Go

Semantik Gramatikal dan Semantik Leksikal; di mana Batas Perbedaannya?

Ditulis oleh Aan Setyawan
Dipublikasikan pada August 3rd at 2:38pm
Share :

Semantik Gramatikal dan Semantik Leksikal; di mana Batas Perbedaannya?

Semantik leksikal merupakan kajian makna pada kata sebagai satuan mandiri. Artinya hal yang dibahas adalah makna kata yang telah ditetapkan sesuai dengan referennya. Makna leksikal merujuk pada makna kata berdasarkan yang sebenarnya. Oleh karena itu, makna leksikal bisa kita lihat di dalam sebuah kamus. Apa yang ada di kamus itulah makna leksikal dari sebuah kata. Secara garis besar makna leksikal bisa kita telusuri juga dari asosiasi dari kata tersebut, misalnya dari segi sinonim, homonim, antonim, dan sebagainya.

Makna gramatikal mengkaji satuan makna kata yang diperoleh karena adanya proses gramatikal seperti afiksasi, reduplikasi, atau perubahan bentuk kata (misalnya play menjadi playing, plays, atau played). Makna gramatikal umumnya diperoleh melalui proses infleksional dan derivasional. Dalam makna gramatikal, makna intinya tidaklah berubah. Maksudnya, makna gramatikal umumnya tidak jauh dari makna leksikal sebuah kata. Perhatikan contohnya di bawah ini:

  1. the book is green.

  2. the books are green.

Perhatikan contoh di atas. Book pada kalimat (1) adalah tunggal, sedangkan pada kalimat (2) adalah jamak. Di sini penanda kata jamak adalah morfem {-s}. Pembentukan pada proses gramatikal derifasional akan menghasilkan leksem yang baru, misalnya kata sing menjadi singer, dance menjadi dancer. Di sini, morfem {-er} menandai makna pelaku/orang. Di sisi lain, pembentukan infleksional hanya membentuk kata baru (bukan leksem baru), seperti pada kata play menjadi plays, played, playing. Morfem-morfem {-s}, {-ed}, dan {–ing} menandai aspek dan kala, yaitu menandai kapan kejadian tersebut terjadi; sudah terjadi, sedang terjadi, atau akan terjadi. Namun, makna dasarnya tetap sama tidak berubah sama sekali. Plays, played, dan playing tetap bermakna bermain.

Artikel Lainnya

Idiom Berhubungan dengan Warna dalam Bahasa Inggris
KONBA (konjugasi verba) bahasa Perancis
Perbedaan Sport dan Game
Transitive and Intransitive Verbs
Yuk Belajar Bahasa Spanyol Lebih Dekat
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi