Joke, Prank, dan Gag dalam bahasa Inggris
Ditulis oleh Aan Setyawan Published 12/03/2018 edited 01/10/2018

Saat ini, banyak lelucon yang ada di sekitar kita. Dari bentuk stand up comedy, video, atau cerita-cerita guroan. Dalam bahasa Inggris, setidaknya tiga kata ini sangat terkenal yang digunakan untuk merujuk pada hal yang lucu, yaitu joke, prank, dan gag. Menurut Oxford Learner's Thesaurus, ini dia perbedaan antara joke, prank, dan gag dalam bahasa Inggris:

1. Joke

something that you say or do to make people laugh, for example a funny story that you tell

Baca Juga : Apa Bahasa Inggrisnya Pekerjaan: Work, Employment, Career, Profession, Occupation, Practice, Trade?

Menurut Oxford, joke adalah sebuah lelucon yang merupakan cerita dengan akhir cerita yang lucu. Karakter, kejadian dan bahkan kata-kata ceritanya cukup pasti dan tetap, dan disebarkan di antara orang-orang dengan sedikit atau tanpa perubahan. Perhatikan contohnya dalam bentuk kalimat di bawah ini:

a. I can't tell jokes.

b. The trouble with Ruby is she can't take a joke

2. Prank

a trick that is played on sb as a joke.

Jika dilihat dari penjelasan di atas, prank adalah sebuah trik yang dimainkan kepada seseorang sebagai lelucon. Oleh karena itu, kita sering menemukan bentuk-bentuk prank dalam sebuah video yang mempermainkan seseorang.

a. It was just a childish prank — don't take it so seriously.

b. a prank call/phone call

3. Gag

a joke or a funny story, especially one told by a professional comedian.

Berbeda dengan joke dan prank, gag dilakukan oleh pelawak profesional. Mungkin sahabat sering melihat acara televisi 9_GAG_ yang berisi video-video lucu yang dilakukan oleh pemain professional? Ya begitulah gambaran dari gag.