Klausa Kata Benda
Noun Clause WRITTEN BY Aan Setyawan

1. Pengertian noun clause

Noun clause adalah dependent clause yang berfungsi sebagai kata benda (noun). Sama halnya sebuah noun, maka noun clause juga dapat berfungsi sebagaimana fungsi noun, yaitu ia setidaknya bisa berfungsi sebagai subjek, objek, dan pelengkap dalam sebuah kalimat. Hal yang paling mudah untuk mengidentifikasi noun clause adalah biasanya ia dimulai dengan kata-kata seperti: how, why, when, which, where, that, whether, whichever, who, whoever, whom, whomever, dan what.

a. Linguistics study how languages can spread all the world

Linguistik mempelajari bagaimana bahasa-bahasa bisa menyebar di seluruh dunia

b. This car is what I want

Mobil ini adalah yang saya inginkan

c. Whatever you say is fine for me

Apapun yang kau katakan tidak masalah bagiku

Pada ketiga kalimat di atas mengandung noun clause dimana (a) noun clause berfungsi sebagai objek, (b) berfungsi sebagai pelengkap, dan (c) berfungsi sebagai subjek kalimat.

2. Fungsi noun clause

Seperti yang sudah disebutkan di atas, noun clause setidaknya memiliki fungsi sebagai subjek, objek, atau pelengkap dalam sebuah kalimat. Namun fungsi noun clause sebenarnya bukan itu saja. Noun clause bisa juga berfungsi sebagai predikat dalam kalimat nominal.

2.1. Noun clause sebagai subjek kalimat

a. Whoever thought of your idea is very brilliant.

b. What the president said is not true

c. How you become popular makes some people so curious

Ketiga klausa tersebut di atas berfungsi sebagai subjek kalimat. Cara paling mudah mengidentifikasi bahwa itu adalah subjek kalimat yaitu mereka terletak sebelum kata kerja atau linking verb. Pada kalimat di atas noun clause terletak sebelum is dan makes.

2.2. Noun clause sebagai objek langsung

Ciri paling mudah dari objek langsung adalah ia bisa berubah posisi menjadi subjek kalimat ketika diubah menjadi kalimat pasif. Umumnya objek langsung terletak setelah kata kerja transitive.

a. I know what you said

b. Everyone understands that Jakarta is so crowded city in Indonesia

c. He has informed that he will be late

2.3. Noun clause sebagai objek preposisi

Noun clause berfungsi sebagai objek preposisi cirinya ditandai dengan penggunaan preposisi sebelum noun clause.

a. It is a good idea to think why Indonesia got a bad reputation about corruption

b. You should be careful of what you will say

c. I have bought a lot of snacks for when I get hungry suddenly

Ketiga noun clause di atas berfungsi sebagai objek (preposisi) dalam kalimat karena letaknya setelah preposisi, yaitu preposisi to, of, dan for.

2.4. Noun clause sebagai pelengkap (complement)

Ciri-ciri pelengkap atau complement adalah ia tidak bisa menjadi subjek ketika diubah dalam bentuk pasif. Oleh karena itu, noun clause yang berfungsi sebagai complement tidak bisa diubah dalam bentuk pasif.

a. My big question is whether she can speak English or not

b. My happiness is that I have a pretty wife

c. You are what I am looking for

Beberapa ahli bahasa mengatakan bahwa noun clause sebagai complement juga bisa dikatakan sebagai predikat kalimat nominal; kalimat yang predikatnya berupa kata benda atau kata sifat.

3. Beberapa catatan penting tentang noun clause

3.1. Noun clause bertindak layaknya noun, maka ia juga berfungsi seperti noun. Berbeda dengan adjective clause yang menerangkan noun. Oleh karena itu, perbedaan adjective clause dan noun clause yang paling mudah dikenali adalah adjective clause diawali dengan kata benda yang akan dijelaskannya, contoh:

• I know the school where he studies (adjective clause)

• I know where he studies (noun clause)

Pada contoh di atas, kalimat pertama adalah adjective clause karena menjelaskan the school. Sedangkan pada kalimat kedua adalah noun clause yang berfungsi sebagai objek langsung kalimat.

3.2. Beberapa contoh kata kerja yang dapat diikuti noun clause yang menggunakan that: