Apa Perbedaan Antara Be, Been, dan Being?

Ditulis oleh Aan Setyawan

Artikel ini akan membahas secara detail dan komprehensif perbedaan antara be, been, dan being di dalam Bahasa Inggris. Penulis akan membahas perbedaan penggunaan be, been, dan being di dalam Bahasa Inggris dengan membahasnya satu persatu. Untuk lebih jelasnya, silahkan sahabat baca artikel di bawah ini yang membahas perbedaan antara be, been dan being di dalam Bahasa Inggris.

1. Be adalah kata kerja

Penulis perlu meluruskan bahwa "be" (is, am, are, was, dan were) adalah kata kerja. Jika sahabat berkenan menengoknya, silahkan buka kamus cambridge ataupun kamus oxford. Di sana sahabat akan menemukan bahwa “be” berfungsi sebagai kata kerja. Jadi perlu diluruskan bahwa jika ada guru atau orang yang mengatakan "be" digunakan untuk kalimat yang tidak ada kata kerja adalah kurang tepat. Hal ini seakan-akan menganggap bahwa "be" bukanlah sebuah kata kerja. Padahal "be" adalah kata kerja, hanya saja kata kerja "be" bukanlah tipe “action verb” seperti eat, run, atau read yang bisa kita lihat wujud aktifitasnya. Sedangkan "be" adalah kata kerja yang menggambarkan keadaan; mendeskripsikan sesuatu sehingga tidak terlihat bentuknya secara kasat mata. Di dalam Bahasa Indonesia kita memiliki kata kerja “adalah” apakah sahabat bisa melihat aktivitas kata “adalah” seperti kita bisa mendeskripsikan kata kerja “berlari”? Tentu tidak. Itulah gambaran kata kerja dari “be”

I read a book

I am a student

*I a student

Baik read dan_ am_ adalah sama-sama kata kerja, bedanya read adalah kata kerja yang bisa kita lihat aktifitasnya secara kasat mata, kita tahu orang sedang membaca seperti apa, sedangkan “am” adalah kata kerja yang tidak berwujud aktifitasnya, dia adalah kata kerja yang berfungsi mendeskripsikan sesuatu. Di dalam fungsi sintaksis (tata kalimat) “am” berfungsi sebagai kata kerja. Pada kalimat di atas, *I a student adalah salah, karena kalimat tersebut tidak mengandung kata kerja.

2. "Be" sebagai kata kerja paling tidak beraturan (Irregular)

Jika ada pertanyaan, kata kerja apa yang paling tidak beraturan di dalam bahasa Inggris maka jawabanya adalah “be”. Jika kata kerja lain perubahannya sekitar 2-4, namun kata kerja "be" perubahanya sangatlah banyak. Perhatikan contoh di bawah ini

Berdasarkan tenses

Spend, spending, spent, spent

Study, studying, studied, studied

Go, going, went, gone

Berdasarkan subjek

Jamak : they spend

Tunggal : she spends [penambahan s]

Dari contoh kata kerja di atas kita bisa melihat perubahan kata kerja yang dipengaruhi oleh tense atau yang dipengaruhi oleh subjek kalimat. Hampir semua kata kerja bahasa Inggris, jika digunakan untuk subjek yang tunggal maka akan ditambahi s/es. Tetapi tidak berlaku pada kata kerja be. Perhatikan contoh di bawah ini:

  1. She speaks

  2. He runs

  3. John sleeps

  4. She is a student

  5. He is tall

  6. *He bes tall

  7. *she bes a student

Pada contoh kalimat 6 dan 7 adalah salah. Kata kerja “be” tidak bisa ditambahi s seperti halnya pada kata kerja sleeps. Hal ini karena "be" memiliki bentuk yang berbeda, yaitu

Be menjadi bentuk is ketika subjek yang digunakan tunggal, seperti she, he, it

Be menjadi bentuk are ketika subjek kalimat jamak, seperti we, they

Be menjadi bentuk am ketika subjek kalimat adalah I

a. They run [mereka berlari]

b. She runs [dia berlari]

c. They are hungry [mereka lapar]

d. She is a doctor [dia adalah dokter]

Pada kata kerja run, ketika subjeknya jamak maka kata kerja tidak mengalami perubahan (tetap run), dan ketika subjeknya tunggal maka kata kerja tersebut mendapat tambahan s/es (runs). Hal ini berbeda dengan be, ketika subjeknya jamak maka berubah menjadi are, dan ketika subjeknya tunggal maka menggunakan Is (bukan bes (be + s) dan khusus subjek I menjadi am. Untuk lebih jelasnya lihatlah perubahan "be" pada tabel di bawah ini:

Dari tabel bisa kita lihat bahwa perilaku perubahan bentuk "be" sangatlah menarik. Jika study menjadi studied dalam bentuk kalimat past, maka "be" menjadi "was" dan "were" bukan menjadi "beed" (be + ed)

3. “been” atau “being”?

Sama halnya dengan kata kerja work, working, dan worked, "be" adalah bentuk utama dari “being” dan “been”. Mari kita visualisasi dalam contoh di bawah ini:

  1. I study everyday [saya belajar setiap hari]

  2. I studied yesterday [saya belajar kemarin]

  3. I am studying now [saya sedang belajar sekarang]

Kata kerja study, akan berubah menjadi studied pada kalimat lampau dan studying pada kalimat continuous. Bagaimana dengan be? "be" adalah bentuk utama dari “being” dan “been”. Perhatikan penjelasanya dalam contoh di bawah ini

  1. She will "be" here in two minutes [dia akan di sini dua menit lagi]

  2. She has “been” here for two hours [dia telah di sini selama dua jam]

  3. She was “being” here two hours ago [dia sedang di sini dua jam yang lalu]

Secara garis besar, “been” digunakan untuk menjelaskan keadaan yang telah terjadi yang tercermin pada perfect tense. Sedangkan “being” digunakan pada kalimat continuous, baik past maupun present. Ketika menggunakan “being”, hal itu berarti sesuatu terjadi saat itu juga.

1. “being” + kata sifat

a. She is “being” silly [Dia sedang konyol]

b. He is “being” cruel [Dia sedang kejam]

2. “being” + kata kerja 3

a. My car is “being” washed [mobil saya sedang diperbaiki]

b. The computer was “being” repaired [komputer tersebut sedang diperbaiki]

Sekarang bagaimana dengan “been”? “been” merupakan bentuk verb 3 dari be. Ketika menggunakan “been” hal itu berarti menunjukkan sesuatu telah dilakukan/terjadi dan memungkinkan saat ini masih berlangsung.

1. “been” + kata sifat/keterangan

• We have “been” married for two years [kami telah menikah selama dua tahun; berarti sampai saat ini masih bersama]

• She has “been” ill since two days ago 9 [dia telah sakit sejak dua hari yang lalu; saat ini masih sakit]

2. “been” + kata kerja 3

•My car has “been” stolen [mobil saya telah dicuri]

•The walls have “been” painted yellow. [dinding tersebut telah dicat kuning]

3. “been” + kata kerja ing

• They had “been” living in San Francisco before they moved here. [Mereka telah tinggal di San Francisco sebelum mereka pindah ke sini]

• They’ve “been” looking for a flat for months. [Mereka sudah mencari flat selama berbulan-bulan.]

Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel “been” di sini dan “being” di sini.