Pengenalan: Frasa
Introduction to Phrase WRITTEN BY Diah Anggraeni

INTRODUCTION PHRASE

1. Pengertian dan jenis-jenis frasa dalam Bahasa Inggris

Untuk dapat berbahasa Inggris dengan baik, hal terpenting adalah dapat menulis atau mengutarakan suatu kalimat dengan benar. Kesulitan dalam membuat struktur kalimat selalu menjadi masalah tersendiri bagi para pembelajar bahasa asing.  Ketika struktur kalimat yang dibuat tidak benar secara tata bahasa, pesan yang disampaikan akan tersampaikan dengan tidak tepat. Oleh karena itu, kita harus mengetahui unsur-unsur kalimat dari unsur terkecilnya yaitu kata, lalu frasa, klausa, dan kalimat. Lalu apa perbedaan antara kata dengan frasa?

Sebelumnya, ayo coba identifikasi mana yang merupakan kata dan mana yang merupakan frasa!

 

1. The

 

2. The husband

 

3. A handsome boy

 

4. Into

 

5. Into the room

 

6. Is

 

7. The cheerful children

 

8. Children

 

9. Is writing

 

10. Extremely happy

Pada kotak nomor 1, 4, 6, dan 8 adalah kata, sedangkan pada kotak 2, 3, 5, 7, 9, dan 10 adalah frasa. Jadi, sekarang kita mengerti jika frasa adalah kumpulan kata yang tidak mengandung baik subjek maupun predikat dan tidak dapat berdiri sendiri sebagai klausa ataupun suatu kalimat. Frasa sendiri bentuknya dapat sangat pendek atau bahkan dapat sangat panjang. Sedangkan kata adalah unit terkecil yang terdapat pada suatu kalimat.

Terdapat lima jenis frasa pada Bahasa Inggris yaitu[i]: noun phrase (frasa kata benda), verb phrase (frasa kata kerja), prepositional phrase (frasa preposisi),  adjective phrase (frasa kata sifat), adverbial phrase (frasa kata keterangan). Beberapa frasa juga bisa berbentuk kolokasi, misalnya a hard frost[ii] Beberapa menambahkan jenis-jenis frasa seperti invinitive phrase, gerund phrase, dan appositive phrase[iii]

Pada artikel selanjutnya akan dibahas lebih dalam mengenai masing-masing jenis frasa dalam Bahasa Inggris. Dengan kita mengetahui, mengerti, mengidentifikasi, dan membuat frasa, kita pasti dapat membuat kalimat dengan baik dan efektif.

 

[i] Eastwood, John. Oxford Guide to English Grammar. New York: Oxford University Press. Hal: 3

[ii] http://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/collocation

[iii] http://grammar.ccc.commnet.edu/grammar/phrases.htm