Go

Peluang Kerja dan Selebritis Keren Lulusan Sastra Inggris

Ditulis oleh Diah Anggraeni
Dipublikasikan pada May 29th at 10:21pm
Share :

“Kuliah jurusan sastra? Mau jadi apa? Mau jadi pembaca puisi?”

Wait … Itu cuma ujaran yang diungkapkan oleh mereka yang awam dengan dunia sastra, khususnya di sini adalah Sastra Inggris. Program studi bahasa dan sastra Inggris mendorong mahasiswa untuk memiliki pemahaman yang dalam terkait konsep kebahasaan, kesusasteraan, dan kompetensi lainnya misalnya dibidang penerjemahan. Nah di Era globalisasi kaya sekarang ini, kemampuan bahasa Inggris jadi nilai plus untuk diterima di perusahaan-perusahaan besar. Menurut kamu bahasa Inggris cuma belajar tentang grammar? No, kamu salah besar. Bahasa adalah inti dari komunikasi, dan komunikasi ini sebagai benangnya semua bisnis yang ada di dunia, bisnis apapun itu. Jadi bahasa Inggris sebenarnya dibutuhkan dalam banyak bidang, tapi di artikel ini akan dipaparkan bidang kerja yang paling menjanjikan untuk lulusan Sastra Inggris.

1. Pengajar Bahasa Inggris

Kalau yang satu ini jangan ditanya ya, jangankan untuk lulusan sastra Inggris. Mahasiswa yang baru masuk jurusan sastra inggris saja sudah banyak sekali dicari sebagai tenaga pengajar di bimbingan belajar (bimbel) atau tenaga pengajar privat. Tentunya pengalaman mengajar ini jadi nilai plus buat Curriculum Vitae (CV) kamu ketika melamar pekerjaan setelah lulus. Mengajar juga bisa jadi pekerjaan yang menjanjikan. Banyak sekolah-sekolah internasional mencari lulusan sastra Inggris sebagai tenaga pengajar. Tentunya dengan penghasilan yang tidak sedikit pula. Selain pengajar dalam negeri, kalian para lulusan sastra inggris juga banyak yang ditarik menjadi guru atau Indonesian Language Assistant di sekolah-sekolah seperti di Australia, Singapura, Belanda, dan masih banyak lagi.

2. Editor

Editor umumnya memiliki tiga tugas utama yaitu mencari, memperbaiki, dan menerbitkan suatu naskah, karya tulis, maupun gambar. Ada lima jenis pekerjaan sebagai editor, antara lain copy editor, editor, senior editor, managing editor, chief editor. Editor ini cangkupan bidangnya luas, bisa di koran, majalah, buku, percetakan, pertelevisian, dan masih banyak lagi. Kebayangkan gimana rasanya jadi editor di majalah-majalah kelas dunia.

3. Penulis

Buat kalian yang memiliki bakat dan passion yang tinggi dalam menulis. Beruntunglah kalian, kalian bisa bekerja di manapun kalian mau. Ilmu kesusasteraan dan ilmu bahasa dari zaman kuliah tentunya menjadi bekal yang sangat berguna. Jadi penulis bisa terikat kontrak kerja dengan beberapa penerbit, kalian bisa bekerja di kantor atau jadi penulis lepas yang bisa menulis di tempat-tempat yang kalian mau, di gunung, pesisir pantai, kedai kopi, kamar kalian sendiri, atau di mana pun. Bayangkan nama kalian terpampang besar di koran atau novel best seller . Pasti jadi suatu kebanggaan tersendiri.

4. Leksikograf

Seorang leksikograf memiliki tugas untuk merancang, mengompilasi, dan mengevaluasi kamus. Intinya seorang leksikograf atau leksikografer adalah pekerjaan yang berkaitan erat dengan penyusunan kamus. Di Indonesia sendiri, pekerjaan sebagai leksikograf masih jarang sekali. Salah seorang leksikograf Indonesia yang dikenal luas ke penjuru dunia adalah Wilfridus Joseph Sabarija Peorwadarminta (WJS Peorwadarminta), beliau membuat Kamus Umum Bahasa Indonesia yang masih digunakan sampai sekarang. Kalau kalian membaca tentang biografi beliau, perjalanan karir dalam bidang bahasa yang dia tempuh sungguh luar biasa.

5. News Anchor/ Journalist

Salah satu pekerjaan yang nyaris tidak pernah sepi peminat adalah menjadi jurnalis. Salah seorang jurnalis yang namanya melambung di Indonesia ini juga merupakan lulusan Sastra Inggris yaitu Marissa Anita. Peluang besar untuk para lulusan Sastra Inggris yang ingin menajdi jurnalis TV, radio, maupun media cetak.

6. Copywriter or Content writer

Seiring meningkatnya jumlah perusahaan industri kreatif di Indonesia seperti advertising atau perusahaan yang membantu menyiapkan ‘branding’ untuk perusahaan lainnya, di sini tempatnya kamu lulusan jurusan sastra Inggris, yap copywriter. Di jurusan bahasa Inggris dipelajari yang namanya mata kuliah copy writing dimana kita belajar untuk menuangkan ide dalam pikiran kita melalui tulisan untuk naskah iklan atau branding suatu perusahan. It’s exactly the place where you belong. Bedanya copywriter dengan content writer bertugas untuk mengisi website perusahaan dengan tulisan yang menarik yang terkait dengan perusahaan itu sendiri. Pekerjaan yang terdengar sederhana tapi perlu keahlian dan kecerdasan khusus. Nah, content writer sendiri banyak sekali di cari oleh perusahaan startup yang sedang merajalelanya di Indonesia.

7. Public relation

Seperti yang sudah disebutkan di awal, bahasa itu berkaitan erat dengan komunikasi, nah komunikasi berkaitan erat juga dengan hubungan sosial atau hubungan masyarakat, kerennya sih public relations. Dengan bekal kemampuan bahasa yang baik, banyak perusahaan besar yang mencari lulusan sastra Inggris sebagai PR mereka.

8. Diplomatik

Banyak yang menyangka jika untuk bekerja di kedutaan besar, kita harus jadi lulusan hubungan internasional. Eits, jangan salah .. banyak lulusan sastra Inggris yang diterima dan bekerja di kedutaan-kedutaan besar. Kembali lagi, modalnya adalah penguasaan bahasa Inggris yang baik.

9. Translator or Interpreter

Kalau terjemah-menterjemahkan sudah tentu makanan sehari-hari dari anak sastra Inggris. Kalau kita masih di kelas mahasiswa ya syukur-syukur dapat 20.000 hingga 100.000 untuk menerjemahkan 1 halaman artikel bdari suatu ahasa ke bahasa lainnya. Kebayangkan kalau kita sudah jadi penerjemah tersumpah. Baru dengar penerjemah tersumpah? Penerjemah tersumpah biasanya menerjemahkan dokumen resmi seperti pendirian perusahaan, ijazah, dan surat penting lainnya. Prosesnya tidak main-main, karena dokumen yang diterjemahkan dibubuhi tanda tangan penerjemah di atas materai untuk memastikan pertanggungjawaban penerjemah atas naskah yang dia terjemahkan. Sama seperti dokter, penerjemah tersumpah juga harus mengajukan sertifikasi dan melalui beberapa proses panjang lainnya. Berapa penghasilannya? Tidak usah ditanya lagi deh, penerjemah tersumpah merupakan penerjemah profesional yang penghasilannya juga pasti profesional :D Bedanya translator dan interpreter, kalau translator menerjemahkan secara tulisan kalau interpreter menerjemahkan secara langsung dan lisan. Kebayang sulitnya? Enggak ko bagi yang sudah biasa. Interpreter ini pasti di cari di acara-acara sekelas internasional. Konferensi internasional di dunia pasti membutuhkan interpreter. Mau tahu bagaimana kerja seorang interpreter bisa kamu lihat di film ‘The Interpreter’. Penghasilannya? Tidak usah ditanya dan diragukan lagi.

10. Lembaga budaya dan bahasa

Lembaga budaya dan bahasa selalu menyambut dengan baik jurusan bahasa dan sastra Inggris. Di lembaga bahasa, kamu pasti akan selalu dapat tempat.

Moree....

Nah itu dia pekerjaan yang menjanjikan untuk kamu yang masih ragu mengambil Jurusan Sastra Inggris. Ada banyak tokoh dunia yang juga merupakan lulusan Bahasa dan Sastra Inggris loh!. Misalnya saja pemeran Belle dalam film Beauty and The Beast, siapa lagi kalau bukan Emma Watson. Emma Watson merupakan bachelor's degree in English literature dari Brown University. Selain itu ada juga James Franco yang bermain sebagai Harry Osborn di sequel Spiderman. Pemeran Bridget di film yang sempat booming beberapa waktu lalu yaitu Bridget Jones's Baby, Renee Zellweger, juga merupakan lulusan sastra Inggris loh! Ada banyak lagi sih artis-artis dunia yang merupakan lulusan Bahasa dan Sastra Inggris, misalnya, Stephen Fry, Sting, Jodie Foster, Mitt Romney, Jordana Brewster, Maggie Gyllenhaal, dan Julia Stiles. Oh iya, Tablo, rapper asal Korea, juga seorang lulusan jurusan Sastra Inggris di Stanford University loh.

Bangga gak tuh?

Kalau tokoh lokal alias atis Indonesia sendiri yang lulusan Sastra Inggris ada Mariana Renata yang merupakan lulusan Sastra Inggris dari Universitas Sorbonne, Prancis. Artis lainnya seperti WIdi Mulia (Widi B3), Isabella Fawzi, dan Kamga Mohammed (Kamga Tangga) juga lulusan Sastra Inggris.

Jadi buat kalian yang ingin kuliah di Sastra Inggris? Sekarang sudah kebayangkan kelak ingin berprofesi menjadi apa kalian. Sebenarnya, banyak bidang yang dipelajari di ilmu sastra. Ketika mempelajari suatu sastra ada banyak hal yang kita pelajari, seperti unsur feminisme, psikologi, sosiologi, filsafat, budaya dan masih banyak lagi. Ilmu sastra membantu mata kita untuk melihat dunia lebih jauh ke belakang dan kedepan. Intinya meluaskan pikiran dan pengetahuan kita.

Intinya untuk kalian yang masih bingung untuk mengambil jurusan apa di kuliah nanti, jangan ragu untuk daftar kejurusan yang kalian suka. Jalanin sesuai passion kalian, biar kuliah gak jadi beban!

Semangaat :D

Artikel Lainnya

Dari Mana Asal Usul Proto Austronesia di Mana Bahasa Indonesia ada Di Dalamnya?
Daftar Kata Kerja yang Boleh Diikuti Gerund dan to Infinitive
Phrasal Verb di dalam Bahasa Inggris Untuk Memerintah (Bagian 1: A-G)
Cara Mencari Topic (Topik) dan Main idea (Ide Pokok) di dalam Teks
Seasons
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi