Go

Kisi-Kisi, Contoh Soal dan Info Penting Seputar SBMPTN Bahasa Inggris 2017 Terbaru!

Ditulis oleh Diah Anggraeni
Dipublikasikan pada June 3rd at 3:01am
Share :

1. Tentang SBMPTN 2017

Masih bulan Januari, SBMPTN masih lama?

Siapa bilang?

Bergulirnya waktu gak akan terasa loh. Meskipun sekarang siswa-siswi SMA/ MA se-Indonesia perasaanya lagi gak karuan karena masih harus mempersiapkan diri untuk Ujian Nasional yang akan dilaksanakan pada bulan April 2017, tapi kita juga harus mempersiapkan diri untuk menghadapi SBMPTN yang saingannya sudah pasti ratusan ribu siswa yang ingin diterima di Universitas Negeri.

Sebelum membahas kisi-kisi, ini dia jadwal SBMPTN tahun 2017 yang harus kalian tahu!

No Tanggal Keterangan
1. 11 April 2017 - 5 Mei 2017 Pendaftaran CBT dan PBT (pendaftaran online CBT akan ditutup apabila jumlah kuota pendaftar telah terpenuhi)
2. 16 Mei 2017 Pelaksanaan Ujian Tertulis (PBT dan CBT)
3. 17 dan/ atau 18 Mei 2017 Pelaksanaan Ujian Keterampilan
4. 13 Juni 2017 Pengumuman Hasil SBMPTN

Untuk aturan ujiannya sendiri sama dengan SBMPTN tahun-tahun sebelumnya. Terdapat dua jenis ujian yaitu ujian tertulis dan ujian keterampilan. Ujian tertulis ini terdiri dari (1) Tes Kemampuan dan Potensi Akademis (TKPA) yang terdiri dari mata uji; Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan Tes Potensi Akademik (TPA), (2) Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) yang terdiri atas mata uji; Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika, dan (3) satu lagi Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) yang terdiri atas mata uji; Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

Jika kalian memilih program studi di perguruan tinggi yang semuanya dalam kelompok Saintek, maka kalian akan mengikuti ujian Saintek dengan materi uji TKPA dan TKD Saintek. Jika kalian memilih program studi di perguruan tinggi yang semuanya dalam kelompok Soshum, maka kalian akan mengikuti ujian Soshum dengan materi ujian TKPA dan TKD Soshum. Nah, sedangkan jika kalian memilih program studi yang terdiri dari kelompok Saintek Soshum (misalnya: kalian memilih kedokteran, psikologi, dan sejarah) maka kalian harus mengikuti ujian TKPA dan TKD Saintek sekaligus TKD Soshum. Dari sini kita tahu, mau apapun program studi nanti yang akan kita ambil, kita pasti akan bertemu dengan TKPA (TPA, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia).

Inilah alasannya kenapa kalian harus menggali poin sebanyak-banyaknya di TKPA. Kalian tahukan sistem penilain SBMPTN? Dari sejumlah soal yang diberikan kalian akan mendapatkan poin '+4' untuk jawaban yang benar, '0' jika tidak dijawab dan '-1' jika salah. Hati-hati dengan sistem penilaian ini ya! Jika kita salah mengambil langkah bisa fatal akibatnya.

2. Kisi-Kisi dan Contoh Soal SBMPTN Bahasa Inggris Tahun 2017

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mata Uji SBMPTN Bahasa Inggris masuk dalam uji TKPA yang totalnya menghabiskan waktu 105 menit. Dalam 1 paket soal kamu akan menemukan paket soal Tes Potensi Akademik (TPA) yang terdiri dari materi verbal, logika proposisi, logika analitik, pola barisan, aritmetika, diagram venn, dan pola gambar. Setelah itu, pengawas akan menginstruksikan kamu membuka materi selanjutnya yaitu matematika dasar, lalu Bahasa Indonesia, dan terakhir Bahasa Inggris.

Kebayangkan bahasa Inggris di simpan di akhir? Sudah mulai jenuh dan kehilangan konsentrasi? Pasti. Tapi tenang soal SBMPTN tidak sesusah yang dibayangkan kok. Hanya 15 soal saja, waktu akan bergulir sangat cepat dan pastinya gak akan kerasa.

Ingat!

Pada soal bahasa Inggris, semua soal terkait dengan teks! Teks yang diberikan pun umumnya teks yang berisi tentang pengetahuan umum. Jadi perlu kalian tahu jika the one and only kisi-kisi SBMPTN Bahasa Inggris adalah ‘Teks’.

1. Teks

Dari tahun ke tahun, pertanyaan pada soal SBMPTN Bahasa Inggris pasti selalu didominasi dengan pertanyaan yang menguji pemahaman kita terkait dengan teks baik secara implisit maupun eksplisit, atau tersirat maupun tersurat. Untuk menguji pemahaman kita dalam memahami teks, pertanyaan yang selalu keluar adalah mencari main idea (ide utama), topik , tema, dan mencari tahu tujuan penulisan dari teks (purpose of the text) .

Berikut adalah contoh-contoh soal yang selalu keluar di soal SBMPTN Bahasa Inggris

Contoh teks yang diambil dari naskal soal SBMPTN tahun 2015
Ginger, nuts, fatty fish, and whole grains are just some of the many foods that have been publicized to have antiinflammatory properties. But do they work? It turns out that experts agree that eating a diet rich in such foods may in fact help lower the levels of inflammation in the body. However, they stress that adding or increasing the consumption of any one food is likely not going to have a profound effect on one’s health. In a new, small study, researchers found that men who consumed flaxseed for 42 days experienced a significant decrease in inflammatory markers compared with men who did not consume flaxseed. In another study, the authors found that taking ginger root extract appeared to reduce markers of colon inflammation. In addition, according to the results of a study, curcumin, which is the main compound in the spice turmeric, which is used in curry, could help suppress biological mechanisms that lead to the inflammation in diseases of the tendons. Rheumatoid arthritis, cardiovascular disease, and diabetes are some of the conditions that have been linked with higher levels of inflammation. However, Kirkpatrick stressed that adding just one specific food to your diet is unlikely to work wonders for lowering inflammation, or for improving health in general. Kirkpatrick also stressed that people who take dietary supplements do not get the same results as those who consume real foods that have anti-inflammatory properties. Moreover, in order to lower inflammation through diet, it is also important to stay away from foods that can promote inflammation, such as sugar, she said. “So it is not just about adding these things in, it is also about taking pro- inflammatory foods out,” Kirkpatrick said. “Food is medicine, but it is hard to compare medicine that is created in a lab with something that is grown in the ground to determine what is going to be beneficial,” Kirkpatrick said. Depending on a person’s condition, and the reasons for their inflammation, medication may be necessary, while food can be still a nice add-on. (Adapted from Medical News Today)

Nah, rata-rata teks dalam soal SBMPTN panjangnya hanya 3-4 paragraf. Tidak terlalu panjang bukan?

Terlebih lagi satu teks tersebut merupakan sumber jawaban dari 6 pertanyaan. Jadi setaip tahunnya, pada satu naskah ujian hanya akan ada rata-rata 3 teks saja.

Untuk jenis pertanyaan yang sering dimuat dalam soal SBMPTN yaitu pertanyaan eksplisit dan implisit.

A. Eksplisit

Seperti yang kita tahu, eksplisit berarti gamblang atau kita bisa tahu jelas jawaban dari pertanyaan yang ada langsung dalam teks. Misalnya pertanyaan yang muncul seperti:

...

  1. The conditions required to reduce the inflammation stated in paragraph 2 are found in paragraph (s) ....

(A) 1

(B) 3

(C) 4

(D) 1 and 3

(E) 2 and 4

(Soal SBMPTN 2015)

....

Contoh lainnya

....

  1. According to the passage, which of the following best shows the author’s bias?

(A) The need of fertilizer to increase agricultural production.

(B) Blooms of algae in spring but leaving polluted waters afterwards.

(C) Change of plants in the forest and forest fire because of nitrogen.

(D) Growing of unwanted plants and plants extinction caused by nitrogen.

(E) Nitrogen as a useful supplement for plants, be it in the air, water, or soil.

(Soal SBMPTN 2015)

....

Sebenarnya mayoritas soal adalah pertanyaan eksplisit yang mana jawabannya ada jelas pada teks, hanya saja kita kurang memahami teks itu sendiri karena keterbatasan kosakata atau vocabularies kita. Jangan khawatir, kalian tidak harus menghapalnya, perbanyak latihan mengerjakan soal. Lama-lama kalian pasti akan terbiasa membaca dan memahami teks bahasa Inggris.

B. Implisit

Untuk pertanyaan yang implisit kalian harus benar-benar memahami teks yang ada karena jawabannya tidak tersurat dalam teks tersebut. Tapi tentu saja, clue-nya pasti ada dalam teks, kalian hanya perlu leih teliti lagi membaca teksnya.

...

  1. What is the author’s attitude towards overuse of nitrogen?

(A) Pessimistic

(B) Concerned

(C) Mindful

(D) Critical

(E) Neutral

(Soal SBMPTN 2015)

...

Untuk menjawab soal yang implisit, pahami teksnya, baca baik-baik, tarik kata kuncinya yang ada. Lalu kita bisa ambil kesimpulan jawaban mana yang paling benar.

Kenapa jawaban yang paling benar? karena jawaban soal SBMPTN sering kali berdekatan satu sama lain. Maksudnya, diantara lima pilhan jawaban pasti ada dua atau bahkan tiga di antaranya yang 'Kok kayaknya dua-duanya benar ya?'. Nah kuncinya adalah teliti, jangan terburu-buru, dan jangan terlalu tegang. Santai, rileks, kamu pasti akan menemukan jawaban yang paling benar.

Jadi kalau kisi-kisinya hanya teks, apa yang harus dihapalkan? Jawabannya adalah ‘tidak ada’. Yap, tidak ada yang harus dihapalkan, bahkan jika kalian mencoba menghapalkan ratusan ribu kata di kamus, itu belum tentu akan membantu kalian. Yang harus kalian lakukan untuk menghadapi SBMPTN adalah perbanyak latihan. Dengan memperbanyak latihan maka kalian akan semakin terbiasa menjawab soal-soal yang diberikan. Soal manapun sudah bisa kalian tangani dan kalian tidak akan mudah terkecoh pastinya.

Banyak yang bilang SBMPTN 80% faktor keberuntungan dan 20% faktor usaha, atau mungkin 100% faktor keberuntungan! Tapi tentunya tidak benar, disetiap kesuksesan dan keberhasilan pasti selalu diikuti dengan usaha dan kerja keras! Ingat yaaa, usaha tidak akan mengkhianati hasil. Jika kalian benar-benar ingin masuk dan diterima di program studi yang kalian inginkan, jangan sia-siakan ya! Bahasa Inggris tergolong mata uji yang mudah dibandingkan mata uji lainnya pada TKD Saintek dan TKD Soshum. Ayo semangat berlatih, berlatih, dan berlatih! Pada saat ujian berlangsung baca soal baik-baik dengan teliti, jadikan mata uji bahasa Inggris sebagai ladang kita untuk memanen nilai setinggi-tingginya!

good luck guys, and break a leg!

Artikel Lainnya

This dan These
Bahasa Inggrisnya Kecewa: Upset atau Disappointed?
Bedanya Already, Just, Still, dan Yet
Partikel "sebelum"
Verb
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi