Predikat Kalimat
Predicate of Sentence WRITTEN BY Aan Setyawan

 

1. Pengertian predikat

Predikat (predicate) adalah bagian dari sebuah kalimat atau klausa yang menerangkan subjek kalimat[i]. Oleh karena itu, karena predikat menerangkan subjek kalimat maka predikat mengandung kata kerja (verb). Di dalam bahasa Inggris, predikat merupakan bagian utama kedua di dalam kalimat setelah subjek. Tanpa kehadiran predikat di dalam kalimat, maka akan membuat kalimat itu tidak sempurna. Jika kalimat adalah unit bahasa yang mengungkapkan sebuah ide, maka struktur subjek-predikat adalah susunan yang membuatnya mungkin. [ii]

Perhatikan contoh di bawah ini:

 

a. Sinta sings a song.

b. Sinta a song.

 

Kalimat pertama adalah sebuah kalimat lengkap dimana terdapat subjek dan predikat. Sinta adalah subjek dan sings adalah predikat. Jika menghilangkan predikat pada kalimat tersebut, seperti pada kalimat (b) maka akan menjadikan kalimat tersebut tidak sempurna. Dengan kata lain, itu bukanlah sebuah kalimat karena tidak memiliki predikat.

 

2. Jenis-jenis predikat

Predikat di dalam bahasa Inggris bisa berupa single verb atau kata kerja tunggal dan hingga ke compound verb. Berikut ini jenis-jenis predikat di dalam Bahasa Inggris

 

2.1 Predikat sederhana (simple predicate)

Predikat sederhana terdiri dari sebuah kata kerja tunggal, kata kerja + modal, dan kata kerja gabungan.  Untuk lebih jelasnya, perhatikan beberapa contoh predikat di dalam kalimat di bawah ini.

 

a. The students run.

b. The students are running.

c. The students run, jump, and roll on the field.

 

Pada kalimat pertama the students run, terdiri dari predikat berupa kata kerja tunggal yaitu run. Pada kalimat the students are running, predikat dari kalimat tersebut adalah are running yang merupakan verb-ing, dan pada kalimat terakhir yaitu the students run, jump, and roll predikat kalimat tersebut adalah kata kerja gabungan yang terdiri dari beberapa verb, yaitu run, jump, and roll.

 

2.2 Predikat gabungan (compound predicate)

Predikat gabungan terdiri dari dua predikat yang terdapat pada kalimat gabungan (compound sentence). Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh kalimat di bawah ini.

 

Andi is playing football and Budi is reading a book.

The car runs fast and eventually crashes another car.

 

2.3 Predikat lengkap (complete predicate)

Predikat lengkap adalah predikat yang memiliki kata kerja yang diikuti semua kata yang melengkapi kata kerja yang bersangkutan. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh kalimat di bawah ini:

 

a. I live in Bogor.

b. The president does not feel good.

c. It smells good.

 

Pada ketiga kalimat tersebut memiliki predikat lengkap, misalnya live in diikuti nama tempat (Bogor), jika kita hanya mengatakan I live in meskipun memiliki subjek I dan predikat live in, tanpa diikuti nama tempat maka kalimat tersebut tidak lengkap.

 

2.4 Predikat nominal

Predikat nominal adalah predikat yang berupa (frasa) kata sifat atau (frasa) kata benda. Dalam kasus seperti ini, predikat menerangkan keadaan[iii]. untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh kalimat di bawah ini:

 

a. This bag is quite cheap.

b. You are so beautiful.

c. Your behavior has been outrageous.

 

[i] http://www.merriam-webster.com/dictionary/predicate

[ii] Haussmen, Brock. 2003. Grammar Alive!: A Guide for Teachers. the National Council of Teachers of English. Hal: 44

[iii] Newson, Mark. Basic English Syntax with Exercises. Bölcsész Konzorcium. Hal: 15