Yuk Belajar Bahasa Spanyol Lebih Dekat
Ditulis oleh Belajar Bahasa Published 24/07/2017 edited 13/10/2017

Bahasa Spanyol adalah suatu bahasa Iberia-Roman dari Spanyol dan menjadi salah satu akar dari Bahasa Latin seperti Italia, Portugis dan Perancis. Bahasa Spanyol digunakan oleh sekitar 500 juta penutur di seluruh dunia dan menjadi bahasa terbesar keempat dengan penutur terbanyak di dunia. Selain Negara Spanyol, sebagian besar penggunanya berasal dari kawasan Amerika Latin dan beberapa negara di benua lain. Negara-negara yang termasuk di dalam Amerika Latin yang menggunakan Bahasa Spanyol sebagai bahasa resmi adalah sebagai berikut :

  1. Amerika Utara : Meksiko
  2. Amerika Tengah : Costa Rica, Cuba, Republik Dominika, El Salvador, Guatemala, Honduras, Nicaragua, Panama, Puerto Rico
  3. Amerika Selatan (kecuali Brazil karena Brazil menggunakan Bahasa Portugis sebagai bahasa resmi) : Argentina, Bolivia, Colombia, Chile, Ekuador, Paraguay, Peru, Uruguay, Venezuela

Ada juga negara di Benua Afrika yang menggunakan Bahasa Spanyol sebagai bahasa resmi diantaranya adalah Equatorial Guinea dan Republik Demokratik Arab Sahrawi1.

Selain negara-negara di atas, ada beberapa negara yang menggunakan Bahasa Spanyol juga tetapi bukan sebagai bahasa resmi. Negara-negara tersebut adalah Amerika Serikat, Andorra, Balize, Filipina, Federasi Mikronesia, Gibraltar, Guam, Kepulauan Marshall, Maroko, Kepulauan Mariana Utara, Palau, Trinidad dan Tobago, Aruba, dan Netherlands Antilles. Tapi kebanyakan dari mereka adalah pendatang dari negara-negara yang berbahasa Spanyol dan pernah menjadi jajahan Negara Spanyol.

Sebenarnya, tidak terlalu banyak perbedaan dari setiap negara yang menggunakan Bahasa Spanyol, mereka akan mengerti satu sama lain, misalnya ada sebuah kata di dalam Bahasa Spanyol yang digunakan di Negara Spanyol tapi tidak digunakan oleh negara-negara di Amerika Selatan yaitu kata vosotros/vosotras (baca : bosotros/bosotras) yang artinya kalian. Sementara itu, di Amerika Selatan biasanya menggunakan kata ustedes. Dan beberapa contoh lain yang akan dibahas pada artikel selanjutnya.

Untuk mengontrol perkembangan Bahasa Spanyol, terdapat sebuah institusi linguistik yang berpusat di Madrid, Spanyol bernama La Real Academia de La Lengua Española. Institusi ini juga membuat peraturan-peraturan yang bertujuan untuk mempersatukan Bahasa Spanyol dari semua negara-negara yang menggunakan Bahasa Spanyol tersebut.

Bagi orang Indonesia, membaca tulisan berbahasa Spanyol tidaklah sulit karena pengucapan dan tulisan hampir sama. Hanya ada beberapa huruf yang khusus ada di Bahasa Spanyol dan tidak ada di Bahasa Indonesia. Ada huruf ñ (baca : enye), ch (baca : ce) dan ll (baca : ye).

Contoh kata-katanya sebagai berikut :

baño (baca : banyo) artinya kamar mandi/toilet

señor: (baca: senyor) artinya bapak

niño: (baca: ninyo) artinya anak laki-laki

llamar: (baca: yamar) artinya panggil

pollo (baca : poyo) artinya ayam

Ini dia alfabet lengkap dalam bahasa Spanyol:

Huruf besar Huruf kecil IPA Huruf besar Huruf kecil IPA
A a /a/ Ñ ñ /ɲ/
B b /b/ O o /o/
C c /k/ P p /pe/
D d /d/ Q q /k/
E e /e/ R r /r/
F f /f/ S s /s/
G g /ɡ/ T t /t/
H h ??? U u /u/
I i /i/ V v /b/
J j /x/ W w /ɡw/
K k /k/ X x /ks/
L l /l/ Y y /ʝ/
M m /m/ Z z /θ/
N n /n/

Catatan tambahan:

Republik Demokratik Arab Sahrawi merupakan negara bekas jajahan Spanyol, diproklamirkan oleh Front Polisario pada tanggal 27 Februari 1976. Akan tetapi Republik Demokratik Arab Sahrawi hanya menguasai 20% dan Maroko menguasai sisa wilayah yang masih dipersengketakan sebesar 80%