Personal pronoun

Ditulis oleh Diah Anggraeni

Pengertian Pronoun

Pronoun adalah kata ganti yang digunakan untuk menggantikan noun (kata benda) seperti; orang, hewan, benda, maupun hal-hal lainnya yang bersifat abstrak. Pada Bahasa Inggris, terdapat beberapa jenis pronoun seperti; personal pronoun, possessive pronoun, reflexive pronoun, intensive pronoun, demonstrative pronoun, interrogative pronoun, indefinite pronoun, relative pronoun, reciprocal pronoun, dan expletive pronoun.

Personal Pronoun

Personal pronoun adalah kata ganti yang dapat digunakan sebagai subjek maupun objek yang menunjukkan orang, hewan, maupun suatu hal lainnya secara spesifik. Untuk lebih memahaminya, dapat dilihat pada tabel berikut ini.

Subjek Objek Arti Contoh Kalimat Keterangan
I Me Saya, aku 1. Dono and I are going to the library. [Dono dan saya pergi ke perpustakaan.] 2. A: Who is that? [Siapa disana?] B: It is me. [Ini aku] Pada contoh kalimat 1, I memiliki fungsi sebagai subjek, sedangkan pada contoh kalimat 2, me berfungsi sebagai objek. Seringkali kita menemukan kesalahan seperti pada kalimat berikut: You and me are going to the cafe. Me hanya digunakan sebagai objek, dan kalimat yang benar adalah; You and I are going to the café.
You You Kamu, anda 3. You are the most beautiful girl in the world. [Kamu adalah gadis tercantik di dunia.] 4. She loves you. [Dia mencintai kamu.] Contoh kalimat disamping menunjukan bahwa you merupakan kata ganti yang dapat ditempatkan pada subjek maupun objek. Pada contoh 3, You berfungsi sebagai subjek, sedangkan pada contoh 4, You berfungsi sebagai objek, sedangkan subjeknya adalah she.
He Him Dia (laki-laki) 5. He wins Mathematics Olympiad for the first time. [Untuk pertama kalinya dia memenangkan olimpiade matematika.] 6. Yesterday, I met him at school. [Kemarin, saya bertemu dengannya di sekolah.] Pada contoh kalimat 5, he (kata ganti dia laki-laki) memiliki fungsi sebagai subjek, dan pada contoh kalimat 6, untuk merujuk pada dia (laki-laki) yang memiliki fungsi sebagai objek menggunakan him.
She Her Dia (perempuan) 7. She needs you now. [Dia membutuhkanmu sekarang.] 8. Did you see her? [Apa kamu melihatnya?] Pada contoh kalimat 7, she (dia perempuan) memiliki fungsi sebagai subjek, dan berubah menjadi her saat she menjadi objek pada suatu kalimat.
It It Dia, ‘itu’ menunjuk hewan ataupun benda, -nya 9. It is five books from the library. [Ini lima buku dari perpustakaan.] 10. My sister found a cat and she loves it so much. [Kakak saya menemukan seekor kucing, dan dia begitu menyukainya.] Contoh kalimat 9 dan 10 menunjukan jika kata ganti It yang biasanya untuk merujuk pada benda, hewan, dsb, maka bentuknya tetap, baik ketika mereka berfungsi sebagai subjek maupun objek.
We Us Kita, kami 11. We will go to Paris. [Kami/ kita akan pergi ke Paris.] 12. Fast food is so bad for us. [Makanan cepat saji buruk untuk kita.] Pada contoh 11, We memiliki fungsi sebagai subjek dan berubah menjadi us ketika fungsinya berubah menjadi objek pada suatu kalimat (contoh 12).
They Them Mereka 13. They were waiting us for an hour. [Mereka telah menunggu kita selama satu jam.] 14. I need to find them as soon as possible. [Saya harus menemukan mereka sesegera mungkin.] Pada contoh 13, They memiliki fungsi sebagai subjek dan berubah menjadi them ketika fungsinya berubah menjadi objek pada suatu kalimat (contoh 14).

Catatan:

He dan she juga digunakan untuk kata ganti binatang yang memiliki kedekatan tersendiri dengan seseorang, misalnya hewan peliharaan; dan ketika menggunakan kata bantu (pronoun) untuk merujuk pada seseorang ‘manusia’ sedangkan jenis kelaminnya tidak diketahui secara spesifik, pronoun he lebih sering digunakan dibandingkan she. Contoh kalimat:

  1. Have you given him dog foods?

[Apakah kamu telah memberinya (anjing) makanan anjing?]

Selain itu, she juga biasanya digunakan sebagai kata ganti objek yang berupa benda mati (khususnya kapal). Selain itu she juga dapat digunakan sebagai kata ganti negara tetapi lebih dilihat dari unit budaya dan politik bukan geografisnya. Sebagai contoh:

  1. What a great ship! What is she called?

[Waw, kapal yang hebat! Apa namanya?]

  1. Last year Indonesia increased her imports by 10%.

[Tahun lalu Indonesia meningkatkan nilai import sebesar 10%.]