Conjunction

Ditulis oleh Aan Setyawan

1. Pengertian Conjunction

Conjunction adalah kata yang berfungsi untuk menghubungkan antara dua kata, frasa, klausa, atau kalimat. Dalam bahasa Indonesia, conjunction diartikan sebagai kata penghubung, misalnya; dan, meskipun, atau, akan tetapi, dan lain sebagainya. Contoh conjunction yang sering kita temukan dalam bahasa Inggris adalah because, but, however, and, or, although, if, dan lain sebagainya.

Andi is playing football and Ani is cooking in the kitchen

Andi sedang bermain sepak bola dan Ani sedang memasak di dapur

Pada kalimat tersebut, sebenarnya terdiri dari dua kalimat yaitu, (1 ) Andi is playing football dan (2) Ani is cooking in the kitchen. Untuk menggabungkan kedua kalimat tersebut, maka kita menggunakan conjunction ‘and’. Oleh karena itu, kita tahu bahwa conjunction berfungsi untuk menghubungkan dua kllausa ke dalam sebuah kalimati. Untuk menggabungkan kedua kalimat tersebut maka kita menggunakan conjunction ‘and’.

2. Jenis-jenis Conjunction

2.1 Berdasarkan bentuk

Berdasarkan bentuknya, conjunction dibedakan menjadi tiga, yaitu:

2.2 Berdasarkan fungsinya

A. Coordinating conjunction

Coordinating merupakan hubungan sitaksis antara dua kalimat setara yang memiliki bentuk yang sama .Coordinating conjunction atau bisa disebut dengan kata hubung setara adalah kata hubung yang berfungsi menggabungkan dua kalimat setara. Coordinating conjunction terdiri dari FANBOYS yaitu; for, and, nor, but, or, yet, so.

B. Subordinating conjunction

Subordinating conjunction adalah kata hubung yang menggabungkan antara induk kalimat dan anak kalimat. Induk kalimat adalah kalimat inti, sedangkan anak kalimat adalah kalimat penjelas dari inti kalimat, misalnya

Andi goes to school today although it is raining

Andi berangkat sekolah meskipun hari sedang hujan

Andi goes to school adalah induk kalimat (inti kalimat), sedangkan although it is raining adalah anak kalimat (penjelas kalimat inti). Induk kalimat bisa berdiri menjadi kalimat sendiri, sedangkan induk kalimat tidak bisa menjadi kalimat sendiri karena jika dilihat dari subjek, predikat, objek, keterangan, maka sebenarnya anak kalimat merupakan keterangan kalimat. Menurut bentuknya, subordinate conjunction dibagi menjadi tiga yaitu simple conjunction, conjunctive group, dan complex conjunction. Berikut ini beberapa conjunction yang ada di dalam bahasa Inggris.

Perhatikan beberapa contoh penggabungan kalimat menggunakan conjunction dalam bahasa Inggris di bawah ini:

It is raining

We bring umbrellas

a. Because It is raining, we bring umbrellas.

b. We bring umbrellas because it is raining.

I do not like watching the movie

it is a popular movie

a. Although it is a popular movie, I do not like watching the movie

b. I do not like watching the movie although it is a popular movie

Dari contoh kalimat di atas, kita bisa melihat bagaimana penggunaan koma ketika menggabungkan kalimat menggunakan conjunction. Jika conjunction terletak di awal kalimat maka kita menggunakan koma sebelum induk kalimat (lihat contoh kalimat a). Akan tetapi, jika conjunction terletak di tengah kalimat yaitu antara induk kalimat dan anak kalimat maka koma tidak digunakan (b).

C. Correlatives conjunction

Correlative conjunction adalah kata penghubung yang memiliki pasangannya masing-masing, sehingga memiliki pola tersendiri. Kekurangan salah satu pasangan kata penghubung tersebut membuat kalimat menjadi tidak gramatikal atau kita harus menulis dengan cara yang berbeda, contoh not only berpasangan dengan but also, neither berpasangan dengan nor.

Catatan

  1. koma digunakan pada kata penghubung and jika menggabungkan lebih dari dua unsur, contoh:

I buy a book and a pencil. (tidak perlu koma)

I buy a book, a pencil and a ruler. (perlu sebuah koma)


References:

iEastwood, J. (1994). Oxford guide to English grammar. New York: Oxford.

iiDowning, A. and Locke, P. (2006). English course: a university course. New York: Routledge.

iiiHaussamen, B., Benjamin, A., Kolln, M. and Wheeler, R.S. (2003). Grammar alive; a guide for teachers. Illinois: National Council of Teachers of English.