Kamu Harus Tahu Bahwa U.K, Great Britain, dan England adalah Berbeda!
Ditulis oleh Aan Setyawan Published 27/06/2016 edited 24/06/2017

A. Kesalahan umum dengan istilah U.K, Great Britain, dan England

Banyak sekali orang yang salah kaprah bahwasanya England dan U.K adalah dua hal yang  sama, begitu pula dengan Great Britain. Pasti sahabat mengartikan U.K dan England atau Great Britain di dalam Bahasa Indonesia dengan nama "Inggris". Padahal orang yang berada di U.K belum tentu mau jika dijuluki orang Inggris. Begitu pula orang yang berasal dari Great Brtain belum tentu mau dijuluki orang Inggris. Namun mereka tidak keberatan jika disebut British. Lantas kenapa bisa begitu? Hal itu dikarenakan U.K., Great Britain, dan England adalah dua hal yang berbeda. Akan tetapi, mereka masih dalam satu kesatuan. Untuk lebih jelasnya simak penjelasanya di bawah ini:

1. U.K (UNITED KINGDOM)

 Bendera U.K

U.K adalah sebuah sistem negara kesatuan yang terdiri dari England, Wales, Scotlandia, dan Irlandia Utara. Nama resminya adalah "Kerajaan Britania Raya dan Irlandia Utara."  atau di dalam bahasa Inggris disebut dengan istilah "The United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland".  England, Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara sering keliru disebut sebagai sebuah negara independen, tetapi sebenarnya mereka hanya bagian dari U.K. Ibukota dari U.K terletak di England.

Inggris - Ibukotanya adalah London.

Skotlandia - Ibukotanya adalah Edinburgh.

Wales - Ibukotanya adalah Cardiff.

Irlandia Utara - Ibukotanya adalah Belfast.

Warna bendera U.K adalah perpaduan antara bendera Inggris, Skotlandia, dan Irlandia Utara

2. GREAT BRITAIN (Britania Raya )

Great Britain bukanlah sebuah negara, namun sebuah pulau. Itulah kenapa dinamakan great britain

Great Britain merupakan kepulauan terbesar di UK. Kepulauan ini terdiri dari England, Wales, dan Skotlandia. Kadang orang juga menyebutnya hanya britain saja.

 

3. ENGLAND (Inggris)

Sama seperti Wales dan Skotlandia, Inggris sering disebut sebagai negara tetapi sebenarnya bukan negara yang berdaulat penuh. England adalah negara bagian terbesar di U.K, baik oleh luasnya daratan maupun besarnya populasi. Warna bendera dari Inggris adalah:

 

4. THE BRITISH ISLE

British isles adalah nama satu kesatuan atau kumpulan pulau dari Great Britain dan Irlandia serta beberapa pulau-pulau kecil lainya. Perhatikan peta di bawah ini

B. Jika bukan negara independen, mengapa England, Wales, Scotlandia, dan Irlandia Utara bersaing satu sama lain di Euro Cup atau di World Cup?

Negara -negara bagian seperti England, Wales, Scotland dan Irlandia adalah tim-tim yang sudah muncul sebelum ada Piala dunia. Pihak FIFA maupan UEFA (federasi sepak bola Uni Eropa) membolehkan masing-masing negara seperti England, Wales, Scotlandia, dan Irlandia Utara untuk saling berkompetisi mengirimkan timnya masing-masing. Akan Tetapi, ketika olimpiade dunia, England, Wales, Scotlandia, dan Irlandia Utara tidak mengirimkan timnya sendiri-sendiri, melainkan satu kesatuan di bawah U.K. Hal yang menarik juga terjadi pada premier league, atau biasanya kita kenal dengan liga Inggris. Pada liga Inggris yang sebenarnya basisnya adalah England, ternyata juga diikuti oleh klub di luar England, misalnya dari Wales. Klub-klub tersebut misalnya Swansea City dan Cardiff.

Jadi sudah tahu ya kenapa orang-orang U.K belum tentu mau disebut orang Inggris? Karena U.K. terdiri dari Wales, Scotlandia, Irandia Utara, dan Inggris. Orang Skotlandia atau Wales tentu akan marah jika dia disebut berasal dari Inggris. Untungnya, orang-orang U.K semua berterima jika dipanggil orang british.