Pelengkap Kalimat
Complement of Sentence WRITTEN BY Aan Setyawan

 

1. Pengertian Complement

Complement adalah unsur kalimat, yang berfungsi untuk melengkapi bagian atau unsur kalimat yang lainnya, seperti subjek, predikat, dan objek. Complement bisa berupa nomina, frasa, maupun klausa. Sebuah complement, tidak bisa dijadikan subjek kalimat jika diubah ke dalam kalimat pasif. Hal ini berbeda dengan objek yang pada umumnya bisa menjadi subjek ketika diubah menjadi kalimat pasif. Komplemen dapat mengikuti verba be, atau linking verb lain seperti seem atau become.[i] Komplemen dapat pula mengikuti object klausa

Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh di bawah ini.

a. My wife is a doctor

b. The John smells awful

c. A yellow car was what my husband wanted for his birthday

 

Pada kalimat ini, a doctor, awful, dan what my husband wanted for his birthday adalah complement yang menjelaskan subjek kalimat. Pada kalimat pertama, my wife is a doctor, (istri saya seorang dokter) a doctor adalah sebuah complement yang menjelaskan subjek my wife. Siapakah istri saya? Istri saya adalah dokter.

Pada kalimat kedua, The John smells awful (toilet bau busuk) complement pada kalimat tersebut adalah awful yang menjelaskan subjek The John. Begitu pula pada kalimat ketiga yaitu A yellow car was what my husband wanted for his birthday (sebuah mobil kuning adalah apa yang diinginkan suami saya untuk ulang tahunnya). Complement pada kalimat tersebut adalah sebuah klausa what my husband wanted for his birthday yang menjelaskan subjek kalimat a yellow car

 

2. Jenis-jenis complement

Setidaknya ada tiga jenis complement di dalam bahasa Inggris, yaitu pertama adalah subject complement, dua adalah predicate complement, dan ketiga adalah object complement.

 

2.1 Subject complement

Subject complement adalah complement yang berfungsi untuk memberi informasi pelengkap terhadap subjek[ii] Ciri umumnya, ia diawali dengan sebuah linking verb. Subject complement bisa berupa noun, noun phrase, noun clause, adjective atau adjective phrase. Untuk lebih jelasnya, perhatikan kalimat di bawah ini:

 

a. You and I are partner

b. My father is a teacher

c. The beach is beautiful and wonderful

d. The bag was very expensive

e. She is what I want

 

Linking verb pada kalimat tersebut adalah yang dicetak miring, yaitu are, is, dan was. Sedangkan complement pada masing-masing kalimat adalah yang dicetak tebal. Complement tersebut berfungsi menjelaskan subjek kalimat.

Pada kalimat 1 dan 2, complement adalah sebuah noun dan noun phrase, yaitu partner dan a teacher, sehingga kita bisa menamainya dengan noun complements, yaitu pelengkap berupa kata benda. Sedangkan pada kalimat 3 dan 4, complement adalah berupa adjective phrase. Sehingga kita bisa menamainya dengan adjective complements atau pelengkap berupa kata sifat. Noun complements dan adjective complement, merujuk pada buku The Longman Handbook for Writers and Readers juga bisa dikatakan sebagai predikat kalimat.

 

2.2 Predicate complement

Predicate complement adalah complement yang berfungsi untuk melengkapi predikat (verb) dan menjelaskan subjek kalimat. Untuk lebih jelasnya, perhatikan kalimat di bawah ini:

 

a. Everyday, I feel happy

b. The John smells bad

c. She sits watching the television

 

Pada masing-masing kalimat ini, predicate complement adalah happy, bad, dan the television. Predicate complement tersebut berfungsi melengkapi predikat atau verb dan menjelaskan subjek kalimat, misalnya di dalam kalimat Everyday, I feel happy. Everyday dalah adverb, I adalah subjek, feel adalah predicate, dan happy adalah complement. Happy pada kalimat ini untuk melengkapi kata kerja feel sekaligus menjelaskan subjek I. Saya merasa apa? Yaitu saya merasa bahagia

 

2.3 Object complement

Object complement adalah complement yang berfungsi memberikan informasi pelengkap pada objek.[iii] Object complement bisa berupa kata benda atau kata sifat atau unsur lainnya yang bertindak sebagai kata benda atau kata sifat. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh di bawah ini:

 

a. All the students thought him a stupid student

b. Everyone wanted the terrorist dead

c. He proved them wrong

d. You should keep them happy

 

Pada masing-masing kalimat ini, a stupid person, dead, wrong, dan happy adalah object complement. Kehadiran complement a stupid person, dead, wrong, dan happy terletak sesudah objek, (objek pada kalimat ini adalah yang saya cetak miring yaitu him, the terrorist, dan them).

Object complement pada masing-masing kalimat berfungsi untuk menjadi pelengkap objek tersebut. Ia memberi informasi lebih kepada objek di depannya. Di dalam kalimat pertama misalnya, All the students thought him a stupid student adalah kalimat lengkap. Subjeknya adalah all the student, thought sebagai predikat, dan objek adalah him, dan pelengkap objek adalah a stupid student.

 

[i] Leech, Geoffrey.2004. Kamus Lengkap Tata Bahasa Inggris. Jakarta: Kesaint Blanc. Hal: 99

[ii] Eastwood, John. 2002. Oxford Guide to English Grammar. London: Oxford University Press. Hal: 12

[iii] Eastwood, John. 2002. Oxford Guide to English Grammar. London: Oxford University Press. Hal: 12