Go

Cara Menambahkan Informasi dalam Kalimat Bahasa Inggris

Ditulis oleh Aan Setyawan
Dipublikasikan pada April 8th at 6:03am
Share :

Pada artikel yang lain telah kami bahas bagaimana membedakan penggunaan for example, for instance, dan e.g. dalam kalimat bahasa Inggris. Pada kesempatan ini kami akan membahas bagaimana cara menambahkan informasi di dalam kalimat bahasa Inggris. Nah, tentu sahabat sudah sering menggunakan kata-kata seperti in addition, besides, moreover, furthermore, dan next. Mari kita bahas penggunaan kata-kata tersebut di dalam kalimat bahasa Inggris yang tujuanya adalah untuk menambahkan informasi baru di dalam kalimat.

In addition

Kita bisa mengartikanya dengan "sebagai tambahan". Jika terletak di awal kalimat diikuti koma dan jika terletak di tengah kalimat menggunakan koma sebelum dan sesudahnya.

  1. In addition, the new worker must have at least two years of experience.
  2. The new teacher, in addition, has a good looking.

Further

Kita bisa mengartikan further dengan "lebih lanjut". Apabila digunakan sebagai kata sifat maka penggunaanya umumnya terletak sebelum kata benda, misalnya:

Further information

Further possibility

Sementara jika digunakan sebagai kata keterangan, maka biasanya terletak di tengah kalimat, misalnya

The doctor further suggests that I have to take a rest some days.

Besides

Besides juga bisa kita gunakan sebagai preposisi untuk menambahkan informasi baru. Hanya saja yang perlu digarisbawahi adalah penggunaan besides sebenarnya lebih sedikit digunakan di dalam tulisan akademik bahasa Inggris. Dalam penulisan berbahasa Inggris, lebih sering digunakan preposisi in addition__to. Berikut penggunaanya:

  1. Besides being very beautiful, she is a kind student.

  2. In addition to being being very beautiful, she is a kind student.

Moreover dan Furthermore

Kata-kata yang kita diskusikan di bagian 1-3 digunakan hanya untuk menambahkan argumen baru atau informasi baru. Kadang-kadang, bagaimanapun, Sahabat mungkin ingin menambahkan fakta yang lebih penting atau argumen yang lebih kuat daripada apa pun yang Sahabat sebutkan sebelumnya. Dengan kata lain, Sahabat ingin menambahkan tetapi juga untuk memperkuat. Beberapa keterangan yang dapat Sahabat gunakan untuk tujuan ini adalah moreover dan furthermore. Kedua kata ini biasanya digunakan di awal kalimat, diikuti dengan koma, tetapi kadang-kadang terjadi dalam kalimat, dengan cara diawali dengan koma dan ditutup dengan koma.

  1. Moreover, the new president must be good in English.
  2. It was likely, furthermore, that candidates can drive a car.

Artikel Lainnya

Contoh Kalimat konotasi dan Denotasi dalam Bahasa Indonesia
Get atau Become?
Kalimat Sapaan dalam Bahasa Korea
Be About to
Penyebab Terjadinya Homonimi dalam Sebuah Bahasa
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi