Go

Kalimat Sapaan dalam Bahasa Korea

Ditulis oleh Lita Rizki Fauziah
Dipublikasikan pada August 8th at 11:02pm
Share :

Kalimat sapaan dianggap sebagai hal yang sangat penting di Korea dan tidak didasarkan pada waktu (contoh: selamat pagi, selamat siang, selamat sore). Beberapa jenis kalimat berikut dapat digunakan sebagai kalimat sapaan dan dapat diucapkan dalam bentuk formal ataupun informal, tergantung pada situasi dan lawan bicara.

1. Halo / Apa kabar

안녕하십니까 (An-nyeong ha-shim-ni-kka)

Bentuk ini adalah bentuk kalimat sapaan yang paling formal. Kalimat ini biasanya digunakan untuk menyapa dan menunjukkan rasa hormat kepada orang yang lebih tua atau memiliki jabatan dan status yang lebih tinggi.

안녕하세요 (An-nyeong ha-se-yo)

Bentuk ini adalah bentuk kalimat sapaan yang lebih umum digunakan dan dapat diucapkan saat berinteraksi dengan orang-orang yang dikenal, tanpa memandang usia.

안녕 (An-nyeong)

Bentuk ini adalah bentuk paling dasar kalimat sapaan. Kalimat ini dapat digunakan saat berinteraksi dengan teman dekat atau kerabat yang usianya sama atau lebih muda.

2. Senang bertemu dengan Anda

반갑습니다 / 반가워요 (ban-gap-seum-ni-da / ban-ga-wo-yo)

Kalimat ini juga umum digunakan sebagai sapaan saat bertemu seseorang. Namun, kalimat ini digunakan saat bertemu dengan orang yang baru dikenal atau orang yang sudah lama tidak bertemu dengan Anda.

반갑다 (ban-gap-da)

Berbeda dengan kedua bentuk sapaan di atas, bentuk kalimat ini lebih santai atau informal dan digunakan saat Anda bertemu dengan kerabat atau teman dekat yang usianya sama atau lebih muda.

3. Selamat datang

어서 오십시오 / 어서 오세요 (Eo-seo o-ship-shi-yo / Eo-seo o-se-yo)

Berbeda dengan kalimat-kalimat sapaan yang telah dijelaskan, bentuk kalimat ini umum digunakan untuk menyambut orang yang datang atau masuk ke tempat tertentu seperti toko atau restoran. Meskipun kedua kalimat dianggap sopan, bentuk kalimat pertama lebih bersifat formal dan umum digunakan saat menyambut orang yang lebih tua.

Kalimat-kalimat tersebut adalah beberapa contoh sapaan dalam bahasa Korea yang bisa digunakan dalam berbagai situasi.

Ingatlah untuk selalu menyesuaikan bentuk kalimatnya dengan lawan bicara yang ingin kita sapa :D

Artikel Lainnya

Padanan Istilah Asing
Graduate, Undergraduate, dan Postgraduate: Beberapa Istilah Pendidikan dalam Bahasa Inggris
Noun Phrase
Past Future Tense
Klasifikasi Makhluk Hidup dilihat dari Bahasa?
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi