Menanyakan Jalan
Asking the Way WRITTEN BY Imam Sulaeman

 

Kita semua pasti pernah ngalamin deh yang namanya kesasar, dan akhirnya mesti nanya sana sini. Tapi gimana ya ceritanya kalau kita nyasar di negeri orang, mau nanya juga harus pake bahasa Inggris, bingung nih kalau ga tau caranya. 

So, kali ini yang akan dibahas di artikel ini yaitu cara nanya jalan. Jadi nanti kalau sahabat belajarbahasa pergi ke manapun bisa berguna, bahasa Inggris kan udah dipakai dimana-mana. Ga akan takut nyasar lagi deh pokoknya. 

Terkadang meskipun kita udah punya alamat lengkap tempat yang mau kita tuju tapi tetep aja kalo kita ga tau daerahnya pasti susah nyarinya. Solusinya ya selain nanya GPS, nanya orang sekitar yang lebih tau. 

Biar lebih gampang ngebayanginnya, kita simak dialog berikut ini. 

Aan, Imam dan Gisni dapet tugas dari kantor, mereka harus pergi mewawancarai seseorang, mereka cuman dikasih alamat dan ternyata mereka tersesat pas lagi nyari rumahnya.

 

DIALOGUE 

(Aan, Imam and Gisni are looking for an address, they took the wrong turn and got lost) 

Aan         : Where are we?

Imam      : No idea, I think we took the wrong turn and got lost

Gisni       : Let’s ask that woman over there

Imam      : Go ask her

Gisni       : Excuse me, please. Could you tell us how to get to this address?

Woman  : hmm ... Take the third on the right and go straight on

Aan         : Is it far?

Woman   : No, it’s only about ten minutes’ walk

Aan          : Thanks

Gisni        : Many thanks

Imam       : Thank you

Woman   : That’s quite alright.

 

USEFUL EXPRESSIONS 

 1. Bagaimana cara menanyakan jalan

Excuse me, please. Could you tell us how to get to this address?

Sahabat belajar bahasa juga bisa menggunakan yang lainnya, seperti: 

 

Excuse me. Can you tell me where West Street is, please? 

Excuse me, please. Could you tell me the way to the airport? 

Excuse me, but I’m trying to find a supermarket

 

Jadi kita tinggal mengganti nama tempatnya saja. Mudah kan?

 

2. Bagaimana cara memberitahukan jalan

 Nah kalau yang ini cara ngasih tau jalannya, belok kanan, belok kiri, lurus dan lain sebagainya. 

 

Take the second on the left and make a u turn, then turn right at intersection 

Turn round and turn left at the traffic-lights. 

Take the third on the right and go straight on 

First right, second left. You can’t miss it, it’s on the main road

 

3. Bagaimana menanyakan lebih lanjut tentang jalan

 

 Is it far? 

Will it take me long to get there? 

Should I take a bus?

 Is it too far to walk?  

 

4. Bagaimana menjawab pertanyaan lanjutan tentang jalan

 

No, it’s only about five minutes’ walk 

No, it’s no distance at all 

No, you can walk it in under five minutes 

No, it’s only a couple of hundred yards 

 

5. Bagaimana mengucapkan terima kasih dan menjawabnya

 

A    : Many thanks

B    : Not at all

 

A    : Thank you

B    : That’s ok

 

A    : Thank you very much indeed

B    : That’s quite alright

 

A    : Thanks very much

B    : It’s a pleasure

 

GLOSSARY

far                   : jauh

got lost            : tersesat

intersection      : perempatan

left                  : kiri

look for            : mencari

main road        : jalan utama

no idea            : tidak tahu

right                : kanan

straight on       : lurus

third                : ketiga

traffic-lights     : lampu lalu lintas

turn                : belokan

u turn             : belokan U (putar balik)

 

Sumber:

Ockenden, Michael. 1986. Situational Dialogue Revised Edition. Longman Group UK Limited. Hal: 2-3