Go

Perbedaan Antara Kamus dengan Ensiklopedia

Ditulis oleh Aan Setyawan
Dipublikasikan pada May 31st at 2:09pm
Share :

Ensiklopedia merupakan kumpulan penjelasan kata-kata yang berisi informasi secara luas, lengkap dan disusun berdasarkan huruf yang dicetak ke dalam buku. Pada dasarnya ensiklopedia merupakan perkembangan dari kamus. Namun tentunya ensiklopedia berbeda dengan kamus , ensiklopedia merupakan sumber pengetahuan yang bisa ditemukan di dalamnya  seluruh bidang ilmu pengetahuan. Walau banyak yang menyamakan kamus dengan ensiklopedia sama artinya namun lebih jauh lagi ensiklopedia lebih memberikan pengertian dari suatu kata dengan lebih jelas dan terperinci dari kamus.

Kamus memang secara umum berisikan tentang definisi suatu kata yang ingin kita cari berdasarkan sudut pandang linguistik saja. Selain itu manfaat lain dari ensiklopedia adalah sebagai sesuatu yang dapat menunjang dalam penelitian yang dilakukan oleh banyak orang. Penggunaan ensiklopedia bisa ditemukan di perpustakaan atau perkantoran.

Layaknya kamus, ensiklopedi juga dapat dikelompokkan. Secara umum, ensiklopedi terdiri atas ensiklopedi umum dan ensiklopedi khusus. Ensiklopedi umum berisi berbagai informasi dari berbagai disiplin ilmu dan segmen-segmen budaya, misalnya Ensiklopedi Nasional Indonesia oleh PT Delta Pamungkas 2004, sedangkan ensiklopedi khusus hanya memuat satu bidang keilmuan ata kegiatan, misalnya Ensiklopedi Etika Islam oleh Abdul Aziz bin Fathi as-Syaid Nada (2006), Leksikon Islam di Indonesia, dan sebagainya.

Struktur ensiklopedi ternyata sangat bervariasi. Sebut saja Ensiklopedi Nasional Indonesia oleh PT Delta Pamungkas 2004, misalnya. Ensiklopedi ini terdiri atas 18 volume dan dalam setiap volume entri disusun berdasarkan abjad. Pada setiap setiap lembaran, di bagian pojok kiri atas dalam sebuah volume, ditulis sebuah kata. Kata ini bertujuan untuk mempermudah pembaca mencari hal yang diinginkan oleh pembaca, misalnya jika ingin mencari entri Bondowoso, kita pertama sekali mencari abjad B. Lalu, kita melihat kata petunjuk atas sebelah kiri yang diawali oleh kata Bon. Akhirnya, kata Bondowoso pun didapat. Ensiklopedi ini selain disusun secara abjad juga disusun pula menurut kata.

Ensiklopedi ini juga memuat peta, denah, dan data ringkas sebuah negara pada entri geografi. Selain itu, terdapat pula gambar-gambar untuk menjelaskan sesuatu. Terdapat pula ensiklopedi lain dengan struktur yang berbeda dengan ENI, yaitu Encyclopedi of National Economics (2002). Dalam ensiklopedi ini dibahas masalah ekonomi setiap negara dalam satu benua. Artinya, setiap volume membahasa satu benua yang di dalamnya terdiri atas banyak negara. Ensiklopedi ini juga disusun berdasarkan abjad, tetapi tidak memuat satu kata tertentu di setiap pojok kiri atas layaknya Ensiklopedi Nasional Indonesia.

Selain struktur ensiklopedi seperti yang telah disebut di atas, ada juga ensiklopedi yang menjelaskan bermacam tema dari satu disiplin ilmu. Tema tersebut dijelaskan secara panjang lebar. Karena menjelaskan sebuah tema, ensiklopedi ini disebut ensiklopesi tematis. Ensiklopedi ini tidak berentri layaknya dua ensiklopedi seperti yang telah disebutkan di atas. Contoh ensiklopedi ini adalah Ensiklopedi Tematis Filsafat Islam oleh Sayed Husen Naser dan Oliver Leaman (2003), Ensiklopedi Tematis Dunia Islam oleh PT Ikhtiar Baru Vanhoeve (2002).

Ada juga ensiklopedi yang entrinya disusun berdasarkan abjad Arab, alif, ba, ta, tsa, dst. Contoh ensiklopedi ini adalah Ensiklopedi Nama Cantik untuk Buah Hati oleh Muhammad Abdurrahman (2007).

Artikel Lainnya

Future Tense
Perbedaan Antara Linking Verb dan Auxiliary Verb
Jenis-Jenis Musim di Korea
Perbedaan Kata, Leksem, leksikon, dan Leksikal
Daftar Kata yang dapat Berakhiran -ing dan -ed Sekaligus Berfungsi Sebagai Adjektiva
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi