Contoh Kata Kerja Imperatif – Imperative Sentence New 2023

Selamat datang di artikel blog belajarbahasa.idKata kerja imperatif merupakan jenis kalimat yang berisi perintahinstruksilarangannasihatseruan, atau ajakan. Ciri khas kalimat imperatif adalah penggunaan tanda seru (!) pada akhir kalimat. Contoh kata kerja imperatif sangat umum digunakan dalam keseharian untuk menyuruh seseorang melakukan sesuatu, memberikan instruksi, atau memberikan larangan. Dalam bahasa Indonesia, kata kerja imperatif dapat dibentuk dengan menggunakan kata seru “tolong”, “silahkan”, atau tanpa menggunakan kata seru. Penggunaan kata kerja imperatif dalam bahasa Indonesia dapat bervariasi tergantung pada konteks dan situasi yang ditemui.

Pengertian Kata Kerja Imperatif

Kata kerja imperatif adalah tipe kalimat yang digunakan untuk memberikan perintahinstruksilarangannasihatseruan, atau ajakan. Kalimat imperatif memiliki ciri khas penggunaan tanda seru (!) pada akhir kalimat dan dapat menggunakan kata seru seperti “tolong” atau “silahkan”. Penggunaan kata kerja imperatif dapat bervariasi dalam konteks formal maupun informal dalam kehidupan sehari-hari.

Kata kerja imperatif merupakan cara efektif untuk menyampaikan pesan dengan jelas dan tegas. Dalam situasi yang membutuhkan pengaturan, kata kerja imperatif digunakan untuk memberikan instruksi kepada orang lain. Contohnya, “Bersihkan kamar tidurmu sekarang!” atau “Tutup pintu saat keluar!”

Selain itu, kata kerja imperatif juga digunakan untuk memberikan larangan kepada seseorang. Misalnya, “Jangan membuka pintu sebelum mengetuk!” atau “Dilarang merokok di dalam ruangan!”. Dengan menggunakan kata kerja imperatif, komunikasi menjadi lebih jelas, langsung, dan sesuai dengan tujuan yang ingin disampaikan.

Ciri-Ciri Kata Kerja Imperatif

Kata kerja imperatif memiliki beberapa ciri khas yang membedakannya dari jenis kalimat lainnya. Berikut adalah beberapa ciri-ciri kata kerja imperatif:

Tanda Seru

Penggunaan tanda seru (!) pada akhir kalimat adalah salah satu ciri paling khas dari kalimat imperatif. Tanda seru ini menandakan bahwa kalimat tersebut berisi perintah atau instruksi yang perlu diikuti oleh lawan bicara.

Pengucapan Tegas

Pengucapan kata kerja imperatif harus tegas dan jelas. Hal ini bertujuan agar perintah atau instruksi yang disampaikan terdengar serius dan meyakinkan. Pengucapan yang tegas akan memperkuat makna dan tujuan dari kata kerja imperatif tersebut.

Penggunaan Kata Seru

Pada beberapa kasus, kata kerja imperatif dapat menggunakan kata seru seperti “tolong” atau “silahkan” untuk memberikan kesan sopan dan menghormati lawan bicara. Penggunaan kata seru ini dapat mempengaruhi penafsiran perintah atau instruksi yang disampaikan dalam kalimat imperatif.

Kalimat Perintah Halus dan Kasar

Kata kerja imperatif memiliki fleksibilitas untuk menjadi kalimat perintah yang halus atau kasar, tergantung pada konteks dan lawan bicara yang dihadapi. Dalam situasi formal atau dengan orang yang lebih senior, kalimat imperatif cenderung digunakan dengan bahasa yang lebih halus. Namun contoh kata kerja imperatif, dalam situasi informal atau di antara teman sebaya, kalimat imperatif bisa digunakan dengan bahasa yang lebih kasar.

Contoh Kata Kerja Imperatif dalam Kalimat yang Berisi Larangan

Contoh Kata Kerja Imperatif - Imperative Sentence New 2023

Berikut adalah beberapa contoh kata kerja imperatif dalam kalimat yang berisi larangan:

  • Dilarang membuang sampah di sini!
  • Jangan makan sambil jalan!
  • Dilarang merokok!
  • Jangan membuang sampah sembarangan!
  • Jangan tidur di area masjid!
  • Dilarang menumpang!
  • Jangan menyakiti binatang!
  • Dilarang mencuri!
  • Jangan buang-buang waktu!
  • Dilarang bermain HP saat ujian!

Contoh-contoh di atas menunjukkan penggunaan kata-kata imperatif yang digunakan dalam kalimat yang berisi larangan. Kalimat imperatif ini digunakan untuk memberikan instruksi yang tegas agar seseorang tidak melakukan sesuatu yang dilarang. Dalam bahasa Indonesia, penggunaan kata kerja imperatif dalam kalimat larangan penting untuk memastikan aturan dan norma-norma yang berlaku diikuti dan dihormati.

Contoh Imperative Sentence

Contoh Kata Kerja Imperatif - Imperative Sentence New 2023

Imperative sentence atau kalimat larangan adalah jenis kalimat yang digunakan untuk menyuruh seseorang untuk melakukan apa yang kita inginkan. Keinginan tersebut bisa berupa permintaan, instruksi, harapan, atau undangan. Perhatikan contoh imperative sentence di bawah ini:

a. Do not stop!

b. Help me!

c. Come with me!

Semua verba yang ada di dalam imperative sentence menggunakan verba bentuk dasar yang menunjukkan daya untuk perintah dan disebut juga dengan imperative mood. Verba imperative umumnya terletak di awal kalimat.

a. Don’t feed the deer! (don’t adalah verba imperative yang menunjukkan adanya perintah)

b. He didn’t feed the dog (didn’t adalah verba indicative yang menunjukkan adanya tindakan)

Contoh verba imperative mood yang lain adalah please, let, go, have, wait.

Jenis jenis Imperative sentence

Contoh Kata Kerja Imperatif - Imperative Sentence New 2023

1. Request dan wish (permintaan atau harapan)

a. Eat lots of Banana!

b. Have a safe trip!

2. invitation (undangan)

a. Please join uas for dinner!

b. Let’s go to the movie together!

3. Command (perintah)

a. Stop feeding the dog!

b. Please don’t give the deer popcorn!

4. Instruction (instruksi)

a. Turn right at the intersection!

b. Heat the oven!

Kata kerja imperatif merupakan jenis kalimat yang berisi perintah, instruksi, larangan, nasihat, seruan, atau ajakan. Dalam bahasa Indonesia, kata kerja imperatif dapat dibentuk dengan menggunakan kata seru “tolong”, “silahkan”, atau tanpa menggunakan kata seru. Ciri khas kalimat imperatif adalah penggunaan tanda seru pada akhir kalimat. Penggunaan kata kerja imperatif dapat bervariasi tergantung pada konteks dan situasi yang ditemui.

Penting untuk menggunakan kata kerja imperatif dengan sopan dan tepat agar tidak menyinggung perasaan orang lain. Penggunaan kata kerja imperatif juga dapat membantu memperkuat pemahaman dan penggunaan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Dengan berlatih menggunakan kata kerja imperatif dalam berbagai konteks, kita dapat memperluas kosa kata dan menjadi lebih fasih dalam berkomunikasi.

Dalam artikel ini, kita telah melihat contoh-contoh kata kerja imperatif, bentuk kata kerja imperatifjenis-jenis kata kerja imperatif, dan penggunaan kata kerja imperatif dalam bahasa Indonesia. Latihan kata kerja imperatif juga dapat menjadi alat yang efektif untuk memperdalam pemahaman dan meningkatkan kemampuan komunikasi kita.

Originally posted 2023-11-26 08:42:10.