Infinitives – Perbedaan Participle, Gerund, dan to Infinitive 2023! Free

Selamat datang di artikel blog belajarbahasa.id – Pada artikel yang lain Infinitives, saya sudah menjelaskan arti gerundto infinitive, dan participle. Untuk mengetahui pengertian dan penggunaan participle klik di sini. Sedangkan untuk mengetahui pengertian dan penggunaan gerund klik di sini dan untuk mengetahui pengertian dan penggunaan Infinitives klik di sini.

Pada artikel ini, saya akan mejelaskan perbedaan mendasar antara to infinitivegerund, dan participle di dalam bahasa Inggris. Untuk melihat perbedaan secara umum, lihat pada tabel di bawah ini:Base verb/ bare infinitive To Infinitive Gerund Present participle Past participle Go To go Going Going Gone Study To study Studying Studying Studied Break To break Breaking Breaking Broken

Struktur dan Pembentukan Infinitives, Participle, dan Gerund

Infinitives - Perbedaan Participle, Gerund, dan to Infinitive 2023! Free

Infinitif adalah bentuk kata kerja dalam bahasa Inggris yang ditandai dengan penambahan “to” sebelum kata kerja dasar. Struktur pembentukan infinitif sangat sederhana, yaitu dengan menambahkan “to” sebelum kata kerja dasar tersebut. Misalnya, “to eat” atau “to sleep”. Dalam struktur infinitif, kata kerja dasar tidak mengalami perubahan bentuk apapun.

Participle dan gerund, di sisi lain, menggunakan akhiran -ing pada kata kerja dasar. Participle dan gerund memiliki struktur yang serupa dalam pembentukannya. Namun, perbedaan terletak pada fungsi dan penggunaannya. Participle digunakan sebagai kata sifat yang menggambarkan sifat atau keadaan dari kata benda dalam sebuah kalimat. Misalnya, “eating” atau “sleeping”. Sedangkan gerund berfungsi sebagai kata benda yang mewakili aksi atau kegiatan. Contohnya, “swimming” atau “reading”.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah tabel yang memperlihatkan struktur dan pembentukan dari infinitif, participle, dan gerund:

BentukStrukturPembentukan
Infinitifto + kata kerja dasarto eat, to sleep
Participlekata kerja dasar + -ingeating, sleeping
Gerundkata kerja dasar + -ingswimming, reading

Penting untuk memahami struktur dan pembentukan ketiga bentuk ini agar bisa menggunakan mereka dengan benar dalam kalimat-kalimat Bahasa Inggris.

Contoh Penggunaan Infinitif, Participle, dan Gerund

Infinitives - Perbedaan Participle, Gerund, dan to Infinitive 2023! Free

1. to infinitive

To infinitive digunakan paling sering setelah kata kerja dengan di awali to

a. I hope to go on a vacation soon.

I hope going on a vacation soon.

b. They agreed to sign.

They agreed signing

c. she hesitated to speak.

she hesitated speaking

Kata kerja berikut ini hanya boleh diikuti oleh to infinitiveagree decide expect hesitate learn need promise neglect hope want plan attempt propose intend pretend

Gerund adalah kata kerja yang diubah ke dalam bentuk verb ing agar berfungsi sebagai kata benda.

a. Reading a book is my hobby.

b. She enjoyed cooking.

c. I postponed watching TV.

Setelah kata kerja berikut ini, kita wajib menggunakan gerund:deny risk delay consider can’t help keep give up be fond of finish quit put off practice postpone tolerate suggest stop (quit) regret enjoy keep (on) dislike admit avoid recall mind miss detest appreciate recommend get/be through get/be tired of get/be accustomed to get/be used to

3. Participle

Participle adalah kata kerja yang bisa berfungsi sebagai kata sifat. Jika gerund mengubah kata kerja menjadi kata benda, namun participle berfungsi merubah kata kerja menjadi kata sifat. Participle dibagi menjadi present participle dan past participlePresent participle adalah bentuk verb ing dan past participle adalah bentuk verb-ed/ kata kerja bentuk ke tiga. Jadi participle bisa berfungsi sebagai kata kerja dan juga berfungsi sebagai kata sifat.

a. She is studying English. (Dia sedang belajar Bahasa Inggris.)

b. She has studied English. (Dia telah belajar Bahasa Inggris.)

c. She is a boring student. (Dia adalah siswa yang membosankan)

d. She is bored. (Dia bosan)

Pada contoh di atas, studying dan studied adalah participle yang berfungsi sebagai kata kerja. Tense yang digunakan pada kalimat di atas adalah present continuous dan present perfect tense. Sedangkan boring dan bored adalah participle sebagai kata sifat. Boring adalah terbentuk dari verb+ing (present participle) dan verb + ed (past participle) dari bore.

Infinitives - Perbedaan Participle, Gerund, dan to Infinitive 2023! Free

Gerund adalah verb ing yang berfungsi merubah kata kerja sebagai kata benda. Sedangkan Infinitives pada umumnya adalah kata kerja yang di awali to setelah kata kerja yang lain. Participle adalah kata kerja yang juga bisa berfungsi sebagai kata kerja dan kata sifat.

Gerund dan present participle bentuknya adalah sama, yaitu verb + ing. Akan tetapi, fungsinya beda. gerund adalah kata benda sedangkan present participle berfungsi sebagai kata kerja atau kata sifat.

a. Learning English is difficult.

b. She is learning English.

Learning pada kalimat (a) adalah gerund. Learning pada kalimat (b) adalah present participle yang berfungsi sebagai kata kerja.Kata kerja di bawah ini boleh diikuti oleh gerund ataupun to infinitive:start begin continue hate prefer like love try remember

  1. I started to walk home.
  2. I started walking home.
  3. I try to watch TV.
  4. I try watching TV.Kata kerja di bawah ini boleh diikuti gerund ataupun bare infinitive(infinitive tanpa to)feel hear notice watch see smell observe

a. I watched her playing badminton.

I watched her play badminton. I watched her to play badminton

b. She saw them jumping.

She saw them jump. She saw them to jump

Dalam bahasa Inggris, perbedaan antara infinitives, participle, dan gerund terletak pada struktur, fungsi, dan penggunaannya. Infinitif digunakan untuk tujuan atau niat, participle digunakan sebagai kata sifat, dan gerund digunakan sebagai kata benda yang mewakili aksi atau kegiatan. Dengan memahami perbedaan dan penggunaan ketiga bentuk ini, seseorang dapat mengungkapkan diri dengan lebih baik dan lebih efektif dalam bahasa Inggris.

Menguasai penggunaan infinitives, participle, dan gerund dapat memperkaya kemampuan berbahasa Inggris seseorang. Dengan memahami perbedaan dan penggunaannya, seseorang dapat mengekspresikan diri dengan lebih baik dan menyampaikan pesan secara efektif dalam tulisan dan percakapan. Kemampuan ini juga dapat membantu dalam memahami teks-teks bahasa Inggris, seperti artikel, berita, atau cerita dalam bahasa Inggris.

Dalam kesimpulannya, baik hati-hati dalam memilih serta mengaplikasikan infinitif, participle, dan gerund dalam penggunaan bahasa Inggris. Meskipun memiliki perbedaan, ketiganya sama-sama penting dalam menyampaikan makna dan tujuan dalam komunikasi. Dengan memahami dan menguasainya, seseorang akan lebih lancar dan percaya diri dalam menggunakan bahasa Inggris di berbagai situasi, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam situasi formal.

Originally posted 2023-11-24 07:49:59.