Kamus Bahasa Inggris Apa yang Paling Bagus?
Ditulis oleh Aan Setyawan Published 13/06/2017 edited 20/10/2017

Apakah ada dari sebagian sahabat yang sedang mencari kamus apa yang paling bagus untuk dipelajari? Jawabanya akan sangat relatif sebenarnya. Tapi kamus yang saya bicarakan di sini adalah kamus elektronik. Dari beberapa kamus yang saya pakai untuk belajar Bahasa Inggris, ini dia beberapa kamus terbaik:

1. Cambridge Advanced Learner’s Dictionary

Kamus terbaik adalah Cambridge Advanced Learner’s Dictionary. Kamus ini menawarkan beberapa fitur yang sangat bagus, misalnya:

a. Mudah mencari kata dan kata terkait, misalnya idiom, frasa, slang, dan peribahasa. Kamus ini juga dilengkapi dengan contoh kalimat, suara pengucapan, dan kategorisasi kelas kata

b. Perubahan kata atau derivasi dan infleksinya dikumpulkan ke dalam satu tempat

c. Terdapat kamus gambar untuk membantu deskripsi kata

d. Terdapat latihan-latihan bahasa Inggris

e. Terdapat materi-materi bahasa Inggris, seperti grammar, pengetahuan umum, dan kesalahan-kesalahan yang paling sering terjadi

f. Kita bisa menulis catatan penting di kamus

2. Collins English Dictionary & Thesaurus

Kelebihan kamus ini adalah adanya sinonim dan antonim di mana hal ini tidak ditawarkan oleh Cambridge. Sayangnya kamus ini tidak disertai dengan menu-menu lain seperti yang ditawarkan oleh Cambrdige, misalnya kamus gambar, materi bahasa Inggris, dan latihan-latihan bahasa Inggris.

3. EOD: English Oxford Dictionary

English Oxford Dictionary bisa dibilang terbaik kedua setelah Cambridge. Kamus ini membagi lema dan sublemanya cukup baik. Dimana sinonim masing-masing lema atau sublemanya terletak di lema tersebut sehingga mudah untuk dipelajari. EOD juga dilengkapi dengan materi grammar bahasa Inggris. Hanya sayangnya, masih detail dan lengkap milik Cambridge.

4. Dictionary.com

Secara tampilan Dictionary.com mirip dengan Merriam Webster. Kamus ini juga memiliki sinonim dan antonim. Kelebihan kamus ini adalah adanya penjelasan secara rinci terhadap suatu kata dalam halaman “Learners”. Menu-menu lainya adalah penggunaan kata pada bidang lain, seperti “science”, “medical”, “slang”, dan juga “encyclopedia”

5. Longman English Dictionary and Thesaurus

Sama seperti kamus-kamus lainnya, longman cukup baik memberikan penjelasan sebuah kata dengan adanya kolom learner seperti pada dictionary.com. Kelebihan kamus ini adalah memberi contoh yang banyak pada korpus bahasa. Selain itu, Longman memberikan kamus kolokasi dengan baik yang tidak ditawarkan oleh kamus-kamus lainnya, kecuali Cambridge. Hanya saja Kolokasi milik Longman lebih bagus penjelasannya dibanding milik Cambridge.

6. Merriam Webster

Merriam webster adalah salah satu kamus yang berkiblat American English. Kamus ini hampir sama dengan kamus-kamus pada umumnya. Terdapat contoh kalimat, cara pengucapan, dan sinonim antonim. Kelebihan kamus ini adalah free alias gratis pada mode android. Hal ini berbeda dengan kamus-kamus lainnya yang berbayar sangat mahal.

7. Kamusku

Kamusku adalah kamus android yang dikeluarkan oleh Kodelokus Cipta Aplikasi. Kamus ini satu-satunya kamus buatan Indonesia yang paling banyak jumlah downloadnya, yaitu melebihi 10 juta unduhan. Kelebihan kamus ini adalah selain gratis juga menawarkan isi yang berbeda dengan kamus-kamus yang ada di Indonesia lainnya. Kamus ini disertai dengan contoh kalimat, sinonim, antonim, dan juga artikel terkait yang berhubungan dengan kata tersebut. Kamusku merupakan kamus dengan penjelasan bahasa Indonesia, sehingga sangat mudah digunakan bagi sahabat yang benar-benar buta bahasa Inggris. Mengingat kamus-kamus di atas menggunakan penjelasan bahasa Inggris, maka sangat layak sahabat mengunduh Kamusku. Sahabat bisa download di sini