Perbedaan Behave, Treat, dan Act

Ditulis oleh Aan Setyawan

Dalam bahasa Inggris ketiga kata ini bersinonim. Behave, treat, dan act merujuk pada perbuatan melakukan tindakan kepada orang lain. Secara leksikal, ketiga kata ini bermakna behave: berperilaku, treat: memperlakukan, dan act: bertindak. Kamus Thesaurus Oxford membedakan ketiga kata ini dengan penjelasan berikut ini:

1. Behave

Behave dalam kamus dijabarkan dengan_: to do things in a particular way_. Jadi, kita melakukan sesuatu dengan cara tertentu. Dalam bahasa Indonesia, kita bisa memadankannya dengan 'berperilaku'. Berikut contohnya:

a. You should behave well towards your guest.

(Anda sebaiknya berperilaku dengan baik terhadap tamu Anda)

b. The doctor behaved professionally.

(Dokter berperilaku dengan profesional)

Di sini behave adalah intransitive, sehingga tidak perlu ada objek di depannya. Contoh kalimat (a) akan tidak tepat jika struktur kalimatnya menjadi seperti ini:

* You should behave your guest well.

2. Treat

Treat dijelaskan dengan to behave in a particular way towards sb/sth. Jadi kita memperlakukan seseorang/sesuatu, sehingga bisa berhubungan dengan orang maupun benda. Dalam bahasa Indonesia, kita bisa memadankannya dengan 'memperlakukan'. Perhatikan contohnya di bawah ini:

a. You should treat your guest with more respect.

(Kamu semestinya memperlakukan tamu dengan lebih hormat)

b. Treat your car with care.

(Perlakukan mobilmu dengan hati-hati)

3. Act

Act di dalam kamus dijelaskan dengan to behave in particular way. Jika dicermati penjelasannya sama dengan behave di atas. Lalu apa perbedaanya? behave biasanya digunakan untuk membicarakan perilaku umum seseorang, bukan tindakan tertentu. Behave digunakan untuk berbicara tentang seberapa baik, seberapa masuk akal atau seberapa normalnya perilaku, sedangkan act digunakan untuk seberapa masuk akal, seberapa normal, seberapa adil atau bagaimana secara hukum perilaku tersebut dilakukan. Perhatikan contohnya di bawah ini:

a. She has been acting strangely lately.

(dia telah bertindak dengan aneh akhir-akhir ini)

b. He acted very wisely in coming to me.

(Dia bertindak sangat bijak saat datang kepada saya)