If Conditional Sentence
If Conditional Sentence WRITTEN BY Aan Setyawan

1. Pengertian

Conditional sentences adalah kalimat yang menggambarkan suatu pengandaian dimana sesuatu mungking terjadi atau justru tidak mungkin terjadi. Conditional sentences terdiri dari main clause (klausa bebas) dan subordinate clause (klausa terikat). Main clause dan subordinate clause dihubungkan dengan if. Untuk mengetahui perbedaan antara main clause dan subordinate clause, silakan baca di sini, contoh:

If I have a lot of money, I shall go to Bandung

Subordinate clause, main clause

2. Jenis-jenis conditional sentences

1) Present conditional

a. Penggunaan

Present conditional merupakan kalimat pengandaian yang kemungkinan sesuatu dapat terjadi jika syaratnya memang terpenuhi, misalnya “Saya akan membeli bakso jika sudah menerima gaji”. Ketika saya menerima gaji, maka kemungkinan membeli bakso akan terjadi, contoh lain: “If I have a lot of time, I will visit you”. Dengan kata lain, jenis conditional sentences ini digunakan untuk menggambarkan pengandaian yang sangat mungkin terjadi.

b. Rumus

2) Unreal conditional

a. Penggunaan

Unreal conditional merupakan kalimat pengandaian dimana sesuatu tidak terjadi karena memang syaratnya tidak terpenuhi, misalnya “Kalau saya jadi presiden, maka saya akan mewajibkan pelarangan minuman keras di Indonesia.” “iIf I were the president, I would obligate the liquor to be prohibited in Indonesia.“ Faktanya, saat saya mengatakan hal tersebut, saya hanyalah seorang anak SD. Oleh karena itu, pengandaian agar minuman keras dilarang tidak akan terjadi.

b. Rumus

3) Impossible conditional

a. Penggunaan

Imposible conditional adalah kalimat pengandaian yang tidak mungkin terjadi karena hal tersebut sudah terjadi, namun kita berharap hal lain. Misalnya saya kemarin jatuh dari sepeda karena hujan. Hari ini saya mengatakan “Kalau saja kemarin tidak hujan, saya tidak akan jatuh dari sepeda”. Faktanya kemarin hujan dan saya terjatuh. Oleh karena itu, conditional sentences tipe ini sudah pasti tidak akan terjadi karena kita tidak mungkin mengubah masa lalu.

b. Rumus

3. Catatan penting

a. Khusus untuk kata ganti I, were digunakan sebagai pengganti was di unreal conditional khusus yang terletak pada subordinate clause. Jika pada kalimat normal maka kita menggunakan was, misalnya “I was a student”, tetapi pada kalimat conditional, was diganti menjadi were, misalnya “If I were you” (“Jika saya menjadi kamu”).

b. Jika main clause mendahului subordinate clause maka kita tidak perlu menggunakan koma di antara dua klausa tersebut, contoh

“I would have phoned you If I had known about your condition.”