Cara Memperkecil Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas, dengan Mudah 

Selamat datang di artikel blog belajarbahasa.id – Mengetahui cara memperkecil ukuran video tanpa mengorbankan kualitas dapat menjadi alternatif bagi Sobat Aksara yang ingin mengoptimalkan ruang penyimpanan perangkatnya. Tidak diragukan lagi bahwa kualitas video seringkali berbanding lurus dengan besarnya ukuran file. Bagi mereka yang memiliki kapasitas penyimpanan yang besar, hal ini mungkin tidak menjadi masalah.

Namun cara memperkecil ukuran video, bagi pengguna dengan keterbatasan ruang penyimpanan, ukuran file video yang besar seringkali menjadi beban, mungkin memaksa mereka untuk menghapus atau menyimpannya secara online. Sebagai solusi alternatif, Sobat Aksara dapat mereduksi ukuran video (melakukan kompresi video) tanpa mengurangi kualitasnya!

Dengan demikian, Anda dapat menyimpan sejumlah besar video berkualitas tinggi tanpa kekhawatiran akan kehabisan ruang penyimpanan. Pelajari tekniknya dalam artikel ini!

Cara Memperkecil Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas!

Cara Memperkecil Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas, dengan Mudah 

Tersedia beragam metode kompresi video yang dapat diterapkan, baik menggunakan aplikasi maupun tanpanya. Dengan membaca artikel ini cara memperkecil ukuran video, Anda akan diberikan panduan yang memudahkan Anda dalam mengaplikasikan teknik-teknik tersebut. Jangan lewatkan artikel ini untuk mendapatkan informasi yang berguna!

Cara Kompres Video Tanpa Aplikasi

Dikarenakan tidak ada ketergantungan pada aplikasi apa pun, Sobat Aksara dapat memanfaatkan perangkat seluler atau komputer pribadi untuk melakukan proses kompresi. Ini adalah metode kompresi video secara daring yang cepat, memanfaatkan browser sebagai alatnya. Ikuti langkah-langkahnya dengan seksama!

1. Media.io

Cara Memperkecil Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas, dengan Mudah 

Media.io adalah aplikasi kompresi ukuran video berbasis web yang diakses oleh lebih dari 50 juta pengguna di lebih dari 160 negara di seluruh dunia.

Selain kemampuannya dalam mengecilkan ukuran video, platform ini juga dapat mengurangi ukuran gambar, mengedit audio, mengonversi format media, serta menyediakan beragam fitur tambahan lainnya.

Meskipun tersedia dalam versi gratis dan premium, Anda masih dapat memanfaatkan layanan versi gratisnya. Untuk mengecilkan ukuran video menggunakan Media.io, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi situs Media.io dan daftarlah dengan menggunakan alamat email.
  2. Klik tombol “Choose Files” untuk memilih video yang ingin Anda kompres.
  3. Tentukan resolusi yang diinginkan melalui opsi “Resolution” yang tersedia.
  4. Setelah selesai, klik tombol “Compress”.
  5. Tunggu hingga proses pengunggahan video selesai, lalu unduh video yang telah dikompres dengan mengklik “Download All”.

2. FreeConvert

Cara Memperkecil Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas, dengan Mudah 

FreeConvert adalah platform daring yang menyajikan layanan kompresi berbagai jenis berkas, termasuk video, gambar, audio, dan dokumen, serta menyediakan alat konversi format untuk berbagai jenis file.

Seperti Media.io, situs ini menawarkan opsi gratis dan berbayar bagi penggunanya. Untuk melakukan kompresi video menggunakan layanan ini, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Akses situs FreeConvert.
  2. Klik “Choose Files” dan pilih video yang ingin Anda kompres.
  3. Sebelum memilih video, Anda dapat menyesuaikan beberapa konfigurasi, seperti kualitas video melalui berbagai aspek seperti codec, metode kompresi, dan persentase kompresi. Untuk melakukannya, gulir ke bagian “Advanced”. Namun cara memperkecil ukuran video, jika ingin menggunakan pengaturan default, Anda dapat melangkahinya.
  4. Setelah selesai mengonfigurasi, gulir ke bagian atas dan klik “Compress Now!”
  5. Tunggu proses pengunggahan dan kompresi video selesai.
  6. Terakhir, klik “Download” untuk mengunduh video yang telah berhasil dikompres.

3. VEED.io

Cara Memperkecil Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas, dengan Mudah 

VEED.io turut menyediakan fitur untuk memperkecil ukuran video, tak kalah dengan Media.io dan FreeConvert. Platform ini mendukung berbagai format video seperti MP4, MOV, MKV, FLV, dan lainnya.

Selain fungsi pengompresi video, VEED.io juga merupakan alat serbaguna yang dapat digunakan untuk mengedit video dan membuat subtitle.

Berikut adalah langkah-langkah kompresi video tanpa aplikasi menggunakan VEED.io:

  1. Kunjungi situs web VEED.io.
  2. Tekan tombol “Compress Video”.
  3. Pilih “Upload a File” dan temukan video yang ingin Anda kompres.
  4. Tentukan kualitas yang diinginkan, apakah “Low”, “Medium”, atau “High”.
  5. Klik “Compress Video”, lalu tunggu beberapa saat selama proses berlangsung.
  6. Setelah selesai, pilih “Download file” untuk mengunduh video yang telah dikompres.

4. VideoSmaller

Cara Memperkecil Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas, dengan Mudah 

VideoSmaller merupakan layanan gratis yang memungkinkan Sobat Akasara untuk mengurangi ukuran video secara online tanpa mengorbankan kualitasnya secara cuma-cuma.

Selain sebagai alat kompresi video, Anda juga dapat memanfaatkan tool ini untuk mereduksi ukuran berkas dalam format dokumen atau media lainnya.

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan kompresi video menggunakan VideoSmaller:

  1. Kunjungi situs VideoSmaller.
  2. Pada opsi “Select video file”, cari video yang ingin Anda kurangi ukurannya dengan mengklik “Browse” (ukuran maksimalnya adalah 500MB).
  3. Pada pilihan berikutnya, Anda dapat memilih “Use low compression level”, meskipun ukuran mungkin tidak akan terlalu berubah dari aslinya.
  4. Selanjutnya, Anda dapat menentukan skala video yang diinginkan untuk outputnya. Jika tidak ada perubahan yang diinginkan, cukup klik “Do not scale”.
  5. Terdapat opsi untuk menghapus audio dari video Anda (“Remove audio from video”). Jika tidak diperlukan, lewati opsi ini dan klik “Upload Video”.
  6. Proses pengunggahan akan langsung berlanjut ke tahap pengompresan secara otomatis. Anda hanya perlu menunggu hingga selesai.
  7. Setelah proses selesai, klik “Download File” untuk mengunduh hasil kompresi video Anda.

5. compressvideo

Cara Memperkecil Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas, dengan Mudah 

compressvideo merupakan sebuah alat yang menyajikan layanan untuk memperkecil ukuran video secara cuma-cuma sesuai dengan namanya.

Tool ini mengadopsi teknologi HTML 5, di mana proses pengompresan video dilakukan langsung dari browser tanpa mengunggah video ke server. Hal ini memberikan jaminan keamanan pada seluruh prosesnya.

Berikut adalah langkah-langkah kompresi video menggunakan tool ini:

  1. Buka compressvideo.
  2. Anda akan diarahkan ke menu utama, lalu pilih dokumen atau seret video ke laman menu tersebut.
  3. Sebelum memulai proses pengompresan, Anda bisa menetapkan ukuran output video. Namun, jika menggunakan pengaturan bawaan, klik “Kompres” secara langsung.
  4. Tunggu sebentar, kemudian klik “Simpan” untuk mengunduh video yang telah berhasil dikompres.

Kesimpulan

Cara memperkecil ukuran video dapat menjadi langkah penting bagi siapa saja yang ingin menghemat ruang penyimpanan di perangkat mereka. Ada beberapa metode yang efektif untuk melakukan ini. Salah satunya adalah dengan menggunakan berbagai platform dan alat daring yang menyediakan layanan pengompresan video secara cepat dan efisien. Beberapa dari mereka bahkan menjamin bahwa kualitas video tidak akan terpengaruh saat proses pengurangan ukuran dilakukan. Pilihan lain melibatkan penggunaan aplikasi yang dirancang khusus untuk mengurangi ukuran file video tanpa mengorbankan kualitasnya.

Salah satu metode yang umum digunakan adalah dengan memanfaatkan layanan daring yang disediakan oleh berbagai platform cara memperkecil ukuran video. Beberapa dari platform tersebut menggunakan teknologi terkini seperti HTML 5 untuk melakukan proses kompresi langsung dari browser, sehingga menghindari pengunggahan video ke server. Hal ini tidak hanya memudahkan, tetapi juga memberikan jaminan keamanan selama proses pengompresan. Selain itu, platform ini sering kali menyediakan pengaturan khusus untuk menyesuaikan ukuran output video.

Alternatif lainnya adalah memanfaatkan aplikasi pengompres video yang tersedia di pasar. Banyak dari aplikasi ini dapat diunduh secara gratis dan menawarkan fitur-fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan kualitas dan ukuran output sesuai preferensi mereka. Beberapa dari aplikasi ini juga menjanjikan pengurangan ukuran yang signifikan tanpa mengurangi kualitas visual video. Dengan berbagai pilihan tersebut, pengguna dapat memilih metode yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka untuk memperkecil ukuran video tanpa mengorbankan kualitasnya.