Go

Hari Kerja di Korea

Ditulis oleh Aan Setyawan
Dipublikasikan pada March 31st at 1:56pm
Share :

Hari kerja Korea diawali hari senin-jumat. Kebanyakan pekerja perusahaan dan pegawai negeri sipil memulai kerja pada pukul 09.00 pagi dan meninggalkan kantor pada pukul 18.00. makan siang mereka hampir sama dengan di Indonesia yaitu pukul 12.00-13.00. Semenjak tahun 2000 hari aktif bekerja diKorea secara bertahap hanya lima hari yaitu hari senin-jumat. Oleh karena itu semua universitas, Bank, dan instansi-instansi pemerintah lainya hanya bekerja sampai hari jumat sedangkan hari sabtu dan minggu digunakan untuk hari libur. Akan tetapi dalam jumlah yang keci, masih ada beberapa perusahaan yang menetapkan Sabtu masih tetap bekerja.

Hal yang perlu kita ketahui adalah kebanyakan orang Korea akan memberi hadiah kepada orang tua atau orang-orang yang sering membantu dia. Oleh karena itu, buda traktir mentraktir merupakan bagian dari budaya mereka. Bahkan ada yang unik, yaitu biasanya gaji pertama mereka akan digunakan untuk membeli pakaian yang berwarna merah kepada orang tuanya dengan harapan orang tuanya tidak kedinginan di musim dingin walapin pada dewasa ini mereka lebih cenderung memberi uang tunai, kosmetik, pakaian, dan suplemen.

Oh iya, pada umumnya saat bekerja di perusahaan mereka lebih sering memanggil nama jabatanya dibanding dengan nama orangnya, misalnya 사장님 (pak/bu Presiden Direktur), 반장님 (pak/bu Mandor); Dan orang Korea juga sering memanggil karyawan di rumah makan atau toko atau tempat umum lainya dengan menggunakan sapaan keluarga seperti 언니 (kakak perempuan bagi perempuan, 이모 (tante).

Artikel Lainnya

Perbedaan House dan Home
Get, Got, Gotten
Phrasal Verb di dalam Bahasa Inggris Untuk Memerintah (Bagian 2: H-Z)
Singular-Plural Nouns (Kata benda tunggal - jamak)
Konjungsi eksternal dan Konjungsi Internal: Pengertian, Fungsi, dan Jenis
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi