Go

Perbedaan Antara Sleep dan Asleep

Ditulis oleh Aan Setyawan
Dipublikasikan pada April 10th at 1:14pm
Share :

Permasalahan utama di dalam bahasa Inggris adalah beberapa kata memiliki bentuk dan makna yang sama, tetapi memiliki kelas kata yang berbeda. Seperti halnya pada kasus sleep dan asleep yang keduanya sama-sama bermakna "tidur". Perbedaan kelas kata inilah yang sebenarnya mengakibatkan perbedaan dalam penggunaannya di dalam kalimat.

A. SLEEP

Sleep memiliki dua kelas kata, yaitu sebagai kata benda dan sebagai kata kerja. Maknanya pun sama yaitu "tidur". Pengaruhnya adalah pada saat digunakan di dalam kalimat. Sebagai contoh sleep sebagai kata benda bisa terletak sebelum kata sifat.

1. a little sleep. (sedikit tidur)

2. a deep sleep. (tidur nyenyak)

Sleep sebagai verba umumnya terletak setelah subjek atau kadang-kadang setelah kata kerja bantu. Bentuk turunannya adalah slept

1. I slept late. (saya tidur larut)

2. I couldn't sleep. (saya tidak bisa tidur)

B. ASLEEP

Jika sleep memiliki dua kelas kata sebagai verba dan sebagai kata benda, asleep hanya menempati satu kelas kata yaitu kata sifat. Kata sifat asleep tidak bisa digunakan untuk membentuk frasa nomina (tidak bisa terletak sebelum kata benda), berbeda dengan kata sifat seperti good yang bisa digunakan sebelum kata benda, misalnya good book (buku yang bagus) atau good student (siswa yang bagus). Asleep tidak bisa digunakan seperti pada kasus good misalnya untuk mengatakan asleep student (siswa yang tidur) atau asleep man (pria yang sedang tidur).

1. I fell asleep (saya mulai tertidur)

2. I'm still half asleep (saya masih separo tertidur (antara bangun dan masih tertidur))

Jika diperhatikan pada contoh penggunaan di atas, asleep terletak setelah kata kerja (1) atau setelah is, am, are, was, were (2).

Artikel Lainnya

Kebiasaan-Kebiasaan Masyarakat Korea di dalam Keluarga
Phrasal Verb di dalam Bahasa Inggris Untuk Memerintah (Bagian 2: H-Z)
PEUBI: Penulisan Kata Sandang Sing dan Sang
Chunks
Idiom Berhubungan dengan Anggota Tubuh (Hidung)
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi