Go

Perbedaan City, Town, dan Village

Ditulis oleh Aan Setyawan
Dipublikasikan pada December 15th at 7:46am
Share :

Kira-kira bahasa Inggris yang tepat untuk kota apa ya? City atau town? Nah artikel ini akan membahas perbedaan antara city, town, dan village. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan perbedaan city, town, dan village di bawah ini:

1. City

City menurut Cambrige adalah “a large town” (kota yang besar). Ciri-cirinya adalah seperti yang dijelaskan oleh Oxford, yaitu “a place with many streets and buildings where many people live and work” yang artinya “sebuah tempat dengan banyak jalanan dan bangunan dimana banyak orang tinggal dan bekerja”. Jadi city adalah kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Washington, New York, dll

2. Town

Sedangkan town menurut Cambrige dan Oxford adalah sama, yaitu sebuah tempat yang lebih besar dari village, tetapi lebih kecil dari city. Begini penjelasan Cambridge:

“a place where people live and work, containing many houses, shops, places of work, places of entertainment, etc., and usually larger than a village but smaller than a city yang artinya “tempat di mana orang tinggal dan bekerja, yang terdapat banyak rumah, toko, tempat kerja, tempat hiburan, dll, dan biasanya lebih besar dari sebuah desa tetapi lebih kecil dari kota”

Jadi town seperti kota kecil, jika kita dari pedesaan kemudian pergi ke pusat keramaian yang menyerupai kota maka kita menyebutnya town, jadi town bisa juga merujuk ke kota kecil seperti Purbalingga, Garut, Cimahi atau bisa juga sebuah kecamatan yang ramai, tetapi seperti keadaan di kota besar, misalnya Bumiayu di kabupaten Brebes.

3. Village

Village menurut Oxford adalah “a very small town situated in a country area” “kota yang sangat kecil di daerah pedalaman”. Ciri yang mudah adalah village menurut Cambridge umumnya digunakan untuk farming dan masih memiliki keadaan alam yang natural. Barangkali jika dikaitkan dengan kondisi Indonesia village adalah seperti desa atau kampung yang masih dipenuhi dengan perkebunan atau sawah-sawah hijau.

Catatan penting

  1. City biasanya lebih besar dari town, tetapi tidak selalu begitu. Di Inggris status sebuah kota diberikan oleh ratu atau di Amerika oleh pemerintah negara bagian. Tetapi seiring waktu, beberapa town lebih luas dibandingkan city.

  2. Village di Amerika Serikat digunakan untuk wilayah pedesaan yang ada di pedalaman. Sedangkan di UK, town merujuk pada small town.

Artikel Lainnya

Kata Sifat (Adjektive) dalam Bahasa Jerman
Penelitian Unit Multi Kata/Kombinasi Kata Menggunakan Korpus
Perbedaan Penggunaan Kata Menunggu dan Menanti dalam bahasa Indonesia
Arti dan Penggunaan Kata Sumimasen (すみません) Dalam Bahasa Jepang
Again
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi