Shortcut
Social media
Contact information
Alamat

Jl Sharon Raya Utara No 29, Bandung - Indonesia

Email

admin@belajarbahasa.id

Telepon

+22 724 1234 567

Throwback Thursday: Mengenal Beberapa Arti Istilah di Instagram

Published 20/02/2017 Last updated 12/12/2017

Tidak dipungkiri, penggunaan istilah di jejaring sosial lebih banyak menggunakan istilah-istilah yang menggunakan bahasa Inggris dibandingkan dengan bahasa asing lainya. Hal ini tentu juga terjadi pada instagram sebagai salah satu media sosial yang banyak penggemarnya. Jika sahabat lihat, di google play store, instagram telah diunduh sebanyak 1 milyar lebih; awesome!

Tanpa panjang lebar, mari kita bahas beberapa istilah penting yang harus sahabat ketahui ketika menggunakan instagram. Beberapa istilah-istilah yang sangat penting di dalam instagram adalah hastag, tag, feed, caption, #throwbackthursday #tbt, #latepost, #repost, #follower, #following, #OOTD, dan #followforfollow, #likeforlike, #likeforfollow

1. Hastag

Hastag adalah tanda tagar atau tanda pagar pada setiap status atau foto yang kita unggah agar terkategori dengan hastag yang sama, misalnya ketika sahabat menulis di instagram dengan hastag #monas maka foto sahabat akan masuk ke dalam kategori monas dan ketika sahabat mengklik hastag tersebut akan banyak sekali foto-foto mengenai monas.

2. Tag

Tag adalah tanda atau tautan ke orang tertentu di dalam foto dengan menggunakan tanda @ misalnya dalam sebuah foto terdiri dari beberapa orang, dan sahabat ingin menandai orang-orang yang ada di dalamnya, maka sahabat menggunakan tag, misalnya @aan.setyawan

3. Feed

Feed adalah unggahan-unggahan foto pada instagram sahabat. Jadi jika ada yang komentar “I like your feed” artinya saya suka “foto-foto kamu”. Artinya seseorang tersebut menyukai unggahan foto-foto yang ada di profil instagram sahabat.

4. Caption

Caption adalah deskripsi tentang foto yang kita unggah di instagram. Kadangkala di beberapa akun instagram, seseorang mengikuti akun yang lain bukan karena foto-fotonya yang bagus, melainkan karena caption dari akun tersebut yang bagus. Jadi jangan asal membuat caption ya!

5. #throwbackthursday #tbt

Salah satu hastag yang terkanal adalah #throwbackthursday yang biasanya juga disingkat #tbt. Nah #throwbackthursday atau #tbt maksudnya apa sih? Apakah ada yang tahu arti #throwbackthursday #tbt? Nahgini ya. #throwbackthursday atau #tbt adalah hastag yang digunakan ketika sahabat mengunggah foto yang udah lama dan ingin mengenangnya kembali, mungkin jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi “kilas balik” misalnya sahabat mengunggah foto kunjungan ke Bali tiga bulan yang lalu dan baru diunggah sekarang. Paling sering umumnya digunakan untuk mengenang foto saat kita masih masa kanak-kanak.

6. #Latepost

Nah latepost sebenarnya agak mirip dengan #throwbackthursday atau #tbt, yaitu mengunggah foto kejadian yang sudah lewat. Bedanya adalah latepost biasanya jarak antara foto dan waktu unggah tidak terlalu berjauhan, misalnya tiga hari yang lalu, sahabat mengambil foto di Bali, tetapi baru diunggah sekarang.

7. #repost

Repost adalah mengunggah ulang foto yang sudah diunggah. Hal ini bisa jadi merepost foto dari instagram milik pribadi yang sudah lama atau bisa juga mengunggah ulang instagram milik orang lain.

8. Follower

Follower adalah pengikut akun instagram sahabat. Semakin banyak follower biasanya semakin bagus feed yang ada di dalam akunnya.

9. Following

Following adalah orang yang kita ikuti di instagram.

10. #OOTD

OOTD merupakan kepanjangan dari Outfit of the day (busana/pakaian hari ini). #OOTD biasanya digunakan saat ada momen tertentu lalu menggunakan busana yang beda dari biasanya atau ketika seseorang menggunakan pakaian yang spesial di hari tertentu.

11. #followforfollow, #likeforlike, #likeforfollow

Ketika sahabat menggunakan hastag-hastag tersebut sebenarnya ada maknanya, yaitu jika menggunakan #followforfollow jika ada akun baru yang mengikuti akun sahabat maka sahabat juga harus mengikuti dia. Hastag tersebut kadang muncul di caption atau juga di komentar. Nah #likeforlike maksudnya jika ada akun instagram lain yang menyukai foto unggahan sahabat, maka sahabat juga harus melike foto dia balik. Dan hastag #likeforfollow maksudnya “barang siapa yang menyukai foto saya maka akan saya follow” kurang lebih begitu maknanya.

Demikian tadi beberapa istilah di instagram yang harus sahabat ketahui. Jika ada istilah yang belum sahabat ketahui, silahkan tinggalkan komentar di bawah ya. Sahabat juga bisa berkunjung ke akun instagram saya di @aan.setyawan


0 Komentar

Join Discussion
You need login first to comment.