Ini Loh Arti Thug Life yang Sebenarnya!

Ditulis oleh Aan Setyawan

Sering melihat temanmu berkomentar thug life? Atau dia membuat hastag #thuglife di media sosialnya? Thug life adalah kepanjangan dari "The Hate U Give Little Infants Fucks Everyone" yang umumnya dikaitkan dengan kehidupan kulit hitam di mana dipopulerkan oleh Tupac, seorang penyanyi rap dari kulit hitam yang memperjuangkan diskriminasi rasial di Amerika pada saat itu. Meskipun istilah thug life sering disalahtafsirkan sebagai "kehidupan kriminal," ini sebenarnya bukan maksud dari frasa tersebut. Thug life adalah istilah yang digunakan dengan kebanggaan, untuk menggambarkan seseorang yang memulai tanpa apa-apa dan membangun diri menjadi sesuatu.

Baca Juga : Throwback Thursday: Mengenal Beberapa Arti Istilah di Instagram

Sejak kematian Tupac, frasa dan filosofi di balik thug life terus mempengaruhi banyak orang, termasuk penyanyi Rihanna, yang memiliki tato pada jari-jarinya di tahun 2016. Penggunaan thug life oleh Tupac sebagai seruan untuk para tertindas memang terus direferensikan dalam budaya hip-hop dan populer saat ini.

Pada tahun 2015, meme thug life berubah menjadi serangkaian gambar yang menunjukkan anak-anak kulit putih di pinggiran kota, diberi cap dengan kutipan Tupac "Saya tidak memilih thug life, thug life-lah memilih saya." Lelucon itu tentu saja adalah anak-anak tidak hidup dalam kehidupan preman dan hanya mengambil alih perjuangan orang kulit hitam dalam upaya untuk tampil "keren."

Pada perkembanganya hashtag "#thuglife" yang sering kita temukan di media sosial seperti instagram umumnya digunakan sebagai komentar ironis pada tindakan pembangkangan kecil (misalnya, menyentuh objek yang sebenarnya dilarang).

I actually have classes today But those are the pointless ones so who cares #thuglife

Di Indonesia, mengalami pergeseran juga. Thug life yang digunakan di sosial media umumnya menggambarkan kehidupan yang berani dan berhasil, misalnya:

  1. membuang sampah dari jauh dan berhasil.

  2. Menebak soal dengan benar padahal mengarang.

  3. Tahu kapan lampu hijau akan menyala.

Maka jika kita mengacu pada apa yang diperjuangkan oleh Tupac, maksud dari thug life sebenarnya adalah penggambaran keberanian seseorang yang tidak punya apa-apa menjadi seseorang yang berarti. Hanya saja, saat ini berkembang menjadi keberanian melakukan sesuatu (meskipun sebenarnya dilarang dan berbahaya).