Shortcut
Social media
Contact information
Alamat

Jl Sharon Raya Utara No 29, Bandung - Indonesia

Email

admin@belajarbahasa.id

Telepon

+22 724 1234 567

Pengertian Konkordansi dan Cara Penggunaannya dalam Korpus Linguistik

Published 25/03/2018 Last updated 08/08/2018

Konkordansi (concordance) adalah kumpulan dari kemunculan bentukan kata (word form), dalam lingkungan tekstual masing-masing. Bentuk konkordansi yang paling sederhana adalah indeks. Setiap bentukan kata diindeks dan referensi mengacu ke tempat kejadian dalam sebuah teks.

Baca Juga : Berkenalan dengan Ilmu Linguistik: Ilmu Bahasa

Definisi Sinclair tersebut penting karena mengingatkan kita bahwa, pada awalnya konkordansi adalah daftar kata-kata yang disiapkan secara manual yang ditemukan dalam teks atau kumpulan teks bersama dengan referensi dan lokasinya dalam teks. Dalam analisis linguistik menggunakan bantuan komputer, konkordansi tetaplah berupa indeks, namun dapat dihasilkan untuk berbagai tujuan baru dan di berbagai jenis teks dan teks yang terus berkembang. komputer yang sekarang dapat digunakan untuk membuat konkordansi dalam sekejap mata dan dapat mendukung jangkauan yang lebih luas dari tujuan analitik dan tidak mengalami keterbatasan tempat seperti konkordansi pada zaman sebelumnya.

Sebelum masa digitalisasi teks dengan komputer modern seperti saat ini, konkordansi dibuat oleh individu atau tim yang berdedikasi dalam jangka waktu yang lama. Anggota tim akan membaca teks, mengidentifikasi kata-kata yang penting untuk analisis dan membangun tabel dengan susah payah yang memungkinkan seseorang untuk merekam di mana setiap contoh kata ditemukan.

Konkordansi lama

Dalam analisis teks yang dibantu komputer secara kontemporer, peneliti berharap dapat mengakses semua informasi yang ditemukan dalam konkordansi kertas (yaitu frekuensi kejadian dan lokasi yang tepat dalam teks), bersama dengan lebih banyak informasi. Menggunakan alat konkordasi modern seperti WordSmith Tools versi 5 (Scott 2008), memungkinkan untuk melihat bentuk kata dalam beberapa cara, yang masing-masing memiliki nilai untuk peneliti.

Konkordansi menggunakan komputer

Format yang paling umum digunakan untuk memunculkan bentukan kata adalah KWIC (Key Word in Context), yaitu menampilkan kata yang dicari dengan beberapa karakter sebelum dan setelah kata tersebut muncul. Berikut adalah konkordansi KWIC untuk kata 'rabbit' di Alice in Wonderland oleh Lewis Carroll. Sepuluh kemunculan pertama dari bentukan kata disajikan dalam urutan teks di tengah konteks tujuh puluh karakter (spasi dan tanda baca dihitung sebagai karakter).

KWIC bukanlah satu-satunya format untuk menampilkan bentukan kata. Bentukan kata juga dapat ditampilkan dengan kalimat lengkap. Bentukan kata yang ingin dicari, dimunculkan dengan tanda garis bawah dan bold.

Pencarian dalam konkordansi bisa berupa bentukan kata atau lema. Pencarian dengan bentukan kata adalah mencari satu kata secara spesifik, namun pencarian kata dengan lema adalah mencari satu kosakata dengan berbagai bentuk, misalnya mencari lema to give, maka akan disortir kosakata berupa give, gives, given, gave, giving, dan to give. Konkordansi modern juga memungkinkan peneliti untuk mencari frase atau gabungan kata tertentu.

*Artikel ini ditulis oleh Norma Gesita, Mahasiswa Pascasarjana Linguistik FIB UI 2017.


0 Komentar

Join Discussion
You need login first to comment.

Contact us

  • Jl Sharon Raya Utara No 29, Bandung - Indonesia
  • Phone: +62 22 8752 8039
  • Email: admin@belajarbahasa.id
  • Tempat yang baik untuk belajar bahasa

Mailing list

Sign up if you would like to receive occasional treats from us.

Tentang Kami

Belajar bahasa adalah situs pembelajaran bahasa. Kamu disini dapat memilih kelas yang ada sesuai dengan preferensi.

Try it now