Perbedaan dan Penggunaan A.M. dan P.M. dalam Bahasa Inggris
Ditulis oleh Aan Setyawan Published 09/01/2018 edited 20/07/2018

Apakah di antara sahabat masih ada yang belum tahu perbedaan a.m. dan p.m. dalam bahasa Inggris? Sebagian besar penutur bahasa Inggris tahu bahwa a.m. mengacu pada jam mulai tengah malam (00:00) hingga siang hari (12.00), sedangkan p.m. mengacu pada jam 12.01 hingga tengah malam (24.00). Lalu, apakah sahabat tahu singkatan-singkatan tersebut?

Baca Juga : On Time VS In Time: Idiom Bahasa Inggris Lainnya yang Berhubungan dengan Waktu

Istilah a.m. adalah singkatan dari frasa Latin ante meridiem yang berarti "sebelum tengah hari", sedangkan p.m adalah singkatan dari post merīdiem, yang berarti - sahabat bisa menebaknya - "setelah tengah hari." Kedua istilah ini membantu menjaga ambiguitas di dalam sistem waktu 12 jam. Hal ini tentu berbeda dengan Indonesia yang menggunakan sistem 24 jam. Sebenarnya ada singkatan ketiga yang kurang dikenal dalam sistem ini: m yang berasal dari bahasa Latin merīdiēs yang berarti "tengah hari" (siang hari). Namun, m. jarang digunakan dan mungkin membingungkan jika digunakan ke dalam percakapan atau memasukkannya ke dalam tulisan sahabat.

Dalam penulisan formal, penulisan yang terbaik adalah menggunakan huruf kecil, yaitu a.m. dan p.m. Namun, jika sahabat memilih untuk menggunakan format yang berbeda (A.M. dan P.M), aturan yang paling penting adalah konsisten sepanjang bagian penulisan. Perhatikan bahwa ketika a.m. atau p.m. digunakan pada akhir sebuah kalimat, seperti dalam pesawat yang tiba pukul 10.00 p.m, tidak perlu untuk menempatkan periode tambahan di akhirs seperti pagi, siang, dan malam.