Perbedaan Langue dan Parole
Ditulis oleh Aan Setyawan Published 17/09/2017 edited 20/10/2017

Bagi sahabat yang mempelajari linguistik, maka akan bertemu dengan istilah langue dan parole. Istilah ini diperkenalkan oleh bapak linguistik, sekaligus tokoh kaum struktural, yaitu Ferdinand de Seassure. de Seassure membedakan parole dari langue. Berikut ini perbedaanya.

A. Langue

Langue adalah konsep dasar suatu bahasa secara abstrak. Konsep ini berlaku dari hasil pengalaman manusia di dalam masyarakat, misalnya tempat untuk duduk dinamakan dengan 'kursi', tempat untuk menampung orang sakit adalah rumah sakit. tempat untuk menimba ilmu adalah sekolah. Langue bisa dibilang muncul secara alamiah pada manusia.

B. Parole

Parole adalah bentuk konkret dari langue. Contoh parole adalah 'kursi', 'korsi', 'chair' yang merupakan bentuk dari langue tempat untuk duduk. Rumah sakit dan hospital adalah bentuk parole dari langue tempat untuk menampung orang sakit.

Dengan demikian dapat kita simpulkan bahwa langue adalah sebuah sistem abstrak mengenai konsep suatu bahasa, sedangkan langue adalah bentuk konkret atau pengejewantahan dari sebuah langue. Oleh karena itu, bentuk parole suatu bahasa lebih banyak dari _langue-_nya.