Go

Pola Kata Dasar dalam Bahasa Arab

Ditulis oleh DR. Tubagus Chaeru Nugraha
Dipublikasikan pada May 20th at 12:46am
Share :

ألم تَرَ كَيْفَ ضرب اللهُ مثلاً كلمةً طيبةً كشجرةٍ طيبةٍ

Dapatkah anda melengkapi vokalisasi (harakat) penggalan ayat tersebut di atas tanpa melihat mushaf Al-Qur’an? Alhamdulillah, bila berhasil, tandanya anda terbiasa membaca Al-Qur’an atau sudah memahami bahasa Arab (bA). Bayangkan, dulu ketika Al-Qur’an ditulis tanpa harakat, bahkan tanpa  titik. Kenapa orang bisa membaca bahasa Arab gundul? Tentu, karena telah memahami gramatika bahasa Arab, yaitu An-nahwu  was-sharf (tata kalimat dan tata kata).

Hal yang prinsip pada sharf antara lain الوَزْنُ /al-waznu/ ‘pola kata’. Pola kata dasar bahasa Arab berupa مَاض /ma:dhi/ ‘verba lampau ‘ yaitu فَعَلَ contohnya نَصَرَ  /nashara/ ‘telah menolong’; فَتَحَ /fataha/ ‘telah membuka’; dan عَلِمَ /’alima/ ‘telah mengetahui’. Kaidah pola dasar verba lampau bA  adalah K1K2K3-(ViV2V3) tersusun dari tiga konsonan dan 3 vokal, dalam istilah klasiknya  disebut FaعaLa. Perhatikan bagan di bawah ini:

المَوْزُوْنَ

فَتَحَ

نَصَرَ

عَلِمَ

Transliterasi

/Fa-Ta-Ha/

/Na-Sha-Ra/

/عa-Li-Ma/

K1K2K3 -(ViV2V3)

Fa-عa-La

Fa-عa-La

Fa-عi-La

 

Perhatikan dengan cermat pola kata dasar verba lampau (ma:dhi) bahasa Arab (bA). Ada tiga wazan, yaitu:  (1) Fa-عa-La, (2) Fa-عa-La, dan (3) Fa-عu-La. Coba lengkapi harakat kalimat berikut ini: حضر فاتح في الجامعة .  Ada tiga kemungkinan harakat  حضرanda akan menulis /HaDhaRa/, HaDhiRa/  atau HaDhuRa/. Oleh karena itu kita perlu mengingat pola dasar tersebut. Coba latihlah dengan bagan berikut ini:

 

Pola dasar

Beri harakat

Beri harakat

فَعَلَ

/ Fa-عa-La /

عبد

حضر

رقد

حصل

بدل

حكم

رسم

حشر

بلغ

حرس

رشد

جرث

فَعِلَ

/fa’ila/

عهد

أمن

علم

بلخ

عجب

أثم

عمل

فرح

فَعُلَ /fa’ula/

عمق

سهل

صلح

صغر



Artikel Lainnya

Kisi-kisi SBMPTN Bahasa Inggris 2016 Terbaru!
Perbedaan Interesting dan Interested
Sort, Type, dan Kind
Apa Perbedaan Auxiliary dan Modal?
Kosakata Yang Berhubungan Dengan Liburan Dan Hari Raya Di Dalam Bahasa Inggris
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi