Selamat Jalan Bahasa Inggris – Ucapan Salam Perpisahan dalam Bahasa Korea Terbaru 2023! Free

Selamat datang di artikel blog belajarbahasa.id – Selamat Jalan Bahasa Inggris – Ucapan Salam Perpisahan dalam Bahasa Korea. Jika kita telah mempelajari kalimat sapaan di artikel sebelumnya, kini kita akan mempelajari salam perpisahan dalam bahasa Korea. Tak kalah dengan kalimat sapaan, salam perpisahan pun dianggap penting untuk diucapkan saat berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa variasi jenis kalimat yang bisa digunakan sebagai salam perpisahan dalam bentuk formal dan informal sesuai situasi dan lawan bicara Anda.

Selamat Jalan Bahasa Inggris – dalam Bahasa Korea

1. Selamat tinggal / jalan

Selamat Jalan Bahasa Inggris - Ucapan Salam Perpisahan dalam Bahasa Korea Terbaru 2023! Free

a. 안녕히 가세요 (an-nyeong-hi ga-se-yo)

Kalimat ini bersifat formal dan diucapkan pada orang yang akan meninggalkan Anda. Arti kalimat ini sama dengan “selamat jalan”. Kalimat ini dapat digunakan saat Anda berinteraksi dengan siapapun, namun biasanya digunakan kepada orang yang lebih tua atau memiliki jabatan atau status yang lebih tinggi.

b. 안녕히 계세요 (an-nyeong-hi gye-se-yo)

Selamat Jalan Bahasa Inggris - Ucapan Salam Perpisahan dalam Bahasa Korea Terbaru 2023! Free

Sama seperti bentuk kalimat di atas, kalimat ini bisa digunakan saat Anda berinteraksi dengan siapapun dan umum digunakan pada orang yang lebh tua atau mempunyai status lebih tinggi. Namun selamat jalan bahasa inggris, perbedaannya adalah kalimat ini diucapkan bila Anda ingin meninggalkan orang tersebut dan artinya sama seperti “selamat tinggal”.

c. 다녀 오겠습니다 (da-nyeo oges-seum-ni-da) / 갔다 울게요 (kat-da ol-ge-yo)

Mirip dengan bentuk kalimat di atas, kalimat ini mempunyai arti yang sama seperti “selamat tinggal” dan diucapkan saat Anda akan meninggalkan seseorang. Kalimat ini umum digunakan saat berpamitan atau akan bepergian keluar dari rumah.

d. 안녕 (an-nyeong)

Selain dapat diucapkan sebagai sapaan, kalimat ini juga dapat diucapkan sebagai salam perpisahan pada situasi informal kepada teman dekat atau kerabat yang usianya sama atau lebih muda. Bentuk kalimat ini dapat digunakan sebagai kalimat sapaan dan perpisahan karena arti dasar 안녕 (an-nyeong) adalah kedamaian atau keselamatan. Dalam konteksnya sebagai salam perpisahan, selamat jalan bahasa inggris kalimat ini berarti berharap lawan bicara kita pergi dengan damai/selamat.

2. Sampai jumpa lagi

a. 또 뵙겠습니다 (ddo bwep-kes-seum-ni-da) / 또 만나요 (ddo man-na-yo)

Selain jenis-jenis kalimat yang telah disebutkan, bentuk kalimat ini juga boleh digunakan sebagai salam perpisahan. Perbedaan mendasarnya adalah artinya. Dari kata-kata pembentuknya yaitu 또 (ddo) yang berarti “lagi” serta 보다 (boda) dan 만나다 (man-na-da) yang artinya melihat atau bertemu. Bentuk kalimat ini bersifat formal dan bisa digunakan pada siapapun termasuk orang yang lebih tua atau memiliki jabatan atau status yang lebih tinggi.

3. Selamat malam/ tidur

a. 안녕히 주무세요 (an-nyeong-hi ju-mu-se-yo) / 잘 주무세요 (jal ju-mu-se-yo)

Ucapan lain yang umum digunakan sebagai salam perpisahan adalah selamat malam/tidur. Kalimat ini berbentuk formal dan bisa digunakan pada siapapun.

b. 잘자요 (jal-ja-yo) / 잘자 (jal-ja)

Bentuk ini adalah bentuk informal ucapan selamat tidur dan biasa digunakan kepada teman dekat atau kerabat yang usianya sama atau lebih muda.

Bagaimana, tidak sulit kan? Kini, Anda bisa menggunakan kalimat-kalimat tersebut sebagai salam perpisahan dengan menyesuaikannya pada situasi dan lawan bicara. Tetapi ingatlah artinya dan berhati-hatilah agar penggunaannya tidak tertukar.

Ucapan Selamat Jalan dalam Bahasa Korea Lainnya

Selamat Jalan Bahasa Inggris - Ucapan Salam Perpisahan dalam Bahasa Korea Terbaru 2023! Free

Dalam bahasa Korea selamat jalan bahasa inggris, terdapat beberapa ucapan selamat jalan atau salam perpisahan lainnya yang dapat digunakan dalam berbagai situasi. Berikut ini adalah beberapa frasa yang populer digunakan:

1. 안녕 (annyeong)

Frasa ini artinya adalah “halo” atau “selamat tinggal”. Biasanya digunakan dalam situasi informal antara teman sebaya atau rekan sekerja yang berpisah.

2. 다음에 봐 (daeume bwa)

Frasa ini secara harfiah berarti “sampai jumpa lagi next time”. Digunakan untuk mengucapkan selamat tinggal dengan harapan akan bertemu kembali di masa depan.

3. 또 만날 날까지 (tto mannal nalkkaji)

Frasa ini memiliki arti “sampai kita bertemu lagi”. Ucapan ini cocok digunakan untuk mengucapkan selamat tinggal kepada seseorang yang akan pergi untuk waktu yang lama atau tidak pasti kapan akan bertemu kembali.

4. 잘 지내 (jal jinae)

Frasa ini artinya “jaga dirimu dengan baik”. Digunakan untuk mengucapkan selamat tinggal dengan harapan bahwa orang yang pergi akan menjaga dirinya dengan baik.

FrasaArtiKonteks Penggunaan
안녕 (annyeong)selamat tinggalsituasi informal, antara teman sebaya atau rekan sekerja
다음에 봐 (daeume bwa)sampai jumpa lagiharapan akan bertemu kembali di masa depan
또 만날 날까지 (tto mannal nalkkaji)sampai kita bertemu lagiseseorang pergi untuk waktu yang lama atau tidak pasti kapan akan bertemu kembali
잘 지내 (jal jinae)jaga dirimu dengan baikharapan bahwa orang yang pergi akan menjaga dirinya dengan baik

Belajar Bahasa Korea dengan Cakap

Jika Anda tertarik untuk belajar bahasa Korea dengan lebih mendalam, mengikuti kursus bahasa Korea online dengan Cakap dapat menjadi pilihan yang tepat. Cakap menyediakan program pembelajaran bahasa Korea yang efektif dan menyenangkan, yang didesain khusus untuk membantu Anda memahami budaya dan bahasa Korea dengan lebih baik.

Kursus bahasa Korea dari Cakap menggabungkan berbagai fitur interaktif, seperti kelas daring dengan tutor berpengalaman, latihan berbasis percakapan, dan modul belajar mandiri yang dirancang untuk mempercepat kemampuan bahasa Korea Anda. Melalui kursus ini, Anda akan belajar kosakata, tata bahasa, dan keterampilan berbicara, mendengar, membaca, dan menulis dalam bahasa Korea.

Dengan Cakap, Anda dapat belajar bahasa Korea dengan fleksibilitas waktu dan tempat, sesuai dengan jadwal yang paling nyaman bagi Anda. Selain itu selamat jalan bahasa inggris, materi pembelajaran yang terstruktur dan beragam akan memastikan Anda dapat menguasai bahasa Korea dengan mudah dan efisien. Bergabunglah dengan kursus bahasa Korea di Cakap sekarang dan mulai perjalanan Anda untuk menguasai bahasa Korea dengan percaya diri!

Keuntungan Belajar Bahasa Korea dengan Cakap
1. Kursus bahasa Korea yang efektif dan interaktif
2. Kelas daring dengan tutor berpengalaman
3. Latihan berbasis percakapan untuk meningkatkan keterampilan berbicara
4. Modul belajar mandiri yang fleksibel dan mudah diakses
5. Materi pembelajaran yang terstruktur dan beragam
6. Fleksibilitas waktu dan tempat

Dalam bahasa Korea, terdapat beberapa ucapan yang dapat digunakan untuk mengucapkan selamat tinggal atau salam perpisahan. Setiap ucapan memiliki tingkat kesopanan dan situasi penggunaannya yang berbeda. Ucapan formal seperti 안녕히 가세요 digunakan ketika berpisah dengan seseorang yang akan pergi, sementara 다녀 오겠습니다 lebih cocok digunakan oleh seseorang yang akan pergi kepada seseorang yang akan ditinggalkan. Ucapan 가세요 lebih tepat digunakan oleh orang yang lebih tua kepada orang yang lebih muda, sedangkan 잘 가요 adalah ucapan selamat tinggal yang umum digunakan. Ucapan 다녀 오겠습니다 dan 잘 가요 juga memiliki bentuk informal yang bisa digunakan dalam situasi yang lebih santai.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari bahasa Korea lebih lanjut dan menguasai berbagai ucapan salam perpisahan, Anda dapat mengikuti kursus bahasa Korea online dengan Cakap. Cakap menawarkan kursus bahasa Korea yang efektif dan menyenangkan untuk membantu Anda memahami budaya dan bahasa Korea dengan lebih baik. Dengan mengikuti kursus bahasa Korea, Anda dapat memiliki pengetahuan yang lebih mendalam tentang cara mengucapkan salam perpisahan dalam bahasa Korea dan meningkatkan kemampuan berbahasa Korea Anda secara keseluruhan. Segera daftar kursus bahasa Korea online dengan Cakap dan jelajahi dunia bahasa Korea yang menarik!

Semoga informasi mengenai ucapan salam perpisahan dalam bahasa Korea ini dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang belajar bahasa Korea atau memiliki kebutuhan untuk menggunakan bahasa Korea dalam konteks salam perpisahan. Dengan menggunakan ucapan yang tepat, Anda dapat meninggalkan kesan yang baik dan menghargai budaya Korea dalam interaksi sosial Anda. Selamat belajar bahasa Korea dan sampai jumpa di kursus bahasa Korea Cakap!