Cara Menjadi Agen Shopee, Syarat, dan Proses Kerja: 7 Keuntung, Rugi & Komisinya

Selamat datang di artikel blog belajarbahasa.id – Shopee, sebagai salah satu platform e-commerce besar, menawarkan sejumlah keuntungan yang beragam. Selain memungkinkan pengguna untuk menjual produk, platform ini juga memberikan kesempatan kepada individu untuk mendaftar sebagai agen Shopee. Yang menarik cara menjadi agen shopee, program ini tidak hanya terbatas pada penjual, tetapi juga dapat diikuti oleh para pembeli.

Namun cara menjadi agen shopee, menjadi agen Shopee mengharuskan Anda untuk memenuhi sejumlah syarat tertentu. Ada proses pendaftaran dan pelatihan yang perlu diikuti sebelum Anda bisa memulai kegiatan sebagai agen. Pertanyaannya adalah, apa sebenarnya peran dari seorang agen ini dan bagaimana cara untuk mendaftar? Temukan informasinya dalam ulasan berikut ini.

Apa itu Agen Shopee?

Cara Menjadi Agen Shopee, Syarat, dan Proses Kerja: 7 Keuntung, Rugi & Komisinya

Jika mengulas makna kata “agen,” sebenarnya merujuk pada peran sebagai perantara dalam konteks perusahaan. Dalam platform Shopee, agen bertindak sebagai perantara antara penjual dan pembeli. Dengan demikian, penjual yang menawarkan produk melalui Shopee dapat mengantarkan barang ke agen yang berada di lokasi tujuan pengiriman barang.

Melalui program ini, pembelian barang tidak langsung dikirimkan ke alamat pembeli, melainkan diterima terlebih dahulu oleh agen. Dalam hal ini, pembeli memiliki opsi untuk mengambil barangnya langsung dari agen terdekat dengan lokasi alamat mereka.

Inisiatif program agen Shopee ini sangat membantu mereka yang memiliki kesibukan dan tidak ada orang di rumah untuk menerima paket. Sehingga, ketika kembali dari aktivitas, mereka dapat langsung mengambil paket di agen terdekat. Hal ini memberikan rasa aman hingga barang tiba di tangan pembeli.

Tak hanya itu, ada pula keuntungan yang bisa diperoleh oleh agen Shopee, di antaranya:

  1. Mendapatkan komisi dari setiap paket yang mereka bantu kirim.
  2. Memulai usaha dan meraih keuntungan tanpa modal besar, karena persiapannya hanya memenuhi dokumen persyaratan yang ditetapkan oleh Shopee.
  3. Mendapatkan keuntungan lebih dengan mengajak orang lain untuk memanfaatkan jasa agen ketika berbelanja di Shopee.

Syarat-Syarat yang Harus Dipenuhi

img image 56

Agen bertugas untuk menyediakan tempat penyimpanan paket yang dikirim oleh penjual sebelum diterima oleh pembeli. Namun cara menjadi agen shopee, menjadi agen membutuhkan pemenuhan berbagai syarat tertentu. Tidak semua pengguna, baik penjual maupun pembeli dengan akun Shopee, dapat menjadi agen karena harus melewati proses pendaftaran yang ditetapkan.

Setiap calon agen akan melalui seleksi langsung oleh tim Shopee untuk menjadi bagian dari jajaran agen mereka. Apabila tidak memenuhi kriteria yang ditetapkan, tim Shopee berhak untuk membatalkan perjanjian kerjasama. Beberapa persyaratan yang diajukan untuk menjadi agen termasuk:

  1. Memiliki ruang penyimpanan barang dengan luas minimal 12 m2.
  2. Memiliki akses yang memadai bagi pengantar dan penerima paket, seperti sepeda motor.
  3. Ketersediaan akses internet dan keberadaan komputer sebagai sarana operasional sehari-hari.
  4. Bersedia menampilkan banner dari Shopee secara independen sebagai identitas agen.

Cara Menjadi Agen Shopee

Cara Menjadi Agen Shopee, Syarat, dan Proses Kerja: 7 Keuntung, Rugi & Komisinya

Syarat yang ditetapkan oleh Shopee dapat disiapkan ketika tertarik menjadi salah satu agennya. Keuntungan yang ditawarkan cukup menggiurkan, sehingga banyak yang tertarik untuk memulai usaha ini. Hanya dengan memanfaatkan ruang di rumah, bisnis ini dapat berjalan dengan lancar.

Sayangnya, proses seleksi agen cukup ketat dan diawasi secara langsung oleh tim Shopee. Sehingga, tidak semua pendaftar dapat menjadi agen. Selain syarat yang diberlakukan oleh Shopee, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan untuk menjadi agen Shopee, seperti:

1. Pendaftaran

Pemenuhan semua persyaratan yang diajukan Shopee adalah langkah pertama. Kemudian, lakukanlah pendaftaran dengan mengisi formulir yang disediakan. Anda dapat melihat semua proses dan dokumen yang diperlukan melalui situs resmi Shopee.

Proses pendaftaran secara garis besar melibatkan langkah-langkah berikut:

  • Mengisi formulir yang disediakan oleh tim Shopee.
  • Mengirim formulir dan dokumen pendukung yang dibutuhkan ke Shopee.
  • Menunggu verifikasi dari tim Shopee terhadap formulir dan dokumen yang telah dikirim.
  • Tim Shopee akan memverifikasi dokumen yang dikirim.
  • Proses verifikasi ini akan berlangsung dalam rentang waktu 3 x 24 jam pada hari kerja.
  • Setelah verifikasi berhasil, calon agen akan menandatangani surat perjanjian kerja antara tim Shopee dan pemilik agen.
  • Proses pendaftaran selesai dan pemilik agen dapat memulai pelatihan.

2. Pelatihan

Proses pelatihan akan dimulai beberapa hari setelah penandatanganan surat perjanjian. Selain itu cara menjadi agen shopee, pelatihan bisa dilakukan langsung setelah penandatanganan.

Pemilik agen harus memahami sepenuhnya tugas yang akan diemban. Menguasai proses kerja online dan teknis penerimaan barang adalah hal yang diperlukan. Pelatihan ini akan dilakukan secara online. Semua hal teknis terkait pekerjaan agen akan dipraktekkan selama pelatihan, memastikan pemilik agen siap bekerja tanpa hambatan.

3. Memulai Operasi

Jika pelatihan telah berjalan lancar dan pemilik agen merasa siap, agen dapat mulai beroperasi. Paket dari pembeli Shopee yang berlokasi di sekitar agen akan dikirimkan ke tempat agen. Pembeli tinggal mengambil paketnya langsung dari agen tersebut.

Proses Kerja Agen Shopee

Meskipun terlihat sederhana, pemilik agen Shopee memiliki serangkaian langkah tersendiri. Ada beberapa proses konfirmasi yang harus dilakukan melalui aplikasi Shopee agar pengiriman paket berjalan dengan lancar dan tidak salah alamat. Selain itu cara menjadi agen shopee, pemilik paket juga memiliki akses khusus dan pemberitahuan terkait status paketnya.

Langkah-langkah dalam proses kerja agen Shopee antara lain:

  1. Pembeli memilih agen sebagai lokasi penerimaan barang, memilih agen terdekat dengan alamat pembeli.
  2. Pembeli melakukan proses checkout dan membayar barang yang dikirim dalam bentuk paket.
  3. Paket dikirimkan ke alamat tujuan.
  4. Kurir mengirimkan paket ke agen yang dipilih di aplikasi Shopee.
  5. Agen menerima paket yang dikirim dan melakukan konfirmasi di akun Shopee.
  6. Pembeli atau pemilik paket menerima notifikasi di akun Shopee beserta PIN pengambilan.
  7. Dari hari pertama hingga hari keempat setelah paket diterima agen, pembeli akan mendapat notifikasi untuk mengambil paketnya.
  8. Agen menyimpan paket tersebut selama 5 hari. Jika lebih dari 5 hari paket tidak diambil, agen akan mengembalikannya kepada penjual.
  9. Jika paket diambil oleh pembeli, agen akan mendapatkan komisi dari transaksi tersebut.

Tidak hanya sebagai bisnis dropship di Shopee, pemilik akun Shopee juga dapat memulai usaha sebagai agen Shopee. Meskipun terdengar mudah, namun ada syarat dan proses seleksi yang ketat dari tim Shopee. Sehingga, hanya calon agen terpilih yang dapat memulai perannya sebagai agen Shopee.

7 Keuntungan Menjadi Agen Shopee

Keuntungan menjadi agen Shopee sangatlah menjanjikan. Yuk, ketahui keuntungannya berikut ini:

  1. Komisi Agen Shopee yang Menggiurkan
    Sebelum memutuskan untuk menjadi agen Shopee, penting untuk mengetahui besaran komisi yang ditawarkan. Shopee menetapkan komisi sebesar Rp 500 untuk setiap paket yang diterima. Misalnya, jika mampu menerima 100 paket setiap harinya selama 30 hari, total komisi yang bisa diperoleh dalam sebulan adalah 100 x 30 x 500, atau setara dengan 1,5 juta.
  2. Berdasarkan jumlah paket yang diterima, keuntungan dan komisi ditentukan.
  3. Sistem Pengiriman Terintegrasi Shopee
    Sebagai agen Shopee, kamu berpartner dengan Shopee untuk menerima paket dari pengguna tanpa khawatir tidak mendapatkan paket. Semua proses sudah terintegrasi dengan sistem Shopee, sehingga kamu hanya perlu menunggu paket yang dikirimkan ke lokasi drop point kamu.
  4. Layanan Customer Service yang Responsif
    Customer Service sangat penting dalam bisnis untuk menangani masalah yang mungkin terjadi. Dengan adanya customer service, kamu tidak perlu khawatir mengenai masalah serius terkait paket, karena customer service dari Shopee akan memberikan layanan cepat tanggap.
  5. Proses Pendaftaran Mudah
    Pendaftaran menjadi agen Shopee Express cukup mudah, tetapi prosesnya harus melalui seleksi pihak Shopee. Biasanya, kamu akan diundang untuk menjadi mitra agen Shopee dan melakukan pendaftaran sesuai petunjuk yang diberikan oleh Shopee.
  6. Jumlah Paket Terus Meningkat
    Dengan banyaknya pengguna Shopee, kamu tidak perlu khawatir kekurangan pasokan paket. Jumlah paket yang diterima di drop point akan terus meningkat seiring dengan pertumbuhan pengguna Shopee.
  7. Pendaftaran Tanpa Biaya
    Jika kamu ingin memulai bisnis tanpa modal besar, menjadi agen Shopee bisa menjadi pilihan karena pendaftarannya gratis alias tanpa biaya apapun.

Nah, itulah 7 keuntungan menjadi agen Shopee. Selanjutnya, pelajari cara menjadi agen Shopee untuk memulai bisnis ini.

Menjadi agen Shopee adalah peluang besar untuk meraih penghasilan tambahan dengan cara yang relatif mudah. Pengalaman menjadi perantara antara penjual dan pembeli memberikan kepuasan tersendiri dengan keuntungan yang cukup menjanjikan. Dengan sistem terintegrasi Shopee, prosesnya terbilang efisien karena tidak ada kekhawatiran akan kekurangan paket yang akan diterima di drop point. Namun cara menjadi agen shopee, perlu diingat bahwa proses seleksi dan syarat yang ditetapkan Shopee menempatkan agen pada posisi yang terpilih dan memiliki kualitas sesuai dengan standar perusahaan.

Terkadang, menjadi agen Shopee membutuhkan keberuntungan karena hanya orang-orang tertentu yang terpilih untuk bergabung. Meskipun demikian, keuntungan finansial yang bisa diraih dari komisi yang ditawarkan Shopee membuat proses seleksi ini seolah menjadi tantangan yang menggiurkan. Meski bukan tanpa batasan, menjadi agen Shopee membuka peluang bagi individu untuk menjalankan bisnis tanpa modal besar dan mendapatkan keuntungan yang signifikan dengan cara yang relatif sederhana.