Used to, Be Used to, dan Get Used to

Ditulis oleh Aan Setyawan

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas perbedaan used to dan be used to dan get used to di dalam bahasa Inggris. Secara bentuk hampir sama antara used to dan be used to. Hanya berbeda adanya be dan tidak, namun sahabat harus tahu perbedaan tersebut membawa dampak arti dari used to dan be used to yang cukup signifikan. Untuk lebih jelasnya simak perbedaan antara used to, be used to, dan get used to di dalam bahasa Inggris berikut ini:

1. used to

Used to adalah kata yang digunakan untuk menggambarkan aktivitas yang dulu sering dilakukan, tetapi pada saat ini aktivitas tersebut sudah tidak dilakukan lagi. Sahabat bisa artikan used to dengan “dulu”. Untuk lebih jelasnya simak contoh kalimat di bawah ini yang menggunakan kata used to di dalam bahasa Inggris:

a. She used to love me but not anymore. (Dia dulu mencintai saya, tapi sekarang tidak lagi.)

b. I used to live in Yogyakarta. (Saya dulu tinggal di Yogyakarta (sekarang sudah tidak lagi.))

c. They used to help us. (Mereka dulu membantu saya (sekarang sudah tidak membantu lagi))

Untuk membuat kalimat negatif, kita bisa menggunakan kata kerja bantu did + not diikuti use to, misalnya:

(+) I used to like milk when I was younger.

(-) I didn’t use to like milk when I was younger. (used menjadi use)

(-) I didn’t used to like milk when I was younger (pola ini juga boleh tetapi jangan digunakan di dalam tulisan formal)

(?)Did you use to like milk?

2. Be used to

Be used to adalah kata yang digunakan untuk mengungkapkan aktivitas yang menjadi kebiasaan seseorang. Be di sini bisa kita ganti menjadi is, am, are, was, dan were tergantung dari subjek dan tense yang kita gunakan. Sahabat bisa artikan be used to dengan “sudah terbiasa”. Penting juga untuk diperhatikan bahwa Be used to diikuti oleh kata benda atau gerund (verb+ing). Untuk lebih jelasnya, simaklah contoh kalimat di bawah ini yang menggunakan be used to di dalam bahasa Inggris:

a. I am used to traveling Europe. (saya sudah terbiasa traveling Eropa)

b. She is used to getting up early. (dia sudah terbiasa bangun pagi)

c. They are used to playing Badminton on Wednesday. (mereka sudah terbiasa bermain Badminton pada hari Rabu)

Hal yang perlu diperhatikan adalah be used to bisa digunakan untuk merujuk pada kejadian yang sudah lampu (past), sekarang (future), ataupun yang akan datang (future).

3. Get used to

Get used to merupakan bentuk lain dari be used to. Cambridge menjelaskan bahwa bentuk get used to lebih formal dibanding be used to. Dari segi makna, get used to lebih dekat ke makna “menjadi terbiasa”. Dengan kata lain, get used to ditujukan pada aktivitas yang menuju kebiasaan sehingga menjadi terbiasa. Sedangkan be used to merujuk pada aktivitas yang telah menjadi kebiasaan seseorang.

a. Bandung is very different from Semarang, but don’t worry. You’ll soon get used to it. (Bandung sangat berbeda dengan Semarang, tetapi jangan khawatir, kamu akan segera menjadi terbiasa)

b. I got used to his Sundanese accent after a while. (Saya menjadi terbiasa aksen Sunda setelah beberapa lama)

c. I got used to waking up early in the morning after marriage. (Saya menjadi terbiasa bangun pagi setelah menikah.)