Verb Phrase
Ditulis oleh Diah Anggraeni Published 23/11/2016 edited 12/11/2018

Pengertian Verb Phrase

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, phrase adalah sekelompok kata yang tidak mengandung suatu subjek dan predikat dan tidak dapat berdiri sendiri sebagai klausa. Verb phrase memiliki fungsi sebagai verb atau kata kerja dalam suatu kalimat. Setiap kalimat pada bahasa Inggris harus memiliki subjek dan predikat, predikat itu sendiri bentuknya verb. Jadi, verb selalu ada dalam setiap kalimat. Sebelum mengetahui frasa kata kerja lebih dalam, sebaiknya kita mengetahui tiga kelompok kata kerja dalam Bahasa Inggris, yaitu action verb, linking verb, dan auxiliary verb.

Jenis-Jenis Kata Kerja

Jenis Kata Kerja Pengertian
Action verb kata kerja yang menunjukkan tindakan, contoh: study, wrote, read, run, draw, swim, dll.
Linking verb kata kerja yang digunakan untuk merujuk pada kata kerja yang menjelaskan subjek atau menghubungkan subjek dengan kata sifat ataupun kata benda. Contoh: He is beautiful; is pada kalimat tersebut adalah linking verb yang menghubungkan antara subjek (pronoun ‘he’) dengan adjective ‘beautiful’ (kata sifat).
Auxiliary verb kata kerja yang memiliki fungsi tambahan seperti menunjukan_ tenses, aspect, modals, voice,_ dll. auxiliary verb biasanya hadir melengkapi verb. Contoh: The girl is sitting there.; is pada kalimat tersebut merupakan auxiliary verb yang diikuti verb+ing (participle) ‘sitting’.

Untuk lebih memahami verb phrase, kita dapat mempelajarinya dengan melihat contoh kalimat sederhana ini.

a. Taman Safari was established in 1990.

[Taman Safari didirikan pada tahun 1990.]

Pada kalimat tersebut, ‘Taman Safari’ memiliki fungsi sebagai subjek kalimat; sedangkan was established berfungsi sebagai predikat yang bentuknya adalah frasa kata kerja/ verb phrase dimana was merupakan auxiliary verb dan established merupakan bentuk kata kerja yang hadir mengiringi auxiliary verb (menunjukkan tense).

Mari kita coba contoh kalimat yang lainnya!

b. I have been working very hard.

[Saya telah bekerja dengan sangat keras.]

Pada kalimat tersebut, subjek kalimatnya adalah pronoun ‘I’ sedangkan predikat -nya adalah ‘have been working’ sedangkan ‘very hard’ berfungsi sebagai pelengkap (adverb). Pada kalimat tersebut, have been working merupakan verb phrase. Jadi, harus diingat bahwa verb phrase memiliki fungsi atau posisi sebagai predikat dalam suatu kalimat.