Shortcut
Social media
Contact information
Alamat

Jl Sharon Raya Utara No 29, Bandung - Indonesia

Email

admin@belajarbahasa.id

Telepon

+22 724 1234 567

Pengertian Meronimi dan Bedanya dengan Hiponim dan Hipernim

Published 30/10/2017 Last updated 10/12/2017

Secara sederhana meronimi membahas sesuatu bagian dari yang lain, tetapi bukan termasuk hiponim atau hipernim. _Meronymy is a term used to describe a part–whole relationship between lexical items. _(Seed, 2009). Rahyono (2011) menyatakan bahwa meronimi merupakan hubungan hierarkis yang merupakan hubungan bagian keseluruhan.Selain itu, Kushartanti, dkk (2007) menyatakan bahwa meronimi adalah relasi makna yang memiliki kemiripan dengan hiponimi karena relasi maknanya bersifat hierarkis, namuntidak menyiratkan pelibatan searah, tetapi merupakan relasi makna bagian dengan keseluruhan. Jadi, meronimi merupakan klasifikasi hierarkis dalam leksikon yang merupakan relasi makna bagian dengan keseluruhan.

Baca Juga : Perbedaan Antara Hiponim dan Hipernim

Meronimi dapat dianalisis dengan bantuan formula X adalah bagian dari Ycontohnya adalah atap bermeronimi dengan rumah. Seed (2009) juga merumuskan dengan formula

X is part of Y, or Y has X

A page is part of a book, or A book has pages

Contoh lainnya; Cover dan page adalah meronimi dari book. _Book_disini sebagai holonim yang merupakan bagian yang lebih besar yang disusun oleh meronimi. Cruse (1986) juga memberikan contoh meronimi:

  • A hand has fingers, fingers is part of a hand
  • A piano has a keyboard, keyboard is part of a piano
  • A car has wheels, wheels is part of a car
  • A saw has teeth, teeth is part of a saw

Pada kalimat dibawah ini ada perbedaan penggunaan formula X is part of Y, or Y has X. Kalimat dibawah ini tidak bisa disebut meronimi dikarenakan tidak adanya relasi makna secara keseluruhan.

  • A huge bank balane is a part oh his attrativeness to women
  • Changing nappies/diapers is part of being a mother
  • ? His attrativeness to women has a bank balance
  • ? Being a mother has hanging nappies

Hirarki dari meronimi dan taksonomi berbeda yang mana taksonomi merupakan hubungan hirarkis keterkaitan antarkata yang berkenaan dengan klasifikasi atau kategorisasi subordinat terhadap subordinat yang mencakupinya. Meronimi lebih menekankan pada seberapa pentingnya "bagian" menjadi keseluruhan. Nose adalah meronimi dari face; seperti collar adalah meronimi dari shirt.

Jenis hubungan meronimi

Ada dua jenis hubungan dalam meronimi yaitu canonical and facilitative(Cruse, 1986). Contoh canonical/necessary meronimi adalah eye dan face. Mata merupakan bagian penting dari wajah yang akan membentuk wajah dengan baik dan sempurna. Walaupun mata dihilangkan, mata tetap merupakan bagian dari wajah yang tak terpisahkan. Contoh facilitative/optional meronimi adalah cushion dan chair. Ada kursi yang mempunyai cushion (bantalan kursi) tapi ada juga kursi yang tidak memakai bantalan. Cushion dapat berdiri sendiri tanpa kursi begitupula sebaliknya.


0 Komentar

Join Discussion
You need login first to comment.

Contact us

  • Jl Sharon Raya Utara No 29, Bandung - Indonesia
  • Phone: +62 22 8752 8039
  • Email: admin@belajarbahasa.id
  • Tempat yang baik untuk belajar bahasa

Mailing list

Sign up if you would like to receive occasional treats from us.

Tentang Kami

Belajar bahasa adalah situs pembelajaran bahasa. Kamu disini dapat memilih kelas yang ada sesuai dengan preferensi.

Try it now