Pengertian dan Contoh Kalimat Superlative Bahasa Inggris dan Artinya

Selamat datang di artikel blog belajarbahasa.idKalimat superlative adalah bentuk tingkat perbandingan yang paling tinggi dalam bahasa Inggris. Superlative degree digunakan untuk menyatakan tingkatan “paling” atau “ter-“. Misalnya, “paling pintar”, “paling kuat”, “terbaik”, “terburuk”, dan lain sebagainya. Dalam penggunaan superlative degree, kita perlu menambahkan “the” dan bentuk kata sifat dengan menambahkan akhiran “-est” pada kata sifat dengan satu suku kata atau menggunakan “most” untuk kata sifat dengan lebih dari satu suku kata. Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat superlative dalam bahasa Inggris beserta artinya.

Pengertian Superlative Degree

img image 173

Superlative degree adalah bentuk tingkat perbandingan yang paling tinggi dalam bahasa Inggris. Superlative degree digunakan untuk menerangkan kata sifat yang memiliki ukuran paling tinggi atau kualitas tertinggi. Bentuk perbandingan ini biasanya digunakan untuk membandingkan tiga hal atau lebih, baik itu kualitas, jumlah, atau angka.

Untuk menggunakan superlative degree, kita perlu menambahkan “the” dan menggunakan bentuk kata sifat dengan menambahkan akhiran “-est” pada kata sifat dengan satu suku kata atau menggunakan “most” untuk kata sifat dengan lebih dari satu suku kata.

img image 174

Aturan dalam Superlative Degree

Ada beberapa aturan yang perlu diperhatikan dalam penggunaan superlative degree dalam bahasa Inggris. Aturan ini membantu kita untuk menggunakan tingkatan perbandingan yang paling tinggi dengan benar. Berikut adalah beberapa aturan dalam penggunaan superlative degree:

  1. Kata sifat dengan satu suku kata yang diakhiri dengan dua huruf mati atau satu huruf mati yang diawali dengan dua huruf hidup: Pada kata sifat seperti “big” (besar), “hot” (panas), dan “sad” (sedih), tambahkan akhiran “-est” untuk membentuk superlative degree. Contohnya, “biggest” (terbesar), “hottest” (terpanas), dan “saddest” (paling sedih).
  2. Kata sifat yang diakhiri dengan huruf “e”: Pada kata sifat seperti “brave” (berani), “fine” (bagus), dan “true” (benar), tambahkan akhiran “-st” untuk membentuk superlative degree. Contohnya, “bravest” (terberani), “finest” (terbaik), dan “truest” (terbenar).
  3. Kata sifat yang diakhiri dengan huruf “y” yang didahului oleh huruf konsonan: Pada kata sifat seperti “busy” (sibuk), “dry” (kering), dan “easy” (mudah), ganti huruf “y” dengan “i” dan tambahkan akhiran “-est” untuk membentuk superlative degree. Contohnya, “busiest” (tersebuk), “driest” (terkering), dan “easiest” (paling mudah).

Di samping aturan di atas, terdapat juga aturan khusus untuk kata sifat yang tidak mengikuti pola-pola tersebut. Dengan memahami aturan dalam penggunaan superlative degree, kita dapat menggunakan tingkatan perbandingan yang paling tinggi dengan tepat dalam bahasa Inggris.

Deretan Contoh Kalimat Superlative Degree

Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat superlative degree dalam bahasa Inggris beserta artinya:

  1. He is the tallest person in the room. (Dia adalah orang tertinggi di ruangan ini.)
  2. That was the best movie I’ve ever seen. (Itu adalah film terbaik yang pernah saya lihat.)
  3. This is the most delicious cake I’ve ever tasted. (Ini adalah kue paling lezat yang pernah saya cicipi.)
  4. The new smartphone is the fastest on the market. (Smartphone baru ini adalah yang tercepat di pasaran.)
  5. She is the smartest student in her class. (Dia adalah siswa paling pintar di kelasnya.)

Dalam contoh-contoh kalimat di atas, terlihat penggunaan kalimat superlative degree untuk menunjukkan tingkatan perbandingan tertinggi. Kalimat-kalimat tersebut menggambarkan seseorang atau sesuatu yang memiliki kualitas tertinggi dibandingkan dengan yang lainnya.

Contoh Kalimat Superlative Degree dalam Bahasa Inggris dan Artinya

Pengertian dan Contoh Kalimat Superlative Bahasa Inggris dan Artinya

Berikut ini beberapa contoh kalimat superlative degree dalam bahasa Inggris beserta artinya:

  1. He is the tallest person in our class. (Dia adalah orang tertinggi di kelas kami.)
  2. This is the most delicious pizza I have ever tasted. (Ini adalah pizza yang paling enak yang pernah saya cicipi.)
  3. They are the best performers in the competition. (Mereka adalah penampil terbaik dalam kompetisi.)
  4. She is the kindest person I know. (Dia adalah orang yang paling baik hati yang saya kenal.)
  5. That was the worst movie I have ever seen. (Itu adalah film yang paling buruk yang pernah saya tonton.)

Dalam kalimat-kalimat di atas, kita menggunakan tingkatan perbandingan yang paling tinggi untuk menyatakan kualitas yang tertinggi atau yang paling. Kita bisa menambahkan “the” dan akhiran “-est” pada kata sifat dengan satu suku kata, atau menggunakan “most” untuk kata sifat dengan lebih dari satu suku kata. Dengan memahami konsep superlative degree, kita dapat membuat kalimat yang lebih kuat dan jelas dalam bahasa Inggris.

Contoh Kalimat Superlative Degree Bahasa Inggris dan Artinya

Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat superlative degree dalam bahasa Inggris beserta artinya:

  1. Sarah is the smartest student in the class. (Sarah adalah siswa paling pintar di kelas.)
  2. That movie was the most exciting film I’ve ever seen. (Film itu adalah film paling seru yang pernah saya tonton.)
  3. The Eiffel Tower is the highest building in Paris. (Menara Eiffel adalah gedung tertinggi di Paris.)
  4. My grandmother makes the best cookies in the world. (Nenek saya membuat kue terbaik di dunia.)
  5. Mount Everest is the tallest mountain on Earth. (Gunung Everest adalah gunung tertinggi di Bumi.)

Dalam kalimat-kalimat di atas, penggunaan superlative degree ditandai dengan penggunaan “the” sebelum kata sifat yang ditingkatkan, serta penggunaan akhiran “-est” atau kata “most” sebelum kata sifat yang memiliki lebih dari satu suku kata. Kalimat-kalimat tersebut menggambarkan tingkatan perbandingan tertinggi dari karakteristik yang dibandingkan.

Dalam kalimat superlative, kita menggunakan tingkatan perbandingan yang paling tinggi untuk menyatakan kualitas yang tertinggi atau yang paling. Kita bisa menambahkan “the” dan akhiran “-est” pada kata sifat dengan satu suku kata, atau menggunakan “most” untuk kata sifat dengan lebih dari satu suku kata. Hal ini membantu kita untuk melakukan perbandingan antara tiga hal atau lebih. Dengan memahami penggunaan dan aturan superlative degree, kita dapat membuat kalimat yang lebih kuat dan jelas dalam bahasa Inggris.