakhir adalah untuk ungkapan

May I ask who’s calling please?

kita juga bisa menggantinya dengan: 

 

Can I ask whom I’m speaking to please?

 

GLOSSARY

as soon as he returns     : ketika dia sudah kembali

at the moment               : sekarang

out of the office              : keluar kantor

when to expect him        : kapan dia akan kembali

  

Sumber:

Ockenden, Michael. 1986. Situational Dialogue Revised Edition. Longman Group UK Limited. Hal: 50