Ciri Ciri Kalimat Efektif dan Contoh Kalimat Efektif Terbaru 2023! Free

Selamat datang di artikel blog belajarbahasa.id – Kalimat efektif adalah kalimat yang mampu mengungkapkan maksud yang diharapkan oleh penulis dan tidak mengandung maksud yang taksa atau rumpang. Artinya, kalimat yang dipilih penulis harus dapat digunakan untuk mengungkapkan gagasan, maksud, atau informasi secara lugas dan utuh. Salah satu makna leksikal dari efektif di dalam KBBI adalah membawa pengaruh. Oleh karena itu, sebuah ciri ciri kalimat efektif mampu membawa pengaruh pada pembacanya.

Adapun ciri ciri kalimat efektif adalah setidaknya memenuhi syarat (1) kelugasan, (2) ketepatan, (3) kejelasan, (4) kehematan, dan (5) kesejajaran. Lantas bagaimana penjelasan dari masing-masing ciri tersebut?

Pengertian Kalimat Efektif

Ciri Ciri Kalimat Efektif dan Contoh Kalimat Efektif Terbaru 2023! Free

Pengertian kalimat efektif adalah kalimat yang mampu menyampaikan pesan atau informasi secara singkat namun padat. Kalimat tersebut mengikuti kaidah bahasa yang baik dan benar, serta dapat dengan mudah dipahami oleh pembaca atau pendengar. Dalam menyusun kalimat efektif, penting untuk memperhatikan struktur kalimat, penggunaan kata yang tepat, serta kejelasan makna yang disampaikan.

Sebuah ciri ciri kalimat efektif memiliki unsur-unsur gramatikal yang lengkap, seperti subyek dan predikat yang jelas. Kalimat efektif juga tidak ambigu, artinya tidak ada tafsiran ganda terhadap pesan yang ingin disampaikan. Selain itu ciri ciri kalimat efektif, kalimat efektif juga menghindari penggunaan kata hubung dan intrakalimat pada kalimat tunggal, sehingga pesan yang ingin disampaikan lebih terorganisir dan mudah dipahami.

Ciri Ciri Kalimat Efektif

Ciri Ciri Kalimat Efektif dan Contoh Kalimat Efektif Terbaru 2023! Free

Contoh kalimat efektif dapat ditemukan dalam berbagai jenis tulisan, seperti berita, esai, atau artikel. Dengan menggunakan kalimat efektif, penulis dapat mengungkapkan gagasan atau informasi dengan jelas dan ringkas. Hal ini akan mem

A. KELUGASAN

Kelugasan artinya adalah kalimat harus to the point; langsung ke pokok-pokoknya saja. Artinya sebuah kalimat efektif tidak boleh berbelit-belit dan berputar-putar tidak jelas. Perhatikan contoh kalimat yang tidak efektif di bawah ini:

*Seiring meningkatnya permintaan terhadap produk ayam dalam negeri, mau tidak mau memaksa peternak ayam menambah produksinya dan lebih meningkatkan mutu daging ayam itu sendiri.

Kalimat di atas akan menjadi efektif dengan cara penghilangan frasa mau tidak mau dan sendiri, sehingga menjadi:

Seiring meningkatnya permintaan terhadap produk ayam dalam negeri, memaksa peternak ayam menambah produksinya dan lebih meningkatkan mutu daging ayam.

B. KETEPATAN

Ketepatan artinya kalimat harus tepat sasaran atas maksud yang ingin disampaikan. Dengan kata lain, sebuah kalimat dikatakan efektif jika tidak mengandung makna yang multitafsir atau taksa, sehingga membingungkan pembaca atau pendengar.

Kalimat tidak efektif:

*Rumah bupati yang besar itu dijual dengan harga murah.

Kalimat di atas tidak efektif karena memiliki maksud yang multitafsir, misalnya apakah yang besar adalah bupatinya atau rumahnya yang besar?

Kalimat tersebut bisa diubah menjadi kalimat yang maksudnya tepat sasaran berikut ini:

a. Rumah yang besar milik bupati itu dijual dengan harga murah.

b. Rumah besar milik bupati itu dijual dengan harga murah.

c. Bupati yang besar itu menjual rumahnya dengan harga murah.

d. Bupati itu memiliki rumah yang besar yang akan dijual dengan harga murah.

C. KEJELASAN

Kejelasan adalah kalimat tersebut harus jelas struktur dan unsur-unsurnya. Perhatikan contohnya di bawah ini:

*Berdasarkan analisis kapasitas produksi yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa dalam menjalankan promosi memiliki pengaruh terhadap penjualan.

Sekilas kalimat tersebut dapat dimengerti maksudnya, tetapi jika kita cermati betul struktur kalimatnya berupa subjek, predikat, dan keterangan tidak jelas. Frasa berdasarkan analisis kapasitas produksi yang telah dilakukan itu berfungsi sebagai keterangan (K), dapat diketahui berfungsi sebagai predikat (P), dan bahwa dalam menjalankan promosi memiliki pengaruh terhadap penjualan merupakan klausa subordinatif yang berfungsi sebagai subjek (S) sehingga struktur kalimat tersebut adalah K-P-S (variasi dari S-P-K).

Struktur jenis ini terdapat dalam tipe kalimat dasar bahasa Indonesia. Namun ciri ciri kalimat efektif, di dalam subjek yang berupa klausa subordinatif itu tidak lengkap unsur-unsurnya, yaitu dalam menjalankan promosi adalah sebagai keterangan, memiliki adalah predikat, dan pengaruh terhadap penjualan adalah objek sehingga struktur klausa subordinatif tersebut adalah K-P-O yang ternyata semua berada di bawah kendali bahwa. Dengan demikian, sebenarnya secara keseluruhan struktur kalimat tersebut adalah (K-P-S-{K-P-O}).

Kalimat di atas dapat diubah menjadi kalimat efektif di bawah ini:

Berdasarkan analisis kapasitas produksi yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa promosi

memiliki pengaruh terhadap penjualan. (K-P-S-{S-P-O}).

Untuk menghindari penggunaan struktur yang tidak jelas, kita bisa akali dengan cara menghindari struktur kalimat yang menggunakan konjungsi subordinatif berikut ini:

jika …, maka ….

kalau …, maka ….

karena …, maka ….

walaupun …, tetapi ….

walaupun …, namun ….

meskipun …, tetapi ….

meskipun …, namun ….

Pada struktur konjungsi di atas lebih baik, konjungsi kedua (yang tebal) dihilangkan saja.

D. KEHEMATAN

informasi yang akan disampaikan dalam kalimat itu harus cermat, tidak boros, dan perlu kehati-hatian. Untuk itu, tipsnya adalah perlu dihindari bentuk-bentuk yang bersinonim.

*Gaji karyawan yang telah diangkat oleh yayasan digaji berdasarkan perjanjian kerja yang telah ditandatangani sebelumnya.

Terdapat pengulangan makna yang mirip maknanya yaitu gaji dan digaji. Kalimat tersebut akan menjadi efektif jika diubah menjadi:

(a) Gaji karyawan yang telah diangkat oleh yayasan dibayarkan berdasarkan perjanjian kerja yang telah ditandatangani sebelumnya.

(b) Karyawan yang telah diangkat oleh yayasan digaji berdasarkan perjanjian kerja yang telah ditandatangani sebelumnya.

D. KESEJAJARAN

Kesejajaran adalah struktur yang digunakan dalam kalimat harus paralel, sama, atau sederajat. Kesejajaran terutama terletak pada penggunaan imbuhan dan pada klausa-klausa yang menjadi pengisi dalam kalimat majemuk. Cermatilah kalimat berikut.

Novel itu dibuat oleh Tere Liye dan Gramedia yang menerbitkannya.

Kalimat di atas tidak efektif karena dan adalah konjungsi koordinatif yang mensyaratkan struktur klausa yang digabung harus sama. Kalimat tersebut akan menjadi kalimat efektif jika diubah menjadi:

a. Novel itu dibuat oleh Badan Bahasa dan diterbitkan oleh Gramedia. (S-P-Pel dan S-P-Pel)

b. Tere Lite yang membuat novel itu dan Gramedia yang menerbitkannya. (P-S dan P-S)

c. Yang membuat novel itu Tere Liye dan yang menerbitkannya Gramedia. (S-P dan S-P)

Contoh Kalimat Efektif dalam Paragraf

Ciri Ciri Kalimat Efektif dan Contoh Kalimat Efektif Terbaru 2023! Free

Berikut adalah beberapa contoh kalimat efektif dalam paragraf:

Paragraf 1

Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, pemerintah telah meluncurkan program beasiswa untuk siswa berprestasi. Program ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada siswa berbakat dari keluarga kurang mampu agar bisa melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Beasiswa tersebut mencakup biaya kuliah, biaya hidup, dan bantuan lainnya sesuai kebutuhan. Dengan adanya program ini, diharapkan akan tercipta generasi muda yang terdidik dan mampu berkontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa.

Paragraf 2

Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) semakin berkembang pesat di era digital ini. Salah satu manfaat dari TIK adalah mempermudah akses informasi bagi semua lapisan masyarakat. Dengan adanya internet, kita bisa mendapatkan berbagai informasi secara cepat dan mudah. Misalnya, untuk melakukan riset atau mencari referensi dalam menulis tugas kuliah. Sebagai contoh, kita dapat mencari artikel ilmiah di berbagai database online atau mengakses jurnal-jurnal internasional yang relevan. Dengan begitu, penggunaan TIK dalam kegiatan akademik sangat membantu dalam mendapatkan informasi yang akurat dan terbaru.

Paragraf 3

Kualitas lingkungan hidup menjadi perhatian utama dalam pembangunan berkelanjutan. Salah satu upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan adalah dengan mengurangi penggunaan bahan-bahan berbahaya. Contohnya, mengurangi penggunaan plastik sekali pakai yang sulit terurai di alam. Sebaliknya, kita dapat menggunakan bahan alternatif ramah lingkungan seperti kantong belanja kain atau tumbuh-tumbuhan sebagai pengganti plastik. Dengan adanya kesadaran dan tindakan ini, kita dapat menjaga keberlanjutan lingkungan demi kesejahteraan generasi mendatang.

Dalam penulisan kalimat efektif, penting untuk memperhatikan beberapa ciri ciri kalimat efektif dan syarat-syarat yang telah dijelaskan sebelumnya. Kalimat efektif adalah kalimat yang mampu mengungkapkan gagasan dengan jelas, menggunakan ejaan dan tanda baca yang benar, serta mengikuti kaidah bahasa yang baik dan benar.

Dengan memperhatikan kesatuan, kepaduan, kesejajaran, ketepatan, kevariasian, kehematan, dan kelogisan, kita dapat meningkatkan kemampuan menulis dan menyampaikan informasi dengan lebih efektif dalam bahasa Indonesia.

Jadi, dengan mengaplikasikan ciri ciri kalimat efektif dan syarat-syarat kalimat efektif, kita dapat menghasilkan kalimat yang lebih jelas, padat, dan mudah dipahami oleh pembaca atau pendengar. Dalam berbagai jenis tulisan, baik singkat maupun paragraf, kalimat efektif akan membantu kita menyampaikan pesan atau informasi dengan lebih tepat dan efektif.

Originally posted 2023-11-29 09:32:42.