Perbedaan Antara Tool, Utensil, Equipment, dan Apparatus
Ditulis oleh Aan Setyawan Published 29/07/2018 edited 12/10/2018

Artikel ini membahas mengenai kata-kata dalam bahasa Inggris yang berhubungan dengan peralatan atau perlengkapan yang digunakan untuk membantu aktivitas tertentu. Kosakata seperti tool, utensil, equipment, dan apparatus umumnya digunakan untuk hal-hal yang berhubungan dengan perlatan seperti gergaji, palu, dan lain-lain. Lalu apa perbedaan di antara ke empat kosakata tersebut?

1. Tool

Dalam kamus Tesaurus Oxford disebutkan bahwa tool adalah benda seperti palu, obeng, gergaji, dll. yang Anda pegang di tangan Anda dan digunakan untuk membuat barang atau memperbaiki barang; membantu Anda untuk melakukan pekerjaan Anda atau untuk mencapai sesuatu. Jadi poin pentingnya adalah tool berhubungan peralatan yang berhubungan dengan tangan.

-garden tools.

-a tool kit.

2. Utensil

Dalam kamus tesaurus Oxford disebutkan bahwa utensil adalah peralatan yang digunakan di dalam rumah, khusunya di dalam dapur.

-cooking utensils.

-kitchen utensils.

3. Equipment

Jika tool dan utensil secara leksikal bisa kita artikan dengan 'alat', maka equipment kita artikan dengan "peralatan" atau "perlengkapan". Dalam kamus Tesaurus Oxford, equipment dijelaskan dengan barang-barang yang dibutuhkan untuk tujuan tertentu atau aktivitas tertentu.

-camping equipment.

-medical equipment.

4. Apparatus

Apparatus mirip dengan equipment, tetapi cenderung berhubungan dengan konteks tertentu. Misalnya alat senam (gymnastic apparatus) mengacu pada semua peralatan yang Anda harapkan ditemukan di gym. Dalam Kamus Tesaurus Oxford disebutkan bahwa apparatus lebih sering digunakan berhubungan dengan sains, kedokteran, dan teknik.

-laboratory apparatus.

-breathing apparatus.