Shortcut
Social media
Contact information
Alamat

Jl Sharon Raya Utara No 29, Bandung - Indonesia

Email

admin@belajarbahasa.id

Telepon

+22 724 1234 567

Kisi-kisi SBMPTN Bahasa Inggris 2016 Terbaru!

Published 12/04/2016 Last updated 12/12/2017

Siswa-siswi SMA/ MA se-Indonesia pasti perasaanya lagi gak karuan sekarang. Selesai Ujian Nasional, masih ada SBMPTN yang akan dilaksanakan 31 Mei 2016 nanti! Banyak yang bilang SBMPTN 80% faktor keberuntungan dan 20% faktor usaha, atau mungkin 100% faktor keberuntungan! Tapi tentunya tidak benar, disetiap kesuksesan dan keberhasilan pasti selalu diikuti dengan usaha dan kerja keras! 

Pada ujian masuk universitas-universitas negeri ini, terdapat dua jenis ujian yaitu ujian tertulis dan ujian keterampilan. Ujian tertulis ini terdiri dari (1) Tes Kemampuan dan Potensi Akademis (TKPA) yang terdiri dari mata uji; Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan Tes Potensi Akademik (TPA), (2) Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) yang terdiri atas mata uji; Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika, dan (3) satu lagi Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) yang terdiri atas mata uji; Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

Jika kalian memilih program studi di perguruan tinggi yang semuanya dalam kelompok Saintek, maka kalian akan mengikuti ujian Saintek dengan materi ujian TKPA dan TKD Saintek. Jika kalian Jika kalian memilih program studi di perguruan tinggi yang semuanya dalam kelompok Soshum, maka kalian akan mengikuti ujian Soshum dengan materi ujian TKPA dan TKD Soshum. Nah, sedangkan jika kalian memilih program studi yang terdiri dari kelompok Saintek Soshum (mis: kalian memilih kedokteran, psikologi, dan sejarah) maka  kalian harus mengikuti ujian TKPA dan TKD Saintek sekaligus TKD Soshum. Dari sini kita tahu, mau apapun program studi nanti yang akan kita ambil, kita pasti akan bertemu dengan TKPA (TPA, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia).

Pada artikel ini, mari kita bahas kisi-kisi SBMPTN Bahasa Inggris

Catat!

Mata uji SBMPTN bahasa Inggris terdiri dari hanya 15 soal saja. Soal-soal pada mata uji bahasa Inggris dari tahun ketahun keduanya selalu berfokus pada teks! Teks yang diberikan memang sedikit lebih panjang dari pada UN! Selain itu, tema teks yang dibahas pada ujian SBMPTN memang tidak se-umum teks UN, tapi meskipun demikian, tidak sesulit yang kamu pikirkan kok! Semuanya pasti bisa kita kerjakan dengan benar, tetap yakin karena tidak ada yang sulit asal kita mau belajar! Semangat laughing

Ingat!

Pada soal bahasa Inggris, semua soal terkait dengan teks! Teks yang diberikan pun umumnya teks yang berisi tentang pengetahuan umum, dan ini dia pertanyaan yang selalu muncul:

1. Memahami teks

Dari tahun ke tahun, lebih dari 50% pertanyaan pada soal SBMPTN pasti selalu didominasi dengan pertanyaan yang menanyakan atau menguji pemahaman kita mengenai teks yang diberikan baik secara implisit maupun eksplisit, atau tersirat maupun tersurat. Selain menguji pemahaman kita dalam memahami teks yang ada, pertanyaan yang selalu keluar adalah mencari main idea (ide utama), topik , tema, dan mencari tahu tujuan penulisan dari teks (purpose of the text). Selain itu, untuk soal yang berkaitan dengan teks biasanya menguji kita untuk menarik intisari atau menarik kesimpulan dari teks. Misalnya seperti potongan soal berikut ini:

...

... However, Kirkpatrick stressed that adding just one spesific food to your diet is unlikely to work wonders for lowering inflammation, or for improving health in general. Kirk patrick also stressed that people who take dietary supplements do not get the same results as those who consume real foods that have anti-inflammatory properties. ... (Adapted from Medical News Today)

83. Paragraph 3 implies that ...

(A) a well-propotioned diet is good to reduce inflammation

(B) carbohydrate is the source of inflammatory foods

(C) pro-inflammatory foods should not be in the diet list

(D) various anti-inflammatory supplements work better

(E) the nature of anti-inflammatory foods is still secret

(Soal SBMPTN tahun 2015)

...

atau pertanyaan lainnya yang sering muncul seperti 'what is the purpose of the text?' atau 'what is the topic of the text?', atau ''what is the main idea of the text?', 'what is the summary of this text?', selain itu, soal SBMPTN bahasa Inggris biasanya menguji dan membawa kita untuk melihat dan memahami teks dari sudut pandang penulis. Untuk soal-soal yang terkait dengan menguji pemahaman kita mengenai teks, cara paling efektif untuk mengasahnya adalah banyak-banyak berlatih. Perbanyak latihan mengerjakan soal-soal teks, dengan begitu kita akan lebih mudah dan cepat dalam memahami teks. Selain itu, kita pun akan menjadi terbiasa ketika mencari topik, tema, maupun tujuan penulisan teks.

 

2. Find the closest meaning of ... 

Yap, pertanyaan selanjutnya yang selalu hadir adalah mencari makna paling dekat dari suatu kata, seperti soal berikut ini:

...

32. Which of the following is closest in meaning to the word "qualism" (line 2)?

(A) Beliefs

(B) Requests

(C) Remarks

(D) Views

(E) Doubts

(Soal SBMPTN tahun 2014)

....

Mungkin, kebanyakan dari kita menganggap jika pertanyaan ini merupakan pertanyaan paling sulit! Pertanyaan jenis ini menguji sejauh mana penguasaan vocabularies (kosa kata) yang kita miliki. Do not worry at all, pertanyaan jenis ini selalu hadir setelah teks, untuk kalian yang memang sudah tahu makna atau artinya, ya bagus sekali. Tapi jika belum, kembali lagi, pahami teksnya, baca baik-baik kalimat lengkapnya dari penggalan kata itu, lalu cari kata lain yang paling sesuai atau cocok dengan maksud dari teks itu sendiri. Perbanyak perbendaharaan kata kita mulai dari sekarang. Untuk meningkatkan perbendaharaan kita, jika bosan dengan terus membaca soal, kita bisa mencoba hal lain yang lebih menyenangkan misalnya membaca novel berbahasa Inggris, atau menonton film asing dengan subtitle bahasa Inggris, dan cari tahu artinya! 

 

3. 'it' refers to ...

Pertanyaan jenis ini pun turut selalu keluar di SBMPTN! Kata 'it' atau 'that' atau 'there', 'they', dan pronoun lainnya merujuk pada... Seperti pada contoh soal berikut ini:

...

37. The pronoun 'they' (line 18) refers to ...

(A) living creatures

(B) gas emissions

(C) some plans

(D) whose effects

(E) forest fires

(soal SBMPTN tahun 2014)

...

Ini bisa dibilang soal hiburan atau soal yang mudah sekali! Kuncinya, lagi dan lagi, fokus pada teks pasti kita menemukan pronoun tersebut merujuk pada apa dalam teks!

 

4. Fill in the blank ...

Mengisi titik-titik, atau melengkapi kalimat adalah jenis soal yang baru-baru muncul pada soal SBMPTN tahun 2014 dan 2015. Seperti contoh pertanyaan pada SBMPTN 2015 ini.

...

... Over half of the children scored within the average range for their age compared with the normative data for hearing children. (3)... They were higher nonverbal intelligence, higher family socio-economic status, and later onset of deafness between birth and 36 months.

78. Which options best completes (3)?

(A) the results were categorized based on the subjects' status.

(B) data were collected on the basis of several different items.

(C) reading competence was associated with three aspects.

(D) the subjects consisted of different age children.

(E) findings showed various levels of reading skills.

(soal SBMPTN tahun 2015)

...

Yap untuk soal seperti ini juga berfokus pada teks, tapi tidak usah terjebak dengan memahami seluruh teks dari awal hingga akhir, cukup pahami baik-baik kalimat sebelum dan sesudahnya dan pilihlah jawaban yang membuat kalimat-kalimat tersebut menjadi satu-kesatuan yang koheren.

Itu semua kisi-kisi untuk mata uji bahasa Inggris. Jika kalian benar-benar ingin masuk dan diterima di program studi yang kalian inginkan, jangan sia-siakan ya! Bahasa Inggris tergolong mata uji yang mudah dibandingkan mata uji lainnya pada TKD Saintek dan TKD Soshum. Jadi, banyak berlatih dan saat ujian berlangsung baca soal baik-baik dengan teliti, jadikan mata uji bahasa Inggris sebagai ladang kita untuk memanen nilai!

Sekali lagi ingat ya, ‘teks’ setiap tahunnya selalu mendominasi soal-soal SBMPTN Mata Uji Bahasa! Jadi kuncinya terus berlatih dan ingat 4B (Berusaha, Bersungguh-sungguh, Berlatih, dan jangan lupa, Berdoa tentunya!)

good luck guys, and break a leg!


0 Komentar

Join Discussion
You need login first to comment.