Mana yang Benar: You and Me atau You and I?

Ditulis oleh Aan Setyawan

Salah satu kata ganti yang membingungkan adalah penggunaan you and me atau you and I. Manakah di antara kedua bentuk ini yang paling benar secara aturan tata bahasa? Meskipun kita tahu kedua bentuk ini sama-sama digunakan di dalam percakapan bahasa Inggris. Hal yang perlu sahabat ketahui dalam menentukan apakah menggunakan I atau me adalah fungsinya di dalam kalimat, apakah sebagai subjek atau sebagai objek. Jika menjadi subjek kalimat maka kita menggunakan I, sementara jika menggunakan sebagai objek maka kita menggunakan me. Ini adalah rumus yang berlaku untuk semua kata ganti di dalam bahasa Inggris, kecuali you dan it yang memiliki bentuk yang sama ketika menjadi subjek dan objek, contoh:

(1) You love Dina.

(2) Dina Loves you .

Bandingkan dengan:

(3) She loves you.

(4) You love her .

Perhatikan pada contoh di atas, you sebagai subjek (1) ataupun sebagai objek (2) bentuknya tetaplah you, sementara dia sebagai subjek menggunakan she (3) dan sebagai objek berubah menjadi her (4). Hal itu juga berlaku juga dengan I dan me di mana I digunakan sebagai subjek dan me sebagai objek.

-I will give you a book if you give me a novel.

-You and I should go now.

-They are going to interview you and me .

Dengan demikian, bentuk you and I dan you and me semuanya benar. Hanya saja perlu diperhatikan penggunaanya di dalam kalimat; apakah sebagai subjek di dalam kalimat atau sebagai objek di dalam kalimat. Jika digunakan sebagai subjek kalimat maka menggunakan you and I dan jika sebagai objek kalimat menggunakan you and me.