Pengenalan: Kalimat
Introduction to Sentence WRITTEN BY Diah Anggraeni

 

Setelah memahami part of speech, phrase, lalu clause, hal yang penting dalam academic writing adalah kita dapat menulis kalimat utuh yang baik. Kalimat itu sendiri adalah kumpulan kata yang menghasilkan suatu makna dan setidaknya terdiri dari satu klausai. Suatu kalimat dapat menyampaikan pernyataan, pertanyaan, permintaan, perintah, saran, dan lain sebagainya. Kalimat yang lengkap mengandung (1) subjek, (2) kata kerja (verb) yang mungkin membutuhkan objek langsung atau complement, dan ide atau pemikiran yang lengkapii. Kalimat sendiri dapat diibaratkan seperti truk dan kata kerja (verb) sebagai bannya, ketika truk tidak memiliki ban maka truk tersebut tidak dapat berjalan dengan baik, sama halnya dengan kalimat, jika kalimat tidak memiliki verb maka tidak dapat menjadi kalimat yang lengkap dan baikiii.

Contoh kalimat lengkap:

He

kicked

the ball.

Subjek

Verb

Object

 

Sebuah kalimat dapat mengandung lebih dari satu kata kerja (verb) seperti:

Seperti:

He works, studies, and takes care of his family.

Meskipun dalam tulisan akademik kalimat yang baik adalah kalimat yang harus memiliki subjek dan verb (kata kerja (predikat)), pada tulisan non-akademik, tidak semua kalimat lengkap menunjukkan secara jelas subjeknya, khususnya sering dijumpai dalam kalimat perintah (imperative) seperti contoh: Beware! atau Be careful!

Terdapat empat jenis kalimat yaitu: simple sentences (kalimat sederhana), compound sentences (kalimat gabungan), complex sentences (kalimat kompleks), compound – complex sentences (kalimat gabungan dan kompleks)

Untuk lebih memahami bagian-bagian dan jenis-jenis kalimat tersebut, dapat dilihat pada artikel selanjutnya. Dengan mengenal bagian-bagian dari kalimat hingga jenis-jenis kalimat, kita pasti dapat membuat suatu karya tulis yang lebih baik. Maka dari itu, mengenal setiap bagian kalimat dari hal terkecil hingga terbesar merupakan hal penting dalam menulis khususnya dalam academic writing.

 

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

References

iSentence structure overview. (2009). Retrieved January 27, 2016, from http://www.schools.nsw.edu.au/learning/7-12assessments/naplan/teachstrategies/yr2009/09pdfs/lw_sest.pdf

iiAndersen, S. (2004). Sentence types and functions. Retrieved from http://www.sjsu.edu/writingcenter/handouts/Sentence%20Types%20and%20Functions.pdf

iiiWoods, G. (2010). English grammar for dummies; 2nd edition. Indiana: Wiley Publishing, Inc.