Cara Membuat Makalah di HP Menggunakan Microsoft Word untuk Android dan iOS

Selamat datang di artikel blog belajarbahasa.id – Artikel ini bertujuan memberikan tutorial praktis tentang pembuatan aplikasi membuat makalah menggunakan perangkat HP, baik yang berbasis sistem operasi Android maupun iOS. Kemarin kita membahas cara membuat makalah menggunakan WPS Office. Pada kesempatan kali ini cara membuat makalah di hp, kita akan melihat cara membuat makalah di hp dengan menggunakan Microsoft Word.

Microsoft Word telah tersedia sebagai aplikasi pengolah dokumen di Play Store. Meskipun relatif baru dalam platform tersebut, aplikasi ini menawarkan fitur mengetik dokumen yang tak kalah menarik dibandingkan aplikasi sejenis untuk keperluan bikin makalah.

Mengerjakan tugas dengan hanya mengandalkan HP mungkin terasa sedikit sulit karena keterbatasan fitur yang tersedia, berbeda dari pengalaman menggunakan laptop atau komputer. Namun, hal ini tidak menjadi masalah besar karena aplikasi Microsoft Word telah tersedia di HP, mempermudah Anda dalam menyelesaikan tugas sekolah seperti membuat makalah. Bagaimana caranya?

Cara Membuat Makalah di HP dengan Microsoft Word

Cara Membuat Makalah di HP Menggunakan Microsoft Word untuk Android dan iOS

Untuk cara membuat makalah di hp yang baik, struktur pembuatannya perlu diperhatikan terlebih dahulu. Ini termasuk pembuatan cover, kata pengantar, daftar isi, dan langkah-langkah selanjutnya.

Dalam menggunakan HP sebagai media pembuatan aplikasi untuk membuat makalah, penting untuk memperhatikan langkah-langkahnya secara bertahap. Sebelum memulai, pastikan untuk mengunduh aplikasi Microsoft Word terlebih dahulu.

Baca Juga Cara Transfer Dana Tanpa Premium dengan Praktis dan Terbaru 2023

Buat Dokumen Baru

Langkah pertama adalah membuka aplikasi Microsoft Word. Kemudian, klik ikon plus (+) yang terletak di sudut kanan atas layar. Setelah itu, pilih opsi Dokumen Kosong untuk membuat halaman baru.

Cara Membuat Makalah di HP Menggunakan Microsoft Word untuk Android dan iOS

Kemudian, Anda akan dialihkan ke lembar kerja Microsoft Word. Di sini, Anda dapat mulai membuat cara bikin makalah di hp.

Buat Makalah

Buatlah cara buat makalah di hp dengan mengikuti format penulisan yang tepat, seperti contoh berikut:

  1. Cover
  2. Kata Pengantar
  3. Daftar Isi
  4. Bab I: Pendahuluan > Latar Belakang > Rumusan Masalah > Tujuan
  5. Bab II: Pembahasan
  6. Bab III: Penutup > Kesimpulan > Saran
  7. Daftar Pustaka
  8. Lampiran

Simpan File Makalah

Setelah selesai cara membuat makalah di hp, beri nama pada file dengan mengklik tulisan “Document” di bagian atas layar. Sebagai contoh, beri nama file tersebut dengan “Makalah MsWord”.

Baca Juga Cara Menggunakan OVO Paylater dengan Mudah dan Syaratnya Terbaru 2023

Cara Membuat Makalah di HP Menggunakan Microsoft Word untuk Android dan iOS

Setelah memberi nama, file akan tersimpan secara otomatis ke dalam folder Internal Memori » Document.

Jika ingin menyimpan file makalah di lokasi lain, klik ikon titik tiga di sudut kanan atas layar, lalu pilih opsi “Simpan Sebagai”.

Selanjutnya, pilih lokasi penyimpanan file, sebagai contoh, saya akan menyimpannya di folder Download pada memori internal. Terakhir, tekan tombol “Simpan”.

Cara Membuat Makalah di HP Menggunakan Microsoft Word untuk Android dan iOS

Kemudian, Anda dapat memeriksa cara membuat makalah di hp yang telah Anda kerjakan di folder Internal Memori » Document.

Baca Juga Cara Memperkecil Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas, dengan Mudah 

Membuat makalah di perangkat seluler seperti HP memang seringkali menjadi tantangan tersendiri. Namun, dengan kemajuan teknologi, kini ada beberapa langkah mudah yang dapat Anda ikuti untuk memudahkan proses pembuatan cara buat makalah di hp. Pertama, pastikan Anda memiliki aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Word yang sudah terpasang di HP Anda. Jika belum terinstal, unduh aplikasi tersebut dari Play Store atau App Store secara gratis. Setelah itu, mulailah dengan membuat halaman baru di Microsoft Word dengan mengklik ikon plus (+) di sudut layar untuk mengakses dokumen kosong.

Setelah membuka dokumen kosong, Anda dapat mulai menulis makalah dengan langkah-langkah yang sudah Anda ketahui seperti membuat cover, kata pengantar, daftar isi, bab-bab isi, hingga bagian penutup. Dalam proses penulisan, pastikan untuk menggunakan format penulisan yang baik dan benar agar makalah terstruktur dengan baik dan mudah dipahami. Setelah menyelesaikan proses penulisan, beri nama pada file makalah dengan mengklik tulisan “Document” di atas layar dan simpan secara otomatis di folder Internal Memori » Document.

Jika Anda ingin menyimpan file makalah ke lokasi penyimpanan lain di dalam HP Anda, caranya cukup mudah. Klik titik tiga di sudut kanan atas layar, pilih opsi “Simpan Sebagai”, lalu tentukan lokasi penyimpanan yang Anda inginkan. Misalnya, simpan ke folder Download pada memori internal HP. Dengan langkah-langkah tersebut, Anda dapat membuat, menulis, dan menyimpan makalah dengan mudah di HP Anda tanpa kesulitan berarti.