Go

Ucapan Salam Perpisahan dalam Bahasa Korea

Ditulis oleh Lita Rizki Fauziah
Dipublikasikan pada August 8th at 11:02pm
Share :

Jika kita telah mempelajari kalimat sapaan di artikel sebelumnya, kini kita akan mempelajari salam perpisahan dalam bahasa Korea. Tak kalah dengan kalimat sapaan, salam perpisahan pun dianggap penting untuk diucapkan saat berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa variasi jenis kalimat yang bisa digunakan sebagai salam perpisahan dalam bentuk formal dan informal sesuai situasi dan lawan bicara Anda.

1. Selamat tinggal / jalan

a. 안녕히 가세요 (an-nyeong-hi ga-se-yo)

Kalimat ini bersifat formal dan diucapkan pada orang yang akan meninggalkan Anda. Arti kalimat ini sama dengan “selamat jalan”. Kalimat ini dapat digunakan saat Anda berinteraksi dengan siapapun, namun biasanya digunakan kepada orang yang lebih tua atau memiliki jabatan atau status yang lebih tinggi.

b. 안녕히 계세요 (an-nyeong-hi gye-se-yo)

Sama seperti bentuk kalimat di atas, kalimat ini bisa digunakan saat Anda berinteraksi dengan siapapun dan umum digunakan pada orang yang lebh tua atau mempunyai status lebih tinggi. Namun, perbedaannya adalah kalimat ini diucapkan bila Anda ingin meninggalkan orang tersebut dan artinya sama seperti “selamat tinggal”.

c. 다녀 오겠습니다 (da-nyeo oges-seum-ni-da) / 갔다 울게요 (kat-da ol-ge-yo)

Mirip dengan bentuk kalimat di atas, kalimat ini mempunyai arti yang sama seperti “selamat tinggal” dan diucapkan saat Anda akan meninggalkan seseorang. Kalimat ini umum digunakan saat berpamitan atau akan bepergian keluar dari rumah.

d. 안녕 (an-nyeong)

Selain dapat diucapkan sebagai sapaan, kalimat ini juga dapat diucapkan sebagai salam perpisahan pada situasi informal kepada teman dekat atau kerabat yang usianya sama atau lebih muda. Bentuk kalimat ini dapat digunakan sebagai kalimat sapaan dan perpisahan karena arti dasar 안녕 (an-nyeong) adalah kedamaian atau keselamatan. Dalam konteksnya sebagai salam perpisahan, kalimat ini berarti berharap lawan bicara kita pergi dengan damai/selamat.

2. Sampai jumpa lagi

a. 또 뵙겠습니다 (ddo bwep-kes-seum-ni-da) / 또 만나요 (ddo man-na-yo)

Selain jenis-jenis kalimat yang telah disebutkan, bentuk kalimat ini juga boleh digunakan sebagai salam perpisahan. Perbedaan mendasarnya adalah artinya. Dari kata-kata pembentuknya yaitu 또 (ddo) yang berarti “lagi” serta 보다 (boda) dan 만나다 (man-na-da) yang artinya melihat atau bertemu. Bentuk kalimat ini bersifat formal dan bisa digunakan pada siapapun termasuk orang yang lebih tua atau memiliki jabatan atau status yang lebih tinggi.

3. Selamat malam/ tidur

a. 안녕히 주무세요 (an-nyeong-hi ju-mu-se-yo) / 잘 주무세요 (jal ju-mu-se-yo)

Ucapan lain yang umum digunakan sebagai salam perpisahan adalah selamat malam/tidur. Kalimat ini berbentuk formal dan bisa digunakan pada siapapun.

b. 잘자요 (jal-ja-yo) / 잘자 (jal-ja)

Bentuk ini adalah bentuk informal ucapan selamat tidur dan biasa digunakan kepada teman dekat atau kerabat yang usianya sama atau lebih muda.

Bagaimana, tidak sulit kan? Kini, Anda bisa menggunakan kalimat-kalimat tersebut sebagai salam perpisahan dengan menyesuaikannya pada situasi dan lawan bicara. Tetapi ingatlah artinya dan berhati-hatilah agar penggunaannya tidak tertukar.

Artikel Lainnya

Hari Kerja di Korea
아요/ 어요/ 해요 (Akhiran Kalimat informal)
Aku Cinta Padamu atau Aku Cinta Kepadamu: Mari Belajar Preposisi Bahasa Indonesia
Bahasa-bahasa Gaul dalam Bahasa Jepang Bagian 2
Arti Hang On dan Contohnya dalam Bahasa Inggris
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi