Made From, Made of, Made With

Ditulis oleh Aan Setyawan

Perbedaan Made From, Made of, Made With

Made adalah bentuk lampau dari dari make, tetapi ada beberapa frasa yang terbentuk menggunakan made tetapi tidak menunjukkan bentuk kalimat lampau. Frasa-frasa tersebut adalah seperti _made from,__made of,_ dan _made with._

1. Made from

Made from bermakna 'terbuat dari' yang menunjukkan dasar awal dari suatu barang. Biasanya antara bahan awal dan barang jadi tidak terlihat langsung. Misalnnya, kertas terbuar dari batang pohon. Antara kertas dan batang pohon tidak bisa kita amati langsung meskipun sudah jelas sekali bahwa kertas terbuat dari pohon.

Baca Juga : Perbedaan Kolokasi Do dan Make di dalam Bahasa Inggris

a. The suits are made from a very light, soft-feel fabric.

(Pakaiannya terbuat dari kain yang sangat ringan dan lembut.)

b. These extraordinary pieces are made from bands of steel, then weathered.

(Potongan-potongan luar biasa ini terbuat dari pita-pita baja lalu dihancurkan.)

2. Made of

Made of juga berarti 'terbuat dari' yang menunjukkan bahan awal dan barang jadinya dapat dilihat atau rasakan. Atinya antara bahan dasar dan barang jadinya masih bisa diidentifikasi. Misalnya, baju terbuat dari katun. Baju tersebut bentuknya mau bagaimana masih bisa kita identifikasi bahwa bahan dasarnya adalah katun.

a. A currach is made of hide and wood.

(Sebuah perahu terbuat dari kulit dan kayu.)

b. Made of 95% cotton/5% polyester.

(Terbuat dari 95% katun/ 5% polyester.)

3. Made with

Made with berarti 'terbuat dengan' yang menunjukkan bahan-bahan dari suatu barang/benda jadi yang biasanya berupa makanan dan minuman.

a. This incredibly sumptuous chocolate cake is made with the finest ingredients available, then is soaked with Champagne.

(Kue coklat yang sangat mewah ini dibuat dengan bahan-bahan terbaik yang tersedia, kemudian dicelupkan dengan Champagne.)

b. Chocolate sauce can only be good if it is made with the finest chocolate.

(Saus cokelat hanya bisa bagus jika dibuat dengan cokelat terbaik.)