Objek Kalimat
Object of Sentence WRITTEN BY Aan Setyawan

 

Pengertian objek dalam kalimat

Objek adalah bagian dari kalimat yang berhubungan dengan predikat kalimat. Objek juga dapat merujuk pada apa yang dilakukan subjek atau apa yang dikenai tindakan oleh subjeki. Selain itu, objek umumnya terletak setelah predikat. Perhatikan contoh objek di dalam kalimat Bahasa inggris di bawah ini:

a. I write a poem.

b. My mother washes my clothes.

c. The students are reading the book.

Pada contoh kalimat di atas, objek pada masing-masing kalimat adalah a poem, my clothes, dan the book.

 

Tipe-tipe objek dalam bahasa Inggris

Terdapat dua jenis objek di dalam Bahasa Inggris, yaitu direct object (objek langsung) dan indirect object (objek tidak langsung).

1. Direct object

Direct object adalah objek langsung yang dikenai tindakan yang dilakukan oleh subjek di dalam kalimat yang dapat menjawab pertanyaan apa (what) dan siapa (whom)ii. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh kalimat dibawah ini.

a. My father repaired his car.

b. I invited Mery to my party.

c. He doesn’t have a bank account.

Pada kalimat pertama, My father repaired his car, objek pada kalimat ini adalah his car yang menjawab pertanyaan apa. Apa yang Ayah perbaiki? Jawabanya adalah his car. Sedangkan pada kalimat kedua, I invited Mery to my party, objek langsung kalimat adalah Mery yang menjawab pertanyaan siapa. Siapa yang saya undang? Jawabanya adalah Mery.

 

2. Indirect Object

Indirect object adalah objek tidak langsung yang mewakili orang atau benda yang menjadi sasaran atau tindakan dari kata kerja (verb)ii. Sebuah indirect object biasanya menjawab pertanyaan untuk siapa (to whom), kepada siapa (for whom), dan untuk apa (for what). Biasanya indirect object dapat kita jumpai dengan dua cara, yaitu:

 

1. Jika indirect object mengikuti direct object, maka indirect object akan terlebih dahulu diawali dengan preposisi seperti to, for, dan ofiii.

2. Jika Indirect object muncul diantara kata kerja dan objek langsung, maka indirect object tidak membutuhkan preposisi seperti to, for, dan ofiii.

 

Untuk lebih jelasnya, perhatikan beberapa contoh kalimat di bawah ini yang menggunakan indirect object:

a. My boss gave the job to me.

b. My boss gave me the job.

c. To explain the broken lamp, we told Mom a lie.

Pada kalimat pertama, objek langsung adalah the job, sedangkan indirect object adalah me. Karena indirect object terletak setelah direct object, maka ia menggunakan preposisi ‘to’ sebagai penghubungnya. Akan tetapi, pada kalimat kedua, karena indirect object yaitu me terletak antara verb (gave) dan direct object (the job) maka tidak menggunakan preposisi.

 

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

References

iNewson, M. (2004). Basic English syntax with exercise. Budapest: Bölcsész Konzorcium

iiHaussamen, B., Benjamin, A., Kolln, M. and Wheeler, R.S. (2003). Grammar alive; a guide for teachers. Illinois: National Council of Teachers of English.

iiiThomas, L. (1993). Beginning syntax. Cambridge: Blackwell.